Bawaslu Pessel Sebut Belum Terima Laporan Pelanggaran


Ahad, 21 April 2019 - 17:18:09 WIB
Bawaslu Pessel Sebut Belum Terima Laporan Pelanggaran Ketua Bawaslu Pessel Erman Wadison, saat mencek keberadaan surat suara di gudang logistik Painan. OKIS
PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Pasca penghitungan suara hingga masa rekapitulasi hasil Pemilu serentak 2019, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pesisir Selatan, terus melakukan pengawasan secara intensif di daerah itu.
 
Ketua Bawaslu Pessel, Erman Wadison mengatakan, pengawasan secara intensif merupakan salah satu antisipasi pihaknya dalam mencegah sejumlah bentuk pelanggaran. Hal itu, tak terkecuali terhadap peserta pemilu saja, namun juga bagi pelaksana pemilu yang diselenggarakan oleh KPU.
 
"Alhamdulillah, hingga kini pihak kami belum menerima laporan pelanggaran Pemilu. Kendati demikian, kami dari internal Bawaslu terus meningkatkan pengawasan secara intensif, yakni melakukan rekapitulasi suara tingkat kecamatan. Dan saat ini masih berlangsung," ucap Erman Wadison pada wartawan, Minggu (21/4).
 
Ia menjelaskan, secara teknis pihaknya melihat pelaksanaan rekapitulasi di daerah itu masih dalam kondisi aman dan terkendali. Baik itu, terkait adanya indikasi kecurangan maupun laporan dugaan pelanggaran yang masuk ke Bawaslu.
 
"Terkait indikasi adanya kecurangan tentu masyarakat bisa melihat dan melaporkan ke Bawaslu. Namun, secara kelembagaan kita belum menerima laporan tentang itu (pelanggaran). Dan hingga kini semua proses berjalan aman dan lancar," ujarnya.
 
Menurut dia, untuk mengintesifkan pengawasan pemilu di daerah itu, pihaknya terus mengawasi perkembangan pemilu sesuai aturan dan undang-undang yang berlaku. Baik itu pengawasan di tingkat kabupaten sampai pengawasan tingkat kecamatan dan nagari.
 
"Seluruh jajaran internal Bawaslu terus bergerak saat ini, baik itu dari Panwascam sampai pengawas pada masing-masing nagari di TPS. Pihak kami juga berkoordinasi dengan KPU, Polri, TNI, Pol PP, jika sewaktu-waktu terjadi kekeliruan dilapangan," katanya. 
 
Ia berharap, semua proses dapat berjalan dengan aman dan lancar hingga berakhirnya Pemilu 2019 ini. Menurut dia, semua pihak harus mentaati segala peraturan yang ada, baik itu dari penyelenggara, peserta, maupun masyarakat simpatisan.
 
"Kami berharap semua proses dapat berjalan dengan aman dan lancar. Sebab, kita sebagai warga negara yang baik harus mentaati segala aturan yang berlaku. Sementara petugas kami sudah menjalankan kewajibannya sesuai amanat undang-undang, bahkan sebagian mereka ada yang sakit karena bekerja full time dilapangan," tuturnya. (h/kis)
 
 

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 09 April 2020 - 15:45:20 WIB

    Bawaslu Agam Lakukan Aksi Solidaritas Donor Darah dan Bagi-bagi Masker

    Bawaslu Agam Lakukan Aksi Solidaritas Donor Darah dan Bagi-bagi Masker LUBUKBASUNG, HARIANHALUAN.COM - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Agam merayakan hari jadi yang ke ke-12 tahun dengan mengangkat tema Bangun Solidaritas Kebangsaan Melawan Covid-19. .
  • Kamis, 09 April 2020 - 14:10:56 WIB

    Bawaslu Pasaman Gelar Aksi Peduli Covid-19 Peringati Harlah 12 Tahun

    Bawaslu Pasaman Gelar Aksi Peduli Covid-19 Peringati Harlah 12 Tahun PASAMAN, HARIANHALUAN.COM - Jajaran Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, menggelar Aksi Peduli Covid-19 memperingati 12 tahun berdirinya lembaga keadilan Pemilu tersebut, Kamis (09/04)..
  • Rabu, 08 Januari 2020 - 22:38:53 WIB

    Komisioner Bawaslu Bukittinggi Kunjungi Kejari

    Komisioner Bawaslu Bukittinggi Kunjungi Kejari BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.COM - Komisioner Bawaslu Bukittinggi bersilaturahmi dengan Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Bukittinggi di ruang kerja Kajari Bukittinggi, Rabu (8/1) siang..
  • Jumat, 03 Januari 2020 - 23:39:19 WIB

    Bawaslu Solsel Surati Bupati dan Wabup Agar Tak Mutasi Pejabat

    Bawaslu Solsel Surati Bupati dan Wabup Agar Tak Mutasi Pejabat SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Solsel menyurati bupati dan wakil bupati setempat supaya tidak melakukan mutasi pejabat terhitung 8 Januari 2020. Hal ini disampaikan, Ade Kurnia Zelli selaku .
  • Senin, 15 Juli 2019 - 21:15:10 WIB

    Anggaran KPU dan Bawaslu Sumbar Akan Diakomodir 

    PADANG, HARIANHALUAN.COM - DPRD bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar mulai merancang Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Priorotas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) tahun 2020. Sejumlah poin strategis masuk dalam komposi.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]