Disdag dan Pol PP Sinergi Tebas Miras Selama Ramadan


Ahad, 14 April 2019 - 22:15:40 WIB
Disdag dan Pol PP Sinergi Tebas Miras Selama Ramadan Ilustrasi
PADANG, HARIANHALUAN.COM - Menertibkan penjualan minuman beralkohol atau minuman keras selama Ramadan, Dinas Perdagangan (Disdag) lakukan pengawasan rutin. Pengawasan dan penertiban tersebut akan berkoordinasi dengan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).
 
Kepala Dinas Perdagangan, Endrizal menyebutkan, penertiban untuk miras tersebut sebenarnya rutin dilakukan. Baik di tempat hiburan malam, hotel dan pinggir jalan.
 
"Sebetulnya pengawasannya rutin kami lakukan dan untuk penertibannya selalu berkoordinasi dengan Satpol PP. Namun menjelang ramadan dan selama Ramadan akan dilakukan pengawasan lebih ketat terhadap tempat-tempat yang dikuatirkan menjual bebas," ujar Endrizal pada Haluan, Minggu (14/4).
 
Ia menyebutkan, pengawasan ketat selama Ramadan tersebut sudah dilakukan setiap tahunnya. Hendaknya tahun ini penyedia minuman terlarang tersebut bisa lebih jera dan menghormati bulan yang penuh berkah.
 
"Ramadan adalah bulan yang sama-sama kita nanti dan penuh berkah. Hendaknya tidak ada hal-hal yang di luar bulan ramadan dilakukan tetap dibuat pada saat bulan ramadan. Mati bersama kita ciptakan kota yang bersih dari hal-hal yang terlarang selam bulan Ramadan," kata Endrizal.
 
Endrizal menerangkan, sesuai Peraturan Wali Kota (Perwako) nomor 8 tahun 2012 tentang pengawasan, pengendalian, dan pelanggaran minuman beralkohol peredarannya terus  diawasi. Penjualan miras tersebut dikecualikan untuk hotel bintang tiga ke atas.
 
"Jika ada yang menaruhnya selain yang dikecualikan tersebut maka sah saja ilegal. Itu yang akan kami awasi dan tertibkan dengan tim," ucapnya 
 
Kepala Satpol PP Al Amin menyebutkan bahwa pihaknya akan terus menerobos dan menebas tempat penjualan miras ilegal. Baik di jual secara terang-teranangan maupun secara sembunyi seperti di tempat hiburan malam.
 
"Tidak hanya bulan Ramadan saja, kami akan terus menertibkan dan merazia tempat hiburan malam yang diduga menyediakan miras. Jika tertangkap tangan, maka kami akan sita miras tersebut. Ini akan menjadi rutinitas kami dalam bertindak," tutur Al Amin. (h/win/hel)




Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM