Penertiban APK dan BK Pasaman Bersih 100 Persen


Selasa, 16 April 2019 - 09:51:34 WIB
Penertiban APK dan BK Pasaman Bersih 100 Persen Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Pasaman Rini Juita (tengah) menerima kinjungan Monitoring dan Patroli pencegahan politik uang dari Bawaslu Sumbar, di ruangan kerja Ketua Bawaslu Pasaman, Senin (15/4). YUHENDRA

PASAMAN, HARIANHALUAN.COM - Badang Pengawas Pemilu (Bawaslu) Pasaman pastikan penertipan Alat Peraga Kampanye (APK) dan Bahan Kampanyes telah bersih 100 parsen pada hari Senin (15/4) atau tepatnya H-2 pemilu 2019.

Dalam oporasi penertipan APK dan BK tersebut, 12 tim yang dibentuk oleh Bawaslu Pasaman sudah mengamankan puluhan ribu APK maupun BK yang terpajang di seluruh wilayah Pasaman.

"Sebelum memasiki masa tenang, Jumat kemarin kami telah lakukan kordinasi dengan fokopimda untuk melakukan penertipan APK. Berdasarkan hasil rapat tersebut, Bupati melalui Kesbangpol memerintahkan camat untuk ikut dan memfasilitasi penertipan APK dan BK, begitu juga dengan KPU, Kapolres dan Dandim juga memerintahkan jajaranya untuk ikut serta dalam penertipan tersebut," kata Ketua Bawaslu Pasaman, Rini Juita kepada Haluan saat dijumpai di ruangan kerjanya, Senin (15/4).

Dalam penertipan tersebut, pihaknya telah mengerahkan 915 pengawas TPS ditambah dengan Panitian Pengawas Lapangan (PPL) dan Penwas Cam, juga bersama dengan Kepala sekretariat paswascam disetiap kecamatan yang ada.
"Jumlah itu baru dari jajaran Bawaslu, di tambah juga dengan 915 KPPS atas intruksi dari KPU, serta Babinkhamtibmas dan Babinsa," kata Rini.

Rini mengatakan, berkat kerjasama tersebut pada hari Minggu atau hari pertama penertipan sudah 11 kecamatan yang dibersikan 100 parsen APK dan BK dari 12 kecamatan yang ada di Pasaman, yang tersisa hanya Kecamatan Lubuk Sikaping.

"11 kecamatan itu sudah selesai kemarin, dan hari ini di Lubuk Sikaping sendiri juga sudah selesai penertipannya. Alhamduliah semua APK dan BK di Kabupaten Pasaman sudah diturunkan semuanya," kata Rini.

Tidak hanya itu, pada Selasa (16/4) malam direncanakan pihak Bawaslu juga akan melakukan patroli pengawasan politik uang bersama dengan Bupati Pasaman, Kejaksaan Negeri, TNI dan Polri akan melakukan patroli bersama.

"Tadi kami sudah melakukan rapat untuk patroli bersama, besok (hari ini, red) pukul 15.00 kami akan berkumpul dikantor Bupati dan bergerak melakukan patroli bersman," katanya.

Lebih rinci Rini mejelaskan, dalam patroli tersebut kesbangpol akan menyediakan mobil dengan pengeras suara milik kominfo yang akan dipakai untuk patroli, pada patroli tersebut nantinya star di halaman kantor bupati pasaman di Kecamatan Lubuk Sikaping, hingga kecamatan Rao yang berbatasan langsung dengan Provinsi Sumatera Utara.

"Teknisnya sepanjang jalan nanti kami akan menghimbau kepada masyarakat agar tidak ada lagi aktifitas kampaye di masa tenang, menghidari politik uang dan menyampaikan sanksinya apabila kedapatan melakukan politik uang tersebut. Kami juga mengimbau masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya di TPS pada esok harinya," kata Rini.

Diketahui, dalam patroli politik uang pada masa tenang, Bawaslu Provinsi Sumbar menurunkan 10 tim ke berbagai Kabupaten Kota, diman tim tersebut terdiri dari pihak bawaslu dan media. Sepuluh tim Bawaslu provinsi itu juga ikut melakukan patroli dengan tim patroli Kabupaten/Kota sesuai dengan wilayah kunjungan masing-masing tim tersebut. Selain patroli politik uang, pihak bawaslu juga melakukan pengawasan pendistribusian logistik pemilu hingga ke TPS, serta melakukan penertipan APK dan BK.

Pantauan Haluan, kawasan Pasaman khusunya di kecamatan Lubuk Sikaping beberapa waktu lalu memang dipadati APK dan BK peserta kampanye. Namun pada hari ini berdasarkan pantauan tidak ada satupun APK ataupun BK yang masih terpajang disepanjang jalan. (h/mg-hen/hel)

 





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM