Faruq Juara I Lomba Bercerita Tingkat Kab. Limapuluh Kota


Senin, 15 April 2019 - 10:51:53 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Faruq Juara I Lomba Bercerita Tingkat Kab. Limapuluh Kota Umar Faruq Rabbani besama Bupati Irfendi Arbi

LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.COM- Umar Faruq Rabbani keluar sebagai Juara I, dalam lomba bercerita dongeng daerah, tingkat SD/MI se-Kabupaten Limapuluh Kota. Selanjutnya murid Kelas V SDN 03 Nagari Talang Maur, Kecamatan Mungka tersebut akan mewakili  Kabupaten Limapuluh Kota di tingkat Sumatera Barat. Cerita yang dibawakan Faruq berjudul “Sampelong Sakti”. Dongeng tersebut berasal dari Talang Maur, Mungka dan digarap kembali oleh Rahmi Lenggo Geni. 

Lomba bercerita dilaksanakan pada Rabu (10/04/2019) di Halaman Kantor Bupati Limapuluh Kota di Sarilamak. Penyelenggaraan lomba yang dilaksanakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Limapuluh  Kota tersebut disejalankan dengan Pekan Budaya tingkat kabupaten, sehingga banyak pengunjung yang menyaksikannya. 

Juara II, diraih oleh Narsath Berki Ramadhan dari SDN 01 Batuampar, Kecamatan Akabiluru, dengan judul cerita “Gunung Tembus”. Juara III diraih Adelia Syafira dari SDN 03 Limbanang, Kecamatan Suliki dengan judul cerita “Tuanku Nan Hilang”.

Berikutnya Juara Harapan I, Veelcia Rimelga, dari SDN 04 Kecamatan Akabiluru dengan judul cerita “Tuanku Nan Hilang”. Sedangkan Juara Harapan II diperoleh Ganesha Maheswari dari SDN 02 Banjalaweh, Kecamatan Bukit Barisan dengan judul cerita “Cimuntu”. Untuk Juara Harapan III direbut oleh Reisya Salwa Devia dari SDN 05 Pangkalan, Kecamatan Pangkalan Koto Baru dengan judul cerita “Tuanku Nan Hilang”.

Hadiah diserahkan secara langsung kepada para pemenang oleh Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi. Juara I Tabanas Rp1 juta + tropi dan piagam, Juara II Tabanas Rp900 ribu + tropi dan piagam dan Juara III tabanas Rp800 ribu + tropi dan piagam. Sedangkan hadiah Juara Harapan I, tabanas Rp700 ribu + tropi dan piagam, Juara Harapan II tabanas Rp 600 ribu + tropi dan piagam, dan Juara Harapan III Tabanas Rp600 ribu + tropi dan piagam.

Bupati Irfendi memuji penampilan dan bakat putra dan putri yang mengikuti Lomba Bercerita Tingkat SD/MI tingkat Kabupaten Limapuluh Kota. Irfendi mengecupakan selamat kepada para pemenang dan meminta mereka untuk terus meningkatkan prestasi mereka. Ia juga berharap Kabupaten Limapuluh Kota dapat mengukir prestasi yang bagus dalam lomba bercerita di tingkat Provinsi  Sumatera Barat. “Semoga anak kita nantinya juga bisa menang di tingkat Sumatera Barat, bahkan nasional,” kata Irfendi. 

Total jumlah peserta sebanyak 26 orang dengan jumlah cerita yang dibawakan sebanyak 6 cerita. Cerita tersebut antara lain berjudul “Tuanku Nan Hilang”, “Gunung Tembus”, “Cimuntu”, “Asal Muasal Nama Minangkabau” dan “Sampelong Sakti”. Juri terdiri tiga orang pegiat seni profesional yang namanya sudah cukup dikenal di Sumatera Barat, bahkan nasional. Sedangkan kriteria penilaian dibagi dalam empat katagori; Penampilan, Cara Bercerita, Penguasaan Materi dan Skill Peserta. 

Ketua Dewan Juri, Iyut Safitra sebelum membacakan keputusan dewan juri mengatakan bahwa para peserta telah menunjukan kemampuannya di dalam lomba. Dan secara umum, para peserta diketahui memiliki bakat yang bisa terus diasah dan dikembangkan. Dia mengingatkan, bahwa dalam lomba bercerita peserta yang terbaik adalah, peserta yang mengerti,  memahami dan menghayati alur dan isi cerita yang dibawakan. Bukan peserta yang hanya sekedar menghafal. Karena kalau hanya sekedar menghafal, maka peserta akan kesulitan di dalam memainkan mimik, gerak tubuh dan suara dalam bercerita itu sendiri. “Tidak cukup hanya dengan menghafal saja,” kata Iyut.  (rel)
 



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM