Jelang Ramadan, Pemko Diminta Antisipasi Lonjakan Harga


Kamis, 04 April 2019 - 17:51:13 WIB
Jelang Ramadan, Pemko Diminta Antisipasi Lonjakan Harga PEDADANG DI PASAR RAYA– Seorang pedagang menunggu pembeli, Pasar Raya Padang, beberapa waktu lalu. memasuki bulan Ramadan, pemerintah diminta untuk menjaga kestabilkan harga kebutuhan pokok. Abdul Razaq Rastin

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Jelang bulan Ramadan, pemerintah untuk menstabilkan harga kebutuhan pokok. Pasalnya, bakal mengalami kenaikan secara perlahan, sehingga perlu mendapat perhatian pemerintah.

“Memasuki bulan Ramadan sejumlah komoditas pokok masyarakat, seperti bawang merah, bawang putih dan komoditas pokok lainnya bakal mulai merangkak naik," ujar anggota Komisi II DPRD Kota Padang, Ilham Maulana, Rabu (3/4).

Situasi ini seperti, katanya, menjadi ritual tahunan memasuki bulan Ramadan komoditas pokok selalu naik. Ia menegaskan, pemerintah harus memastikan harga komoditas pokok tetap stabil dan terjangkau oleh masyarakat. Upaya-upaya konkret dan tidak biasa, harus dilakukan dan memastikan harga sembako kembali turun.

“Kenaikan bahan sembako yang selalu berulang setiap Ramadan, harus menjadi prioritas kerja pemerintah guna menyambut Ramadan," ucapnya.

Ia mengatakan, masyarakat kebanyakan yang akan repot dan mengeluarkan biaya ekstra di saat Ramadan. Ia meminta, kepolisian untuk mengungkap apabila ada permainan atau oknum yang memainkan harga sembako. Sebagai upaya antisipasi lonjakan harga saat Ramadan.

Anggota Komisi IV DPRD Kota Padang, Fakri Bahar meminta, pemerintah memastikan berbagai kesiapan menjelang bulan Ramadan yang diperkirakan jatuh pada Mei. "Kesiapan utama memastikan Sembilan Bahan Pokok (Sembako) tidak terjadi kelangkaan, atau lonjakan harga menjelang Ramadan dan pasca Lebaran," ujarnya.

Ia menyebutkan, pemerintah harus memberikan jaminan dan kepastian harga kebutuhan pokok. "Kalau tidak ada kepastian dari pemerintah, maka harga bahan pokok di masyarakat akan mengalami kenaikan," ujarnya.

Ia mengimbau, pedagang tidak memanfaatkan situasi menjelang Ramadan dengan menaikkan harga yang terlalu tinggi, karena akan menyusahkan masyarakat.

“Kenaikan harga pangan menjelang bulan Ramadan jika diperhatikan merupakan fenomena berulang setiap tahun, seharusnya ada antisipasi yang lebih maksimal dari pemerintah baik terkait ketersediaan maupun distribusinya,” katanya.

Ia menyebutkan, kenaikan ini tentu akan sangat memberatkan masyarakat, terlebih bagi kalangan menengah ke bawah. Pemerintah sangat penting dalam mengantisipasi dan mengontrol kenaikan harga agar tidak terjadi inflasi yang semakin tinggi.

Ia meminta, Pemko Padang segera membentuk Tim Khusus (Timsus), yang memantau dan mengawasi pergerakan harga di pasaran. Spekulan harga jelang bulan puasa, sudah tidak menjadi rahasia umum.

Terutama, katanya, bagi oknum yang nekad melakukan penimbunan sembako. Makanya untuk mengatasi hal ini terjadi, pemko melalui OPD terkait harus segera action. Pemko kan Kepolisian diharapkan memantau perdagangan sembako yang berada di wilayah hukumnya.

Sehingga, lanjutnya, dipastikan tidak ada penimbunan sembako yang membuat masyarakat kesulitan mendapatkannya jelang Ramadan. Baik di pasar, pusat perbelanjaan dan tempat lainnya. Tujuannya, agar saat Ramadan nanti situasi tetap kondusif. Dengan demikian, masyarakat muslim akan nyaman menjalankan ibadah.

"Kami harapkan pihak terkait melakukan ini. Karena tujuannya agar masyarakat tenang," tuturnya. (h/ade)





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM