Harga Sawit di Pesisir Selatan Anjlok


Senin, 15 April 2019 - 16:36:16 WIB
Reporter : Tim Redaksi

PAINAN, HARIANHALUAN.COM- Harga sawit di Pessel anjlok di pasaran. Para petani menjual dengan harga murah kepada pedagang pengumpul Rp400 ribu per kg. “Kondisi ini membuat ekonomi masyarakat semakin terpuruk, bahkan banyak di kalangan masyarakat terpaksa dililit hutang kepada pihak lain,” kata salah seorang petani warga Nagari Gunung Bungkuk Rangga (30),Senin (15/4).

Menurutnya, para petani enggan untuk memanen buah sawit yang mereka miliki, akibat tidak seimbangnya biaya operasional dengan pendapatan. “Sebagian mereka terpaksa alih usaha lain yang mendatangkan hasil seperti, petani penerima upah dan kerja serabutan untuk memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga,” ulasnya

Wali Nagari Gunung Bungkuk Doni Iskandar mengatakan, usaha perkebunan sawit di wilayah nagari lumpo terus berkembang, saat ini sudah mencapai sekitar 1000 hektar lebih yang ditebarkan pada lahan terpisah di dataran rendah dan perbukitan.

Pada awalnya usaha perkebunan kebun sawit berkembang, masyarakat tergiur harga sawit mahal di pasaran, namun pada saat mereka mengalami panen hasil produksi sawit murah di pasaran. Tak heran sebagian para petani terpaksa alih fungsi lahan yang mereka miliki dengan tanaman lain yang mendatangkan hasil.

Masyarakat nagari Lumpo mengharapkan agar harga sawit naik di pasaran, sebelumnya petani menjual Buah Tandan Segar (TBS) di atas Rp1000 per kg, dengan anjlok harga sawit membuat lambannya proses pergerakan pembangunan di daerah ini, hasil produksi buah sawit merupakan andalan perekonomian sebagian besar para petani yang bergerak dalam sektor perkebunan.

Anjloknya harga sawit membuat sebagian masyarakat petani menjadi risih, khawatir lahan perkebunan yang ada pada dataran rendah kembali ditinggalkan dan alih fungsi lahan menjadi areal pertanian tanaman padi yang dapat menghasilkan 3 kali panen dalam setahun. Artinya, sawah yang akan produktif kembali sebagai sumber penghasilan masyarakat. (h/mjn)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM