Partisipasi Pemilih Sawahlunto Tembus Angka 80 Persen


Senin, 22 April 2019 - 15:53:45 WIB

SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Meski tahapan penghitungan suara pemilihan umum (Pemilu) serentak 2019 masih di tahapan rekap tingkat kecamatan, namun diperkirakan partisipasi masyarakat dalam Pemilu serentak 2019 menembus angka 80 persen.

“Kami yakin, partisipasi masyarakat dalam Pemilu kali ini menembus angka 80 persen. Secara pasti angka partisipasi belum bisa dipastikan, namun diyakini angkanya melebihi target nasional sebesar 80 persen,” ungkap Koordinator Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Sawahlunto, Rika Arnelia kepada Haluan, Senin (22/4).

Rika menambahkan, jika dibandingkan dengan partisipasi masyarakat saat Pilkada 2018 lalu, terbilang meningkat. Namun lanjutnya, angka partisipasi itu akan diketahui setelah rekapitulasi suara di tingkat kota rampung.

"Untuk jumlah pemilih Kota Sawahlunto, yang masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT) mencapai 45.778 orang," katanya.

 

Senada dengan Rika Arnelia, Koordinator Divisi Sosialisasi, Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia, KPU Sawahlunto, Desy Fardila, mengungkapkan dalam Pilkada Sawahlunto yang digelar 27 Juni 2018 lalu itu, angka partisipasi mencapai 77,8 persen.

"Meski di bawah 80 persen, partisipasi masyarakat kala itu juga melampaui angka yang ditargetkan secara nasional, dimana target partisipasi secara nasional ditargetkan di angka 75 persen," ujarnya.

Bagi Desy, capaian partisipasi yang diprediksi menembus target partisipasi nasional itu, tidak terlepas dari dukungan semua pihak. Tidak hanya KPU, Bawaslu, pemerintah, Polri, TNI, namun juga partai politik yang turut mendorong pemilih untuk menggunakan hak suara.

Sebelumnya, Ketua KPU Sawahlunto, Fadhlan Armey mengatakan, saat ini pihaknya bersama seluruh pihak yang terkait, tengah melakukan rekapitulasi suara di tingkat kecamatan, yang akan dilanjutkan rekapitulasi suara tingkat kota.

“Mudah-mudahan, seluruh tahapan Pemilu yang dilaksanakan ini berjalan dengan lancar tanpa kendala, sehingga keamanan dan kenyamanan masyarakat tidak terganggu. Insha Allah untuk rekapitulasi tingkat kecamatan dapat rampung Selasa (23/4),” tambah Fadhlan. (h/nto/hs)

 

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 14 Agustus 2020 - 14:16:16 WIB

    Mulyadi Menginspirasi Milenial Berpartisipasi Dalam Dunia Politik

    Mulyadi Menginspirasi Milenial Berpartisipasi Dalam Dunia Politik HARIANHALUAN.COM - Kesuksesan Calon Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mulyadi nampaknya memotivasi anak muda Minangkabau atau akrab disapa milenial untuk ikut serta membangun tanah kelahiran dengan terjun ke dunia politik..
  • Selasa, 02 Juni 2020 - 18:32:41 WIB

    Sensus Penduduk Akhir Mei, Baru 921 Ribu Warga Sumbar yang Berpartisipasi

    Sensus Penduduk Akhir Mei, Baru 921 Ribu Warga Sumbar yang Berpartisipasi HARIANHALUAN.COM - Pelaksanaan Sensus Penduduk 2020 secara online yang dilaksanakan sejak 15 Februari 2020 lalu resmi berakhir pada 29 Mei 2020 ini. Setelah melakukan verifikasi dan validasi data, Badan Pusat Statistik (BPS) .
  • Ahad, 22 Maret 2020 - 18:26:56 WIB

    DLH Sumbar Ajak Masyarakat Ikut Berpartisipasi Pulihkan Lahan Bekas Tambang

    DLH Sumbar Ajak Masyarakat Ikut Berpartisipasi Pulihkan Lahan Bekas Tambang PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sumbar berencana memulihkan lahan bekas tambang di Kecamatan Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman sebagai objek wisata Balah Hilia. Saat ini lahan seluas 4,2 hektare .
  • Selasa, 14 Mei 2019 - 10:04:19 WIB

    Partisipasi Pemilu Sumbar 79,6 Persen

    Partisipasi Pemilu Sumbar 79,6 Persen Pelaksanaan pemilu serentak yang baru pertama kali digelar sepanjang sejarah, dan efek ekor jas dari calon pada pilpres, memang menarik para pemilih untuk datang ke TPS menyalurkan hak suara. KHAIRUL FAHMI, PAKAR HTN UNAND.
  • Rabu, 09 Desember 2015 - 02:33:54 WIB

    KPU Padang Panjang Targetkan Partisipasi 77,5 persen

    PADANG PANJANG, HA­LUAN — Hari ini (9/12), Kota Padang Panjang siap menjalankan pemilihan ke­pala daerah serentak. Ko­misi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padang Pan­jang menurunkan 820 ang­gotanya di dua ke­camatan, 16 kel.

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]