OMZETPEDAGANG PASAR ATAS MENURUN

Kondisi Pasar Penampungan Tak Nyaman


Selasa, 23 April 2019 - 17:28:05 WIB

BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.COM - Pedagang Pasar Atas Bukittinggi mengalami penurunan omset cukup besar semenjak berjualan di pasar penampungan. Selain berkurangnya daya beli masyarakat, penurunan omset tersebut juga disebabkan oleh kondisi pasar penampungan yang dinilai tidak nyaman untuk pedagang dan pembeli.

"Ukuran kios penampungan ini sangat sempit, cuma 1.5 m x 2 m. Jangankan untuk memajang, menaruh semua barang dagangan saja tidak memadai. Padahal untuk menarik minat pembeli barang dagangankan harus dipajang sebagus mungkin," kata salah seorang pedagang mukena kepada Haluan, Senin (24/8).

Selain itu lanjut pedagang yang tidak mau disebutkan namanya, sempitnya kios juga berimbas kepada sempitnya akses jalan pasar penampungan.

"Karena kios sempit, mayoritas pedagang memajang barang dagangan di luar kios, sehingga menyebabkan sempitnya jalan. Jalan sempit, gimana pembeli mau masuk. Alhasil, pembeli enggan untuk berbelanja di pasar penampungan ini," katanya.

Sementara itu, pedagang lainnya juga mengeluhkan tidak nyamannya penampungan pasar atas Bukittinggi. Menurut salah seorang pedagang baju, sirkulasi udara yang kurang baik di pasar penampungan, membuat para pembeli tidak betah untuk berlama-lama. Ia mengaku, sejak berjualan dipasar penampungan, omsetnya merosot hingga 70 persen.

"Saat panas terik, suhu didalam sini sangat panas. Belum lagi penempatan pedagang yang dicampur. Bau dari barang dagangan yang bermacam-macam, membuat para pembeli tidak betah berbelanja," jelasnya.

"Ada beberapa teman yang sudah gulung tikar, ada juga yang beralih profesi menjadi ojek on line. Saya saja satu bulan ini belum ada penjualan. Kalau harus lebih lama lagi bertahan dipasar penampungan ini, jujur saya tidak sanggup," keluh ibu lima orang anak itu.

Para pedagang berharap, pembangunan kembali pasar atas bisa dikebut dan segera rampung, sehingga mereka bisa kembali berjualan dengan normal. Pedagang juga berharap, pertokoan yang baru dibangun jauh lebih luas dan lebih nyaman dari pertokoan sebelumnya, agar para pembeli kembali berdatangan dan nyaman berbelanja.(h/wet)

 



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 21 Mei 2019 - 14:58:57 WIB

    Pemkab Tanah Datar Paparkan Kondisi Kesehatan Daerah

    Pemkab Tanah Datar Paparkan Kondisi Kesehatan Daerah TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM - Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS) adalah gejala akibat kerusakan fungsi kekebalan tubuh yang disebarkan Human Immunodeficiency Virus (HIV) dimana virus merusak sistem pertahanan tubuh .
  • Rabu, 16 Januari 2019 - 13:42:00 WIB

    Cek Kondisi Sarana-Prasarana Mitigasi di Sumbar!

    Cek Kondisi Sarana-Prasarana Mitigasi di Sumbar! PADANG, HARIANHALUAN.COM – Terkait hilangnya sejumlah aset penunjang di dua Tempat Evakuasi Sementara (TES) atau shelter utama di Tabing dan Ulak Karang, Kapolsek Padang Utara, Kompol Zulkafde melalui Kanit Reskrim Iptu SH..
  • Rabu, 09 November 2016 - 00:05:02 WIB
    KAMPUNG DI ATAS AWAN MEMPESONA

    Kondisi Jalan Rusak Parah

    Kondisi Jalan Rusak Parah PAINAN,HALUAN — Kondisi ruas jalan kabupaten yang menghubungkan Kenagarian Asam Kumbang menuju kenagarian Limau Gadang, kecamatan Bayang Utara, semakin parah. Padahal kawasan ini di kenal wisatawan dengan julukan “.
  • Rabu, 15 Juni 2016 - 16:32:06 WIB

    Kondisi Kejiwaan Pelaku Injak Alquran Masih Normal

    Kondisi Kejiwaan Pelaku Injak Alquran Masih Normal PASBAR, HALUAN -- Untuk sementara berdasarkan pemeriksaan polisi, sebut Kasat Reskrim Polres Pasbar AKP Rico Pernanda, Rabu (15/6), pelaku iseng untuk menambah koleksi foto-foto pribadinya..
  • Senin, 13 Juni 2016 - 17:24:02 WIB

    Kondisi Jalan Maek Mengkhawatirkan

    Kondisi Jalan Maek Mengkhawatirkan LIMAPULUH KOTA, HALUAN- Masyarakat Nagari Maek, Kecamatan Bukik Barisan meminta perbaikan jalan Andiang-Maek yang kini sudah banyak yang terban dan rawan bahaya kecelakaan lalulintas. Bila kondisi ini dibiarkan berlarut-larut.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM