April ini Revitalisasi Pasar Belimbing Dikerjakan


Jumat, 05 April 2019 - 14:50:37 WIB
April ini Revitalisasi Pasar Belimbing Dikerjakan Ilustrasi (haluan)

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Rencana revitalisasi Pasar Belimbing yang sedang dalam rancangan, akan segera dikerjakan bulan ini. Pengembangan pasar satelit yang menyedot anggaran sekitar Rp800 juta tersebut akan dibagi menjadi dua yaitu Rp200 juta untuk membangun meja batu dan los, sedangkan Rp600 juta untuk membangun kios.

Kepala Dinas Perdagangan Endrizal pada Haluan, Kamis (4/4) menyebutkan bahwa untuk membangun meja batu dan los sudah hampir selesai. Sedangkan untuk membangun kios saat ini sedang dalam proses tender. "Ada sekitar 18 kios yang akan dibangun di Pasar Belimbing. Jumlah tersebut menyambung pembangunan yang sudah dilakukan tahun lalu. Sementara, kios penampungan sudah siap menampung pedagang dalam masa pembangunan," kata Endrizal.

Ia menyampaikan, ukuran dan model kios saat ini sedang dalam proses mendesign bagi tender. Sebagian besar model kios akan mengikuti model kios lain yang sudah finishing di tahun lalu.

"Khusus untuk meja batu dan los masih sama ukuran dan modelnya dengan blok yang lain. Sedangkan untuk kios bisa jadi ada perubahan model. Yang terpenting bagaimana pedagang bisa mendapatkan tempat yang layak dan pengunjung bisa nyaman berbelanja," tambah Endrizal.

Endrizal melanjutkan, setelah selesai, pasar satelit tersebut akan terbagi menjadi tiga blok. Masing-masing blok akan menampung sekitar 100 pedagang. Kemudian, fasilitas lainnya seperti toilet dan air bersih akan menjadi prioritas di pasar satelit tersebut.

"Toilet dan air bersih itu faktor utama karena bagi pedagang ikan, daging sapi dan daging ayam sangat membutuhkan air segar. Sementara yang diselesaikan dahulu yaitu pembangunan kios baru setelahnya lanjut ke toilet," tuturnya. (h/win)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 22 April 2016 - 04:32:26 WIB
    Tahap Pertama Rp2,6 Miliar

    Dana PKH Dicairkan 15-25 April

    PADANG, HALUAN — Dana Program Keluarga Harapan (PKH) tahap pertama dicairkan mulai 15-25 April 2016 ini. Sebanyak 5.098 Keluarga Sangat Miskin (KSM) di Kota Padang terdaftar sebagai penerima. .
  • Sabtu, 16 April 2016 - 05:01:28 WIB

    10 Trans Padang Tambahan Siap Dioperasikan Akhir April Ini

    10 Trans Padang Tambahan Siap Dioperasikan Akhir April Ini PADANG, HALUAN—Ke­luhan warga Kota Padang akan leletnya jadwal bus Trans Padang khususnya yang me­lewati jalur Khatib Sulaiman-Hamka akan se­gera terobati..
  • Jumat, 08 April 2016 - 12:04:00 WIB

    Pelaksanaan UKW Diundur 22 April

    PADANG, HALUAN — Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang diselenggarakan PWI Sumbar bersama Dewan Pers, sedianya dilaksanakan pada 8-9 April tetapi ditunda menjadi 22-23 April mendatang..
  • Rabu, 06 April 2016 - 03:51:26 WIB

    April Ini, Inpres III Ditenderkan

    PADANG, HALUAN – Pada April 2016 ini, proyek pembangunan Inpres III Pasar Raya Padang akan ditenderkan. Proyek ini diang­garkan dengan dana sebesar Rp84 Miliar..
  • Kamis, 25 Februari 2016 - 03:01:51 WIB

    PAW Fraksi Golkar Diperkirakan April

    PADANG, HALUAN — Frak­si Golkar DPRD Kota Padang mengirimkan surat permintaan Pengganti An­tar Waktu (PAW) ke DPD Partai Golkar Kota Padang, pascameninggalnya Ang­gota DPRD Kota Padang dari Fraksi Partai Golkar M.Dinul A.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]