Partisipasi Pemilih Lapas Muaro Cuma 40 Persen


Rabu, 17 April 2019 - 17:30:27 WIB

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Meski sedang menjalankan hukuman, ratusan warga binaan di Lapas Kelas II A, Muaro Padang masih terlihat antusias untuk melakukan pemilihan umum (pemilu) pada Rabu (17/4). Buktinya dari jumlah total 970 warga binaan di Lembaga Permasyarakatan (Lapas) tersebut, terdapat sekitar 307 yang ikut memilih.

Kepala Lapas Klas IIA Muaro Padang, Arimin mengatakan, untuk memungut suara warga binaan tersebut, Lapas Padang bersama komisi pemilihan umum (KPU) Padang membuka dua TPS yakni, TPS 13 dengan jumlah DPT 113 dan TPS 14 sebanyak 207, dengan totalnya ada 320 pemilih.

"Selanjutnya dari 320 ini, 307 diantaranya warga binaan, kemudian sisanya petugas pangawas dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang bertugas di sana," ucapnya.

Ia katakan, hanya sekitar 40 persen yang ikut memilih di Lapas Muaro Padang. Hal tersebut mungkin dikarenakan rata-rata warga binaan ini, tidak mempunyai e-KTP, kalau adapun mungkin alamatnya tidak di Padang.

Dikatakan Arimin, kalau untuk panitia dalam penyelenggara pemungutan suara, yaitu dari petugas lapas. Sedangkan untuk keamanan sepanjang proses berlangsung dibantu oleh pihak Kepolisian, TNI, saksi-saksi dan panwas.

Sementara itu, Edi (35) salah seorang warga binaan di Lapas Kelas II A, Muaro Padang mengatakan, meski menjalani hukuman tapi masih bisa memilih, sehingga bisa menyuarakan isihatinya dan terasa dianggap.

"Saya merasa bangga diberikan kesempatan untuk bisa menyalurkan suara saya meskipun sedang menjalani hukuman," ujarnya.

Ia berharap agar kedepannya pemerintah bisa lebih bagus lagi dalam membuat Indonesia semakin maju dan bisa memberikan kesejahteraan kepada masyarakat. (h/mg-pmi)





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM