Pasbar Targetkan Produksi 110 Ribu Ton Ikan Tahun Ini


Senin, 15 April 2019 - 16:33:31 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Pasbar Targetkan Produksi 110 Ribu Ton Ikan Tahun Ini Terlihat Kepala Bidang Perikanan Tangkap Dinas Perikanan Pasaman Barat, Zulfi Agus dalam suatu kegiatan perikanan. Osniwati

PASBAR, HARIANHALUAN.COM -- Kabupaten Pasaman Barat tahun 2019 menargetkan produksi ikan sekitar 110.000 ton selama 2019. Jumlah tersebut naik jika dibandingkan dengan tahun 2018 lalu. "Target produksi ikan kita naikkan untuk 2019. Pada 2018 produksi ikan di Pasaman Barat 109.000 ton," kata Kepala Bidang Perikanan Tangkap Dinas Perikanan Pasaman Barat, Zulfi Agus.
Menurutnya salah satu upaya menaikkan produksi ikan diantaranya adalah dengan adanya penambahan kapal 30 Gross Tonage (GT) sebanyak enam unit kapal.
Kemudian bantuan alat tangkap baik dari kabupaten, provinsi dan dari kementrian. Selain meningkatkan kualitas sumber daya manusia para nelayan yang ada melalui sosialisasi dan bimbingan teknis.
"Kita optimis target produksi tahun ini bisa tercapai. Sebab, rata-rata waktu normal sekali melaut nelayan memperoleh 10 hingga 20 ton ikan," ujarnya.
Ia mengemukakan untuk produksi perikanan tangkap yang dihasilkan mayoritas ikan tongkol, tenggiri, kakap merah, kembung, selar, teri, kerapu, layur, bawal, kwe, cakalang, udang putih, kepiting dan rajungan. "Secara kualitas tidak kalah bersaing dengan daerah penghasil ikan lainnya di Indonesia," tambahnya.
Menurutnya ikan yang dihasilkan nelayan di Pasaman Barat selain dipasarkan di Sumbar juga di provinsi lainnya bahkan ada yang sampai ke luar negeri seperti ikan kerapu. "Kita terus memberikan bantuan peralatan baik dari pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten. Selain itu juga pelatihan peningkatan sumber daya manusia nelayan yang ada," sebutnya.
Pihaknya juga mengharapkan adanya investor menanamkan modalnya untuk membangun pabrik es di Pasaman Barat. Sebab, hingga saat ini nelayan Pasaman Barat masih kekurangan es untuk pendingun ikan. (h/ows/hel)

 



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 22 April 2019 - 15:51:57 WIB

    217 CPNS Pasbar Ikuti Pelatihan Dasar

    217 CPNS Pasbar Ikuti Pelatihan Dasar PASBAR, HARIANHALUAN.COM - Sebanyak 217 orang CPNS Kabupaten Pasaman Barat golongan III dari formasi umum yang lulus seleksi tahun 2018 lalu akan mengikuti Pelatihan Dasar (Lasar). Bupati Pasbar Syahiran tekankan CPNS tersebu.
  • Kamis, 11 April 2019 - 16:02:37 WIB

    Pasbar Lakukan Aksi Cepat Penurunan Stunting

    Pasbar Lakukan Aksi Cepat Penurunan Stunting PASBAR, HARIANHALUAN.COM - Kabupaten Pasaman Barat merupakan salah satu dari 100 daerah yang penduduknya masih banyak stunting. Untuk menuntaskan hal tersebut, Pasbar melakukan rembuk aksi percepatan penurunan stunting..
  • Kamis, 11 April 2019 - 15:58:11 WIB

    Sejumlah Daerah di Pasbar Dilanda Banjir

    Sejumlah Daerah di Pasbar Dilanda Banjir PASBAR, HARIANHALUAN.COM - Akibat intensitas hujan tinggi beberapa hari terakhir membuat beberapa wilayah di Pasbar banjir. Jika hujan terus mengguyur Pasbar, dikawatirkan dampak banjir akan meluas. Namun, saat ini baru Kecam.
  • Rabu, 10 April 2019 - 22:27:35 WIB

    Nelayan Pasbar Kekurangan Pendingin Ikan

    PASBAR, HARIANHALUAN.COM - Nelayan di Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) masih kekurangan pasokan es untuk pendingin ikan di daerah itu..
  • Senin, 14 Januari 2019 - 10:45:42 WIB

    Gelar Pesta Rakyat Pasbar Expo 2019, Pemuda Jorong Pasaman Baru Apresiasi Langkah Bupati

    Gelar Pesta Rakyat Pasbar Expo 2019, Pemuda Jorong Pasaman Baru Apresiasi Langkah Bupati PASAMAN BARAT, HALUAN – Pemuda Kejorongan Pasaman Baru, Kecamatan Pasaman-Pasaman Barat (Pasbar) mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Daerah Pasbar, TNI-Polri, dan semua instansi terkait yang telah bekerja sama mensuk.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM