Meski Tanpa Jokowi-Ma'ruf, Kampanye 01 Tetap Tumpah Ruah


Rabu, 10 April 2019 - 10:20:36 WIB
Meski Tanpa Jokowi-Ma'ruf, Kampanye 01 Tetap Tumpah Ruah KONSER JEMPOLAN – Ribuan warga menyesaki panggung utama Konser Jempolan, Selasa (9/4) di Danau Cimpago, Pantai Padang. Konser ini adalah salah satu dari rangkaian acara kampanye paslon presiden dan wakil presiden Jokowi-Ma’ruf Amin di Kota Padang, yang mengusung tema "basatu mangko manjadi". IST

Kita buktikan kepada Indonesia bahwa Jokowi akan menang pada Pemilu nanti. Keyakinan ini dapat dibuktikan dengan kehadiran 12 kepala daerah dari kota/kabupaten di Sumbar hari ini. Mereka bersedia mengambil cuti dan hadir di sini bersama kita semua untuk mendukung Pasangan 01. Di Sumbar, kami yakin menang minimal dengan angka 51 parsen. (HENDRA IRWAN RAHIM-KETUA TIM KAMPANYE DAERAH SUMBAR JOKO WIDODO-MA’RUF AMIN).

PADANG, HALUAN—Sebanyak 12 kepala daerah kota/kabupaten di Sumbar ikut ambil bagian dalam konser jempolan sekaligus kampanye akbar Calon Presiden (Capres) nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin, Selasa (9/4) di Padang. Tim Kampanye Daerah (TKD) Sumbar meyakini, pasangan nomor urut 01 akan memenangkan pertarungan Pilpres di Sumbar 17 April mendatang, dengan perolehan minimal 51 persen suara.

Kampanye yang digelar di kawasan Danau Cimpago Pantai Padang itu pun dihadiri ribuan masyarakat Sumbar pendukung paslon 01 Jokowi-Ma’ruf. Kehadiran grup band papan atas Indonesia, Slank, turut menjadi magnit sendiri bagi massa untuk berdatangan.

12 kepala daerah yang ikut mengampanyekan Jokowi dua periode antara lain, Bupati Pesisir Selatan Hendra Joni, Bupati Dharmasraya Sutan Riska, Bupati Pasaman Yusuf Lubis, Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi, Bupati Sijunjung Yuswir Arifin, Bupati 50 Kota Irfendi Arbi, Bupati Solok Gusmal, dan Wakil Bupati Mentawai Rijel Samaloisa.

Selain itu, juga hadir Wali Kota (Wako) Padang Panjang Fadly Amran, Wako Bukittinggi Ramlan Nurmatias, Wako Solok Zul Elfian, dan Wako Pariaman Genius Umar. Selain dihadiri para kepala daerah, kampanye Jokowi-Ma'ruf juga dihadiri Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar, Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Rokhmin Dahuri, serta sejumlah anggota tim kampanye nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf.

Dalam sambutannya, Wamen ESDM Archandra Tahar menyatakan bahwa Presiden Joko Widodo bersama tim telah bekerja lebih kurang selama 4,5 tahun dan terus berusaha memberikan yang terbaik bagi Indonesia. “Buktinya, sudah banyak yang bisa dilaksanakan. Untuk itu, berikan kami lima tahun lagi untuk membuat Indonesia yang lebih maju," kata Rang Piaman itu di hadapan massa pendukung Jokowi-Ma'ruf Amin.

Setelah berorasi, Arcandra Tahar kemudian memeragakan simulasi pencoblosan di hadapan kerumunan massa, dengan mencoblos surat suara berukuran besar pada bagian pasangan nomor urut 01 Jokowi-Ma’ruf Amin.

Sementara itu dalam orasinya, Ketua TKD Sumbar, Hendra Irwan Rahim, berterima kasih kepada masyarakat Sumatera Barat yang telah datang ke lokasi untuk menegaskan dukungan terhadap pasangan calon presiden nomor urut 01.

"Kita buktikan kepada Indonesia bahwa Jokowi akan menang pada Pemilu nanti. Keyakinan ini dapat kita buktikan dengan kehadiran 12 kepala daerah dari kota/kabupaten di Sumbar. Mereka bersedia mengambil cuti dan hadir di sini bersama kita semua untuk mendukung Pasangan 01. Di Sumbar, kami yakin menang minimal dengan angka 51 parsen," kata Hendra.

Sementara itu, Sekretaris TKD Sumbar, Febby Datuak Bangso ikut mengatakan bahwa dalam kampanye kali ini, ia berharap masyarakat bisa melaksanakan demokrasi yang damai dan baik tanpa adanya tindak kekerasan. "Kami mengaharapkan setelah kampanye, seluruh pendukung Jokowi-Ma’ruf bisa berdemokrasi yang damai. Demokrasi Indonesia yang bukan demokrasi kekerasan," katanya.

Ketua Umum DPW PKB Sumbar itu pun di hadapan ribuan warga yang hadir menjelaskan, jika selama ini para loyalis Jokowi banyak diam, maka mulai hari ini telah mulai menunjukkan diri serta menegaskan kesiapan memenangkan Pasangan Nomor Urut 01 di Sumbar. "Kami hanya dikasih target 35 parsen oleh pusat, tetapi melihat hari ini, kami yakin melampaui target itu. Minimal di 51 parsen," kata Febby.

Ketegasan dukungan juga disampaikan Bupati Pesisir Selatan, Hendra Joni. Saat berorasi, ia mengatakan bahwa pada masa pemerintahan Jokowi, banyak pembangunan yang berlangsung di Sumbar. "Kendati di Sumbar beliau kalah pada Pilpres 2014, tetapi perhatian Pak Jokowi kepada Sumbar sangat besar. Pesisir Selatan sangat ia perhatikan, oleh karena itu kami mendukung beliau," ujarnya.

Senada dengan Hendrajoni, Bupati Pasaman Yusuf Lubis mengatakan, pihaknya sangat berkomitmen mendukung kemenangan Jokowi-Ma'ruf Amin di Pasaman. "Di Pasaman, suara Jokowi-Ma'ruf Amin saat ini sudah mencapai 51 persen. Semoga ke depan dapat dipertahankan dan kalau bisa terus bertambah," katanya.

Ribuan Orang dari Pessel

Sementara itu, rombongan TKD, relawan, dan simpatisan pasangan calon (Paslon) Capres dan Cawapres nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin di Kabupaten Pesisir Selatan ikut bertolak ke Padang guna menghadiri kampanye akbar di Kota Padang, Selasa (9/4).

Pantauan Haluan di lapangan, sebelum keberangkatan ke Padang, sejumlah anggota tim relawan dan simpatisan asal Pessel berkumpul di GOR Zeini Zein Painan. Rombongan berangkat menuju Kota Padang sekitar pukul 10.40 WIB.

Selain tim dan partai pendukung, Bupati Hendrajoni beserta Ketua DPRD Pessel, Dedi Rahmanto Putra, juga tampak hadir di tengah kerumunan rombongan. Sementara itu, Ketua Relawan Dunsanak Jokowi-Amin Pesisir Selatan, Ari Nurkomari di lokasi menyebutkan, jumlah relawan yang berangkat ke Padang tergabung dalam sembilan partai koalisi dan relawan.

"Kalau jumlah secara keseluruhan, diperkirakan seribuan orang. Kami dari tim Dunsanak Jokowi-Amin ada sekitar 320 orang. Berangkat dari Pessel menggunakan tiga kendaraan bus, 25 mobil avanza, dan tiga mini bus travel. Sampai di Padang, kami gabung bersama rombongan yang lain," kata Ari sebelum keberangkatan ke Padang.

Ia menyebutkan, pihaknya optimis perolehan suara untuk Jokowi-Amin di Sumbar dapat mencapai 40 persen. Sebab, sejumlah massa yang hadir dari Pesisir Selatan adalah tim yang sangat solid dan satu suara untuk memenangkan Paslon 01 pada 17 April 2019 mendatang.

"Dengan digelarnya kampanye akbar ini, setidaknya target perolehan suara 40 persen di Sumbar tercapai. Sehingga kami sangat optimis Jokowi-Ma’ruf akan menang pada Pemilu nanti. Salam satu jari untuk Indonesia, ayo kerja, kerja, kerja," ujarnya.

Terpisah, Meckroza (34) warga Kecamatan Bayang, sekaligus pelaku seorang pelaku seni di Pessel mengatakan, siapa pun presiden yang terpilih nantinya, ia berharap agar Indonesia dapat menjadi lebih sejahtera dengan pemimpin yang lebih peduli kepada kebutuhan rakyat.

"Siapa saja yang menang, nantinya yang penting rakyat sejahtera. Kami menaruh harapan besar kepada pemimpin negeri ini di masa yang akan datang. Sebab, mereka dipilih oleh rakyat dan wajib menjaga amanah yang sudah diberikan tersebut," katanya pada wartawan. (h/mg-hen/kis)





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM