Kampung Jokowi di Limapuluh Kota Diresmikan, Warga Terharu


Jumat, 12 April 2019 - 20:49:11 WIB
Kampung Jokowi di Limapuluh Kota Diresmikan, Warga Terharu Warga, Komunitas Srikandi Indonesia dan Rumah Kerja 01 Sumbar berfoto di Kampung Jokowi di di Jorong Bancah, Nagari Batu Balang, Kecamatan Harau, Kabupaten Limapuluh Kota, Jumat (12/4). IST

LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.COM—Sumatera Barat resmi mempunyai Kampung Jokowi, terletak di Jorong Bancah, Nagari Batu Balang, Kecamatan Harau, Kabupaten Limapuluh Kota. Kampung ini diresmikan langsung oleh keluarga besar Jokowi, Komunitas Srikandi Indonesia, Rumah Kerja 01 Sumbar dan Real Jokowi, Jumat (12/4).

Di Kampung yang mempunyai 2 ribu Daftar Pemilih Tetap (DPT) ini juga berdiri Musala Jokowi. Penamaan kampung dan musala tersebut sebagai bentuk kebanggan masyarakat dan penghargaan kepada Presiden Joko Widodo.

Ketua Presedium Rumah Kerja 01 Sumbar, Muhammad Bayu Vesky, mengatakan berdirinya Kampung Jokowi ini berawal dari gagasan Komunikasi Srikandi Indonesia.

"Srikandi Indonesia melihat di sini kompak, damai, dan masih menjaga tradisi gotong royong, seperti merehab musala warga semua turun secara swadaya. Inilah yang mendorong lahir Kampung Jokowi. Selain itu kampung ini mempunyai potensi ekonomi yang dapat dikembangkan salah satunya di sini sentra pembuatan batu bata," tutur Bayu.

Ia menambahkan dengan adanya Kampung Jokowi di Nagari Batu Balang, masyarakat bisa memanfaatkan potensi yang ada di sini bisa dikembangkan, seperti usaha batu bata dan UMKM yang nantikan akan disinergikan program di Kampung ini dengan program yang ada di Srikandi Indonesia.

Sementara itu Ketua Umum Komunitas Srikandi Indonesia, Yanti Rukmana menyebutkan, kehadiran Srikandi karena adanya relasi dengan masyarakat setempat.

Ia menjelaskan, selain program pengembangan baru bata dan UMKM di Kampung Jokowi, pihaknya juga melakukann pengecoran jalan di Jorong Taratak, Nagari Situjuah Tungka, Kecamatan Situjuah Limo Nagari, Kabupaten Limapuluh Kota.

“Di Taratak, sekitar 1 Kilometer sudah dibangun jalan beton, membangun perpustakaan dan jenjang ke lokasi masjid. Tidak hanya itu saja, Komunitas Srikandi Indonesia juga membangun rumah serta menghiasi Jorong Taratak menjadi indah dan berwarna warni,” ucapnya.

Ia berharap, program tersebut tidak hanya seremonial semata. Masyarakat agar dapat mempertahankan dan mengembangkan kampungnya agar mapan dalam berbagai bidang.

Anas, (65) salah satunya, pengurus musala sempat menangis saat mendapatkan bantuan uang tunai untuk bantuan lanjutan pembangunan musala dari Komunikasi Srikandi Indonesia di Kampung Jokowi.

Ia mewakili masyarakat, menerima langsung uang Rp 15 juta untuk rehab musala. Sebelumnya, Srikandi juga membantu dengan memperbaiki drainase, plaster dinding hingga pengecatan.

“Saya dan masyarakat berterima kasih sekali kepada ibu-ibu Srikandi Indonesia dan bapak-bapak yang telah membantu musalah ini. Semoga ibu dan bapak semua selalu dalam keadaaan sehat dan tentunya kami ucapkan terima kasih kepada Bapak Jokowi,” ujarnya sambil mengusap air matanya.

Ia menyampaikan, perubahan wajah Taratak yang begitu drastis, terjadi setelah seluruh warga di jorong nan sejuk itu bergotong-royong selama tujuh hari tujuh malam. Hasil gotong royong warga tersebut, diresmikan keluarga Presiden Jokowi.(h/rel)




Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 05 Desember 2018 - 10:22:06 WIB

    Lengayang Bakal Jadi Kampung Siaga Bencana

    Lengayang Bakal Jadi Kampung Siaga Bencana PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Sebagai upaya pemerintah daerah mendorong kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana, Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, melalui Dinas Sosial, bakal mendirikan Kampung Siaga Bencana (KSB),.
  • Selasa, 04 September 2018 - 16:37:55 WIB

    Nagari Jawi Jawi Bakal Dikembangkan Jadi Kampung Wisata

    Nagari Jawi Jawi Bakal Dikembangkan Jadi Kampung Wisata AROSUKA, HARIANHALUAN.COM — Puluhan praktisi dan pemerhati pariwisata yang berhimpun dalam tim Percepatan Pengembangan Pariwisata Terpadu (TP3T) Kabupaten Solok melakukan pertemuan untuk mewujudkan program kepariwisataan p.
  • Rabu, 28 Maret 2018 - 20:31:51 WIB

    Payakumbuh Bakal Punya Kampung dan School of Rendang

    Payakumbuh Bakal Punya Kampung dan School of Rendang PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Pemerintah Kota Payakumbuh akan menjadikan Payakumbuh sebagai kota wisata kuliner, khususnya rendang. Untuk mendorong branding sebagai Kota Rendang, Pemko Payakumbuh bahkan menyiapkan kampung rend.
  • Jumat, 12 Januari 2018 - 10:18:29 WIB

    Tanah Datar Bakal Punya Kampung Religi

    Tanah Datar Bakal Punya Kampung Religi TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM--Memasuki tahun 2018 Masehi, pemerintahan Kecamatan Lima Kaum, langsung tancap gas dalam menjalankan program-program unggulannya. Salah satu programnya adalah Kamoung Religi yang sudah berjalan d.
  • Jumat, 08 September 2017 - 01:02:08 WIB

    Utusan Enam Negara Kunjungi Kampung Adat

    Utusan Enam Negara Kunjungi Kampung Adat SIJUNJUNG, HALUAN -- Sebanyak 23 orang utusan dari enam negara melakukan kunjungan ke perkampungan adat nagari Sijunjuang, setelah melakukan studi komparatif parade lansia di tiga posyandu lansia, serta melakukan diskusi di r.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM