Tiga Pencuri Sapi Asal Riau Diciduk Polres Payakumbuh


Rabu, 03 April 2019 - 21:15:25 WIB
Tiga Pencuri Sapi Asal Riau Diciduk Polres Payakumbuh Ilustrasi (haluan)

PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM--Satuan Reserse Kriminal Polisi Resor Payakumbuh berhasil menggagalkan aksi komplotan pencurian ternak, Selasa (2/4) dinihari. Diketahui komplotan tersebut berjumlah  tiga orang. 

Ketiga pelaku sesama warga Riau tersebut, yakni BA (49) warga Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar, SD (38 ) dan BT (41) sesama warga  Kabupaten Rokan Hulu.

"Ketiga pelaku adalah komplotan pencurian ternak,"terang AKBP Endrastiawan Kapolres Payakumbuh melalui AKP Ilham Kepala Satuan Reserse Kriminal pada Rabu (3/4) siang.

Dijelaskannya, penangkan ketiga pelaku beranjak  adanya laporan masyarakat terkait dugaan pencurian sapi di kawasan Lareh Sago Halaban. Dari laporan tersebut, petugas Satreskrim Polres Payakumbuh langsung bergerak cepat. Tanpa mengulur-ngulur waktu, petugas pun melakukan pengintaian hingga akhirnya berhasil membekuk ketiga pelaku. Tetapi sebelum penangkapan terjadi, ketiga pelaku sempat jadi bulan bulanan warga setempat.

"Ketiga ditangkap ketika hendak melarikan hewan curian dengan mobil dikawasan Andaleh Kecamatan Luak, Kabupaten Limapuluh Kota,"terangnya AKP Ilham.

Dalam pelariannya, terang, AKP Ilham,  ketiga pelaku warga Riau tersebut, mengendarai mobil Mitsubhisi bernomor polisi  BM 8194 MF. Dalam mobil jenis canter itu, terdapat 5 ekor sapi hasil curian.

 "Motif mereka, ada yang bertugas sebagai memetakan kandang sapi warga dengan mengelilingi kampuang pakai sepeda motor untuk target pencurian dan ada sebagai eksekutor. Setelah kondisi terbilang aman, barulah mereka menjalankan aksi pencurian,"ucapnya lagi

Saat penangkapan terjadi, ketika pelaku tak berkutik dan mengakui sudah mencuri sapi warga. Dari aksi penangkapan tersebut, diamankan 5 ekor sapi dewasa, satu unit mobil dan sepeda motor jenis Yamaha Jupiter bernomor polisi BA 2507 OP.

Sampai saat ini, ketika tersangka masih di Mapolres Payakumbuh untuk proses penyidikan lebih lanjut. Ketiga nya terancam hukuman 7 tahun penjara. (h/ddg)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 29 Oktober 2020 - 17:26:43 WIB

    Teror Penusukan di Prancis, Tiga Orang Tewas

    Teror Penusukan di Prancis, Tiga Orang Tewas HARIANHALUAN.COM - Setidaknya tiga orang tewas dan beberapa orang lainnya luka-luka dalam peristiwa penusukan yang dilakukan penyerang bersenjata pisau di sebuah gereja di kota Nice, Prancis..
  • Rabu, 02 September 2020 - 10:39:13 WIB

    Mark Zuckerberg Digeser Elon Musk dari Daftar Orang Terkaya Ketiga Dunia

    Mark Zuckerberg Digeser Elon Musk dari Daftar Orang Terkaya Ketiga Dunia HARIANHALUAN.COM - Elon Musk berhasil menggeser bos Facebook Mark Zuckerberg dari daftar orang terkaya nomor 3 dunia. Mengutip CNN, bos Tesla itu kini dikabarkan memiliki kekayaan US$ 115 miliar. .
  • Sabtu, 15 Agustus 2020 - 22:25:29 WIB

    Tanpa Uji Klinis Fase Ketiga, Rusia Mulai Produksi Vaksin Corona Sputnik V

    Tanpa Uji Klinis Fase Ketiga, Rusia Mulai Produksi Vaksin Corona Sputnik V HARIANHALUAN.COM – Sebelum dilakukan uji klinis fase ketiga, Rusia telah memproduksi gelombang pertama vaksin virus corona yang mereka klaim telah temukan. Hal itu dilaporkan oleh kantor berita Interfax mengutip pernyataan.
  • Jumat, 14 Agustus 2020 - 20:48:18 WIB

    Tiga Negara Ini Berminat pada Vaksin Covid-19 Rusia

    Tiga Negara Ini Berminat pada Vaksin Covid-19 Rusia HARIANHALUAN.COM - Flipina, Israel dan Brasil menjadi tiga negara pertama yang menyatakan siap melakukan ujicoba lanjutan, memproduksi dan mendistribusikan vaksin Sputnik V buatan Rusia. Registrasi vaksin tanpa melewati prose.
  • Jumat, 10 Juli 2020 - 13:55:10 WIB

    Tiga Pangeran Arab Saudi Meninggal dalam Waktu Sebulan

    Tiga Pangeran Arab Saudi Meninggal dalam Waktu Sebulan HARIANHALUAN.COM - Tercatat sudah ada tiga pangeran Arab Saudi yang meninggal dunia dalam waktu sebulan terakhir, yakni sejak bulan Juni hingga Juli ini. Namun, penyebab wafatnya ketiga pangeran Saudi itu masih diselimuti mis.

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]