Pasbar Targetkan Produksi 110 Ribu Ton Ikan Tahun Ini


Senin, 15 April 2019 - 16:33:31 WIB
Pasbar Targetkan Produksi 110 Ribu Ton Ikan Tahun Ini Terlihat Kepala Bidang Perikanan Tangkap Dinas Perikanan Pasaman Barat, Zulfi Agus dalam suatu kegiatan perikanan. Osniwati

PASBAR, HARIANHALUAN.COM -- Kabupaten Pasaman Barat tahun 2019 menargetkan produksi ikan sekitar 110.000 ton selama 2019. Jumlah tersebut naik jika dibandingkan dengan tahun 2018 lalu. "Target produksi ikan kita naikkan untuk 2019. Pada 2018 produksi ikan di Pasaman Barat 109.000 ton," kata Kepala Bidang Perikanan Tangkap Dinas Perikanan Pasaman Barat, Zulfi Agus.
Menurutnya salah satu upaya menaikkan produksi ikan diantaranya adalah dengan adanya penambahan kapal 30 Gross Tonage (GT) sebanyak enam unit kapal.
Kemudian bantuan alat tangkap baik dari kabupaten, provinsi dan dari kementrian. Selain meningkatkan kualitas sumber daya manusia para nelayan yang ada melalui sosialisasi dan bimbingan teknis.
"Kita optimis target produksi tahun ini bisa tercapai. Sebab, rata-rata waktu normal sekali melaut nelayan memperoleh 10 hingga 20 ton ikan," ujarnya.
Ia mengemukakan untuk produksi perikanan tangkap yang dihasilkan mayoritas ikan tongkol, tenggiri, kakap merah, kembung, selar, teri, kerapu, layur, bawal, kwe, cakalang, udang putih, kepiting dan rajungan. "Secara kualitas tidak kalah bersaing dengan daerah penghasil ikan lainnya di Indonesia," tambahnya.
Menurutnya ikan yang dihasilkan nelayan di Pasaman Barat selain dipasarkan di Sumbar juga di provinsi lainnya bahkan ada yang sampai ke luar negeri seperti ikan kerapu. "Kita terus memberikan bantuan peralatan baik dari pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten. Selain itu juga pelatihan peningkatan sumber daya manusia nelayan yang ada," sebutnya.
Pihaknya juga mengharapkan adanya investor menanamkan modalnya untuk membangun pabrik es di Pasaman Barat. Sebab, hingga saat ini nelayan Pasaman Barat masih kekurangan es untuk pendingun ikan. (h/ows/hel)

 





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 17 Juli 2019 - 15:53:28 WIB

    Rp2,7 M Anggaran Dikucurkan untuk RTLH Pasbar

    Rp2,7 M Anggaran Dikucurkan untuk RTLH Pasbar PASBAR, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat tahun 2019 mengucurkan dana untuk Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) sebesar Rp2,7 miliar. Anggaran tersebut diperuntukkan bagi 156 kepala keluarga atau 156 unit rumah..
  • Senin, 15 Juli 2019 - 16:05:43 WIB

    CJH Susulan Pasbar Capai 36 Orang

    PASBAR, HARIANHALUAN.COM - Kantor Kementerian Agama menyatakan bahwa sebanyak 36 Calon Jemaah Haji (CJH) susulan di Kabupaten Pasaman Barat, dipastikan berangkat pada 21 Juli 2019..
  • Selasa, 09 Juli 2019 - 17:24:37 WIB

    Gunakan Sistem Jemput Bola, Imigrasi Agam Sudah Terbitkan 500 Paspor di Pasbar

    Gunakan Sistem Jemput Bola, Imigrasi Agam Sudah Terbitkan 500 Paspor di Pasbar PASBAR, HARIANHALUAN.COM - Layanan Paspor Jemput Bola kerjasama Kantor Imigrasi kelas II Agam dengan Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat yang sudah berjalan selama 6 bulan sangat membantu masyarakat Pasbar. Hal ini terbukti de.
  • Rabu, 03 Juli 2019 - 23:04:04 WIB

    Wabup Yulianto Canangkan “Pasbar Cantik Tanpa Sampah Plastik”

    Wabup Yulianto Canangkan “Pasbar Cantik Tanpa Sampah Plastik” PASAMAN BARAT, HARIANHALUAN.COM - Dengan slogan "Pasbar Cantik Tanpa Sampah Plastik", Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2019, dengan mencanangkan program pengu.
  • Ahad, 30 Juni 2019 - 16:08:28 WIB

    BNNK Pasbar Ajak Generasi Muda Perangi Narkoba

    BNNK Pasbar Ajak Generasi Muda Perangi Narkoba PASBAR, HARIANHALUAN.COM - Badan Narkotika Nasional Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat, mengajak generasi muda untuk terus menghindari pengaruh narkoba dalam pergaulan sehari-hari..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM