Caleg Stres Bisa Berobat ke RSJ Pakai BPJS


Selasa, 23 April 2019 - 11:37:46 WIB
Caleg Stres Bisa Berobat ke RSJ Pakai BPJS Penghitungan suara.

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Para calon legislatif stres akibat kalah dalam Pileg 2019 di Provinsi Riau bisa berobat ke Rumah Sakit Jiwa Tampan, Pekanbaru dengan menggunakan BPJS Kesehatan. Namun, pengobatan maupun perawatannya ditentukan sesuai kelas yang didaftarkan dalam BPJS Kesehatan.

"Tinggal pilih kelas berapa, kalau pakai kartu jaminan (BPJS) akan sesuai dengan kelasnya," kata Direktur Utama RSJ Tampan, Hasnelly Djuita, Selasa (23/4) dikutip dari Antara.

Mengenai ketersediaan sumber daya manusia, ia menjelaskan ada satu dokter spesialis jiwa anak dan remaja di fasilitas tersebut. Selain itu ada lima psikiater yang bisa jadi rujukan konsultasi bagi caleg stres ketika berobat ke RSJ Tampan.

Selain itu, RSJ Tampan juga menjamin kerahasiaan data dan identitas caleg yang menjadi pasien.

"Identitas (pasien) wajib dijaga, itu rahasia medik. Ada peraturannya, di undang-undang sudah ada," katanya.

Ia mengatakan tidak menyiapkan ruang khusus untuk caleg stres di fasilitas kesehatan milik Pemprov Riau tersebut. Pada prinsipnya, lanjut Hasnelly, RSJ Tampan akan selalu siap menerima pasien.

"Kita harus selalu siap menerima pasien, siapa pun pasien tidak boleh ditolak," ujarnya.

RSJ Tampan merupakan fasilitas kesehatan di bawah naungan Pemprov Riau yang berlokasi di Jalan HR Soebrantas, Pekanbaru. Selain menjadi satu-satunya rumah sakit di Riau yang merawat pasien sakit jiwa, RSJ Tampan juga terdapat layanan rehabilitasi narkoba atau Napza.

Lembaga kesehatan ini juga menjadi tempat paling ramai jelang pesta demokrasi, karena jadi tujuan bakal caleg untuk mendapatkan surat keterangan kesehatan jiwa sebagai syarat untuk mengikuti Pileg 2019. Diketahui RSJ Tampan sudah mengeluarkan lebih dari 2.000 surat keterangan kesehatan jiwa selama jelang pileg. (h/cnn/hs)





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 12 Juni 2019 - 00:01:23 WIB

    Biaya Kampanye, Caleg PPP Ini Mengaku Terima Rp 41,4 Juta dari Kepala Kantor Kemenang 

    Biaya Kampanye, Caleg PPP Ini Mengaku Terima Rp 41,4 Juta dari Kepala Kantor Kemenang  JAKARTA, HARIANHALUAN.COM-Sekitar Rp41,4 juta  untuk biaya  kampanye dirinya sebagai caleg PPP, diterima  Abdul Wahab  dari Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gresik Muh Muafaq Wirahadi ..
  • Selasa, 14 Mei 2019 - 22:39:25 WIB

    Banyak Wajah Baru, Ini Dia Caleg Sumbar yang Melenggang ke Senayan

    Banyak Wajah Baru, Ini Dia Caleg Sumbar yang Melenggang ke Senayan PADANG, HARIANHALUAN.COM – Meski sempat molor dan berjalan alot, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbar telah tuntas menyelesaikan rekapitulasi suara pemilu 2019 pada Minggu (12/5). .
  • Rabu, 24 April 2019 - 14:38:29 WIB

    Pengobatan Caleg Stres Ditanggung BPJS Kesehatan

    Pengobatan Caleg Stres Ditanggung BPJS Kesehatan PASAMAN, HARIANHALUAN.COM - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan akan menanggung biaya pengobatan bagi calon legislatif (caleg) yang stres dan depresi karena kalah dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2019. Demikian .
  • Senin, 22 April 2019 - 11:48:05 WIB

    Caleg dan Petugas di TPS dan PPK yang Curang Bisa Dipidana

    Caleg dan Petugas di TPS dan PPK yang Curang Bisa Dipidana JAKARTA,HARIANHALUAN.COM - Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mengingatkan Panitia Pemungutan Suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) agar senantiasa bekerja secara profesional, sesuai dengan ketentuan peraturan perundangan. Karen.
  • Rabu, 17 April 2019 - 07:12:53 WIB

    Enam Caleg di Solok Terindikasi Politik Uang

    Enam Caleg di Solok Terindikasi Politik Uang SOLOK, HARIANHALUAN.COM- Aroma politik uang semakin merebak di Kota Solok. Dari informasi di lapangan atau o?a lapau setidak tidaknya sudah enam caleg yang ketahuan melakukan politik transaksional ini..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM