Soal Prabowo Unggul di Situs Resmi, KPU: Itu Belum Final


Kamis, 18 April 2019 - 01:05:47 WIB
Soal Prabowo Unggul di Situs Resmi, KPU: Itu Belum Final Komisioner KPU Viryan Azis

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menegaskan penghitungan suara di situs resmi pemilu2019.kpu.go.id belum final.

Situs resmi Pemilu 2019 itu mencatat keunggulan sementara Prabowo Subianto-Sandiaga Uno atas Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

"Kalau misalnya berkembang screenshot salah satu paslon, itu yang penting itu belum hasil final. Bahkan satu persen saja belum," kata Komisioner KPU Viryan Azis di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Rabu (17/4).

Viryan menyampaikan hasil yang tertera saat ini belum mencerminkan hasil final. Sebab hingga saat ini suara yang masuk baru 0,001648 persen dari total 813.350 TPS yang ada di Indonesia.

Dilansir dari CNN, Komisioner KPU Pramono Ubaid Tanthowi menyebut penghitungan suara akan terus berlanjut. Sebab data akan diserahkan secara bertahap dari daerah.

Setelah form C1 selesai dicatat, petugas TPS akan membuat beberapa salinan. Salah satu salinan dibawa ke Kantor KPU kota/kabupaten untuk dipindai. Lalu dikirim ke pusat untuk ditayangkan dalam situs resmi.

"Situng itukan berbasis C1 yang di-scan. Kalau berbasis C1 yang di-scan, kan harus menunggu proses penghitungan suara di TPS selesai," ujarnya.

KPU berulang kali menegaskan data penghitungan suara di situs pemilu2019.kpu.go.id resmi dari KPU. Namun KPU tak akan menetapkan hasil Pemilu 2019 dari hasil di situs tersebut.

KPU akan menetapkan hasil pemilu dari penghitungan suara secara fisik. Mereka akan merekapitulasi surat suara dari tingkat TPS hingga tingkat nasional pada rentang 17 April-22 Mei 2019.

Prabowo sebelumnya mengklaim telah memenangkan Pilpres 2019 dengan perolehan 62 persen suara. Menurut Prabowo, angka itu berdasarkan hasil real count di 320.000 TPS. (h/cnn)

 



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com


[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 09 Februari 2020 - 18:25:35 WIB

    Wah..! Sandiaga Angkat Bicara soal Perkara Andre Rosiade

    Wah..! Sandiaga Angkat Bicara soal Perkara Andre Rosiade JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Sandiaga Uno angkat bicara terkait Andre Rosiade yang menghadapi polemik penjebakan PSK online. Sandiaga menilai penggerebekan PSK itu bukan tugas anggota .
  • Sabtu, 25 Januari 2020 - 14:35:19 WIB

    Menhan Malaysia Curhat pada Prabowo, Soal Apa?

    Menhan Malaysia Curhat pada Prabowo, Soal Apa? JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Menteri Pertahanan Malaysia Mohamad Sabu mengatakan penyanderaan nelayan Indonesia yang terjadi berulang kali oleh kelompok Abu Sayyaf di perairan Sabah yang berbatasan dengan Filipina menjadi sala.
  • Kamis, 19 Desember 2019 - 13:17:29 WIB

    PD ke Jokowi: Silakan Tuan Perintahkan Usut, Soal Apa?

    PD ke Jokowi: Silakan Tuan Perintahkan Usut, Soal Apa? JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Hinca Panjaitan meminta agar Presiden Joko Widodo (Jokowi) tak menyalahkan sejarah dengan menyalahkan pemerintah sebelumnya terkait kasus dugaan korupsi PT Asura.
  • Ahad, 15 Desember 2019 - 11:37:32 WIB

    MKD DPR Persilakan Andre Laporkan Istri Gubernur Sumbar soal 'Tembak Mati'

    MKD DPR Persilakan Andre Laporkan Istri Gubernur Sumbar soal 'Tembak Mati' JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Respons istri Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Nevi Zuariana, atas manuver Gerindra Sumbar menginisiasi hak interpelasi terhadap Gubernur Irwan Prayitno bikin heboh. Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD.
  • Kamis, 14 November 2019 - 09:22:02 WIB

    PA 212 Tanggapi Soal Ahok yang Akan Pimpin BUMN

    PA 212 Tanggapi Soal Ahok yang Akan Pimpin BUMN JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Persaudaraan Alumni 212 (PA 212) mempertanyakan kebijakan pemerintahan Presiden Joko Widodo yang berencana merekrut mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok untuk menempati jab.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM