Enam Caleg di Solok Terindikasi Politik Uang


Rabu, 17 April 2019 - 07:12:53 WIB
Enam Caleg di Solok Terindikasi Politik Uang Ketua Bawaslu Kota Solok,Triati SPd

SOLOK, HARIANHALUAN.COM- Aroma politik uang semakin merebak di Kota Solok. Dari informasi di lapangan atau o?a lapau setidak tidaknya sudah enam caleg yang ketahuan melakukan politik transaksional ini.
Dari enam caleg itu, tiga diantaranya pernah tercatat sebagai anggota DPRD Kota Solok. Dari enam caleg itu pula, tiga kasus memenuhi unsur politik uang. Bahkan satu diantarannya terjaring operasi tangkap tangan.
Ketua Bawaslu Kota Solok, Triati SPd membenarkan bahwa telah terjadi operasi tangkap tangan oleh jajaran Polres Solok Kota.
"Memang benar ada caleg yang tertangkap tangan melakukan politik uang,"ujar Ttiati di Solok,Selasa (16/4).
Lebih jauh dikatakannya, secara aturan, kasus ini diserahkan ke Bawaslu Kota Solok untuk selanjutnya akan dibahas di sentra Tim Penegak Hukum Terpadu (Gakkumdu).
Triati sendiri tidak mau memberi tahu siapa çaleg yang terlibat serta kronologis kejadian. Alasannya, karena kasus ini masih dalam proses, maka barang bukti, tempat kejadian perkara penangkapan masih belum bisa diungkapkan, demi menjaga keamanan dan jùga kelengkapan bukti lainnya agar tidak hilang.
"Sekarang Gakkumdu sedang memproses kasus tersebut dan baru bisa dieksppose setelah Gakkumdu melaksanakan rapat gabungan,"tegas Triati.
Ditambahkannya, jika terbukti bersalah, para pelaku terancam Pasal 522 Undang-Undang Pemilu Nomor 7 tahun 2017. Yakni; “Setiap pelaksana peserta dan atau tim kampanye pemilu yang dengan sengaja menjanjikan atau memberikan uang atau materi lainnya sebagai imbalan kepada peserta kampanye Pemilu secara langsung ataupun tidak langsung, dipidana dengan pidana penjara paling lama 2 tahun dan denda paling banyak Rp 24.000.000 (dua puluh empat jta rupiah)”.(h/eri)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]