Mahyeldi: Bios 44 Meningkatkan Hasil Pertanian


Rabu, 10 April 2019 - 10:40:15 WIB
Mahyeldi: Bios 44 Meningkatkan Hasil Pertanian Panglima Kodam (Pangdam) I/Bukit Barisan, Mayor Jenderal TNI Mohamad Sabrar Fadhilah bersama Wali Kota Padang, Mahyeldi mengunjungi Demplot Bios 44 Koramil jajaran Kodim 0312/Padang di Pasar Ambacang, Kecamatan Kuranji, Selasa (9/4). HUMAS

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Guna melihat penggunaan Bios 44 yang telah disosialisasikan Kodim 0312/Padang, Panglima Kodam (Pangdam) I/Bukit Barisan, Mayor Jenderal TNI Mohamad Sabrar Fadhilah mengunjungi Demplot Bios 44 Koramil jajaran Kodim 0312/Padang di Pasar Ambacang, Kecamatan Kuranji, Selasa (9/4).

Mayjen TNI Mohamad Sabrar mengatakan, pada tahun sebelumnya TNI menemukan sebuah formula yang disebut Bios 44, yang merupakan cairan dari jenis perpaduan beberapa mikro organisme yang disatukan dan berfungsi untuk memperkecil hingga menutupi rongga-rongga yang ada pada lahan gambut dalam tempo tertentu.

“Selain sebagai bahan yang mampu mengurai mikro organisme menjadi bahan pupuk, Bios 44 merupakan perpaduan beberapa mikro organisme yang disatukan, memiliki banyak manfaat dibidang pertanian, perikanan dan bahkan bermanfaat dibidang peternakan dan tidak berbahaya bagi tumbuhan, hewan maupun manusia,” katanya. Sosialisasi ini, diharapkan, mendapat dukungan dari seluruh TNI, Polri dan ASN dalam menyukseskan ini.

Dikesempatan yang sama, Wali Kota Padang, Mahyeldi mengatakan, saat ini Kota Padang memiliki lahan pertanian, peternakan dan perkebunan yang cukup luas. Perkebunan sekitar 2/3 Kota Padang dengan luas sawah sekitar 6.000 hektare.

“Pada tahun ini, Pemerintah Kota (Pemko) Padang akan berfokus pada daerah pertanian konsep perkotaan padat teknologi,” ujarnya.

Ia mengatakan, saat ini Kota Padang hanya mampu menyediakan 30 persen kebutuhan pangan masyarakat. Sebanyak 70 persen sisanya berasal dari luar daerah. Kondisi ini terjadi akibat berkurangnya lahan produksi. Untuk itu, Pemerintah Kota Padang saat ini sedang menjalin kerja sama dengan pemerintah daerah yang ada di Sumbar.

“Penemuan Bios 44 ini, akan dapat meningkatkan hasil produksi pertanian di Kota Padang, sehingga dapat mengurangi suplai pangan dari daerah lain,” katanya.

Sehubungan dengan itu, salah seorang petani sawah dari kelompok Tani Kami Saiyo Romeo mengatakan, penggunan Bios 44 ini dapat membantu masyarakat petani sawah untuk meningkatkan hasil pertanian. Di samping itu, juga dapat menghemat biaya perawatan dan mendapatkan hasil melimpah.

“Dengan Bios 44 ini, batang padi sangat besar, penyemprotan tidak ribet dan terhindar bisa mengurangi hama tikus,” ujarnya.

Sejalan dengan itu, Amrizal, seorang peternak sapi dari kelompok tani poktan wirausaha, menyampaikan, dalam menggunakan Bios 44 dirinya mencampurkan dengan air untuk disiram ke dalam rumput. Melalui percobaan dua ekor sapi yang diberi makan dengan menggunkan Bios 44 dalam rentang waktu selama dua minggu.

"Sapi tersebut sekarang untuk nafsu makan meningkat tajam, bulu badan berkilat dari biasanya, berat badan meningkat, kotoran tidak berbau dan air kencing banyak dibandingkan sapi lainnya yang tidak memakai Bios 44," katanya. (h/rel/mg-mal)

 





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 15 Juni 2019 - 20:26:23 WIB

    Mahyeldi: Pembangunan ‘Ring Road’ Kawasan Timur Sudah Mendesak

    Mahyeldi: Pembangunan ‘Ring Road’ Kawasan Timur Sudah Mendesak PADANG,HARIANHALUAN.COM– Pemerintah Kota Padang memacu pembangunan “Padang Ring Road” kawasan timur yang melintasi wilayah Kecamatan Lubuk Kilangan, Pauh, Kuranji dan Koto Tangah. Selain pembangunan jalan, kelanjutan pe.
  • Kamis, 01 November 2018 - 21:46:43 WIB

    Mahyeldi: Integritas Berpijak pada Agama

    Mahyeldi: Integritas Berpijak pada Agama BALIKPAPAN, HARIANHALUAN.COM – Kolaborasi integritas nasional menjadi ajang pembelajaran untuk mencapai keunggulan strategis dalam pengelolaan pemerintahan yang bersih dan baik. Integritas harus berpijak pada ajaran agama, .
  • Selasa, 23 Oktober 2018 - 12:23:43 WIB

    Wako Mahyeldi: Segala Tempat Maksiat Pasti Disikat

    Wako Mahyeldi: Segala Tempat Maksiat Pasti Disikat PADANG, HARIANHALUAN.COM-Pemerintah Kota Padang tidakmemberi tempat kepada segala bentuk yang berbau kemaksiatan. Semua kafe, karaoke, dan music room yang tidak memiliki izin operasional akan disikat..
  • Selasa, 29 Agustus 2017 - 17:47:53 WIB

    Mahyeldi:Kualitas Makanan di Padang Tidak Diragukan, Tampilannya Harus Ditingkatkan

    Mahyeldi:Kualitas Makanan di Padang Tidak Diragukan, Tampilannya Harus Ditingkatkan PADANG, HARIANHALUAN.COM - Walikota Padang H. Mahyeldi Ansharullah Dt Marajo menilai bahwa selama ini rasa dan kualitas makanan atau barang produksi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Padang tidak diragukan lagi. Rasanya ne.
  • Kamis, 30 Juni 2016 - 12:42:36 WIB

    Mahyeldi: Jangan Racuni Warga Kota Padang

    Mahyeldi: Jangan Racuni Warga Kota Padang PADANG, HALUAN—Maraknya peredaran makanan kadaluarsa dan tidak memiliki izin menjelang lebaran, membuat masyarakat dituntut lebih pintar dalam memilih produk. Selain itu pedagang pun harus berfikir, jangan sampai mengorbank.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM