Tiga Geopark Sumbar Siap Diajukan Sebagai Global Geopark


Kamis, 25 April 2019 - 11:27:02 WIB
Tiga Geopark Sumbar Siap Diajukan Sebagai Global Geopark Sisi lain keindahan Geopark Sianok-Maninjau. DNJ

PADANG, HARIANHALUAN.COM — Pasca ditetapkan sebagai Geopark Nasional , tiga Taman Bumi atau Geological Park Sumbar, yakni Silokek, Ngarai Sianok-Maninjau, dan Sawahlunto rencananya juga bakal dipersiapkan untuk menjadi Global Geopark Network (GGN).

"Saat ini kami tengah mempersiapkan wacana untuk mengajukan tiga geopark Sumbar ke UNESCO untuk menjadi GGN. Oleh karena itu, kami sangat berharap dukungan dari berbagai pihak, termasuk pemerintah daerah tempat ketiga geopark tersebut berada," ujar Gubernur Sumbar usai menghadiri Sosialisasi Peraturan Presiden Nomor 9 Tahun 2019 yang digelar di Hotel Mercure, Rabu (24/4).

Keberadaan geopark di Sumbar, ucapnya, dapat mendukung program pariwisata berkelanjutan yang saat ini tengah gencar dilakukan oleh Pemprov Sumbar. Apabila nantinya lolos dan ditetapkan sebagai GGN, maka otomatis sektor pariwisata di Sumbar juga akan semakin berkembang.

"Geopark diharapkan akan mampu menarik para wisatawan untuk berkunjung ke Sumbar. Dengan banyak wisatawan, tentu dengan sendirinya perekonomian di Sumbar juga ikut menggeliat. Hal inilah yang menjadi tujuan utama kami," ucap Irwan.

Sementara itu, Deputi Kemaritiman Sekretariat Kabinet, Agustina Murbaningsih yang juga berkesempatan hadir mengatakan, geopark merupakan kawasan yang memiliki unsur-unsur geologi, di mana dalam program pengembangannya masyarakat setempat juga berperan untuk melindungi dan meningkatkan fungsinya.

"Saat ini Indonesia telah memiliki dua geopark dengan status UNESCO Global Geopark, yakni Geopark di Bali dan Geopark Gunung Sewu di Jawa Tengah dan DI Yogyakarta. Kami berharap ke depan akan muncul geopark-geopark lain yang mampu mengikuti jejak kedua geopark tersebut," ujarnya.

Ia menuturkan, dengan diterbitkannya Peraturan Presiden Nomor 9 Tahun 2019 tentang Pengembangan Taman Bumi (Geopark), diharapkan bisa menjadi pefomon bagi pemerintah daerah untuk mengembangkan dan merawat geoparknya.

"Di dalam geopark terkandung berbagai kekayaan hayati dan geologi yang perlu dijaga dan dirawat sebaik mungkin. Sehingga penting bagi semua pihak untuk bersama-sama melestarikan geopark," ujarnya. (d/mg-dan)





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 20 Desember 2016 - 00:01:53 WIB

    Hanya Tiga Puskemas di Riau yang Terakreditasi

    Pekanbaru, Haluan — Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Andra Sjafril menyebutkan hanya tiga Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskemas) yang terakreditasi dari 211 puskesmas yang ada di daerah dengan julukan “Bumi Lancang Kun.
  • Kamis, 08 Desember 2016 - 01:04:50 WIB

    Pemko Batam Hentikan Tiga Proyek Pembangunan

    Batam, Haluan — Pemerintah Kota Batam menghentikan tiga proyek pembangunan oleh pihak swasta yang dianggap berpotensi menyebabkan banjir, setelah serangkaian evaluasi yang dilakukan tim khusus..
  • Rabu, 23 November 2016 - 00:47:10 WIB
    KASUS REKENING GENDUT DI DISDIK ROHIL

    Tiga Pejabat Tersangka

    PEKANBARU, HALUAN — Setelah melakukan rangkaian proses penyidikan, penyidik Pidana Khusus Kejaksaan Tinggi Riau akhirnya menetapkan tiga orang tersangka kasus dugaan rekening gendut di Dinas Pendidikan Kabupaten Rokan Hilir.
  • Selasa, 11 Oktober 2016 - 01:33:20 WIB
    SP3 KASUS KEBAKARAN HUTAN

    Tim Investigasi Mabes Polri Sampai di Pekanbaru

    PEKANBARU, HALUAN — Markas Besar Kepolisian Negara Republik Indonesia diketahui telah mem­bentuk Tim Investigasi terkait pener­bitan Surat Perintah Penghentian Penyidikan (SP3) atas 15 perusahaan yang diduga terlibat kasu.
  • Rabu, 28 September 2016 - 02:00:36 WIB

    Tiga Wilayah di Pekanbaru Rawan Begal

    PEKANBARU, HALUAN — Te­rung­kapnya komplotan begal sadis di wilayah Kecamatan Tenayan Raya, Pekanbaru, Riau, menambah daftar lokasi rawan kejahatan di wilayah hukum Polresta Pekan­baru..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM