Kasus Narkoba, Polda Sumbar Bekuk Tujuh Pelaku


Kamis, 25 April 2019 - 19:39:50 WIB
Kasus Narkoba, Polda Sumbar Bekuk Tujuh Pelaku Pers rilis pengungkapan kasus narkoba di wilayah hukum Polda Sumbar. PERI MUSLIADI.

PADANG, HARIANHALUAN.COM-Selama April 2019 ini, Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Sumbar, sudah menangkap tujuh orang pelaku penyalahgunaan narkoba. Dari tujuh pelaku satu orang diantaranya seorang mahasiswa disalah satu perguruan tinggi di Padang.

Wakil Direktur Reserse Narkoba (Wadirnarkoba) Polda Sumbar, AKBP Rudy Yulianto mengatakan, seorang mahasiswa yang diamankan oleh pihaknya tersebut berinisial IE (26). Pelaku ini juga bekerja sebagai operator disebuah warnet di wilayah Lubuk Kilangan (Luki).

"Pelaku IE warga Cupak Tangah, Padang ini kami tangkap pada Sabtu (20/4) sekitar 18.15 WIB, di Simpang Patai, Kelurahan Padang Besi, Padang. IE kami tangkap karena mengedarkan narkoba jenis ganja. Dari penangkapan pelaku kami menyita barang bukti dua paket ganja dengan berat bersih sekitar 2031,75 gram," ungkap Rudy saat press rilis di Mapolda Sumbar, Rabu (25/4).

Dikatakan Rudy, pengakapan IE ini dilakukan dengan cara undercover buy. Pihaknya melakukan penyamaran dengan cara berpura-pura membeli baramg haram tersebut. Selanjutnya berjanji bertemu dengan IE di lokasi yang dijanjikan.

 "Saat itu IE datang dengan mengendarai sepeda motor dan membawa tas hitam yang berisi ganja. Setelah melihat barang bukti, kami langsung menangkap pelaku," kata Rudy lagi.

Sementara itu Rudy juga menjelaskan, dalam kuruan waktu April 2019 ini, pihaknya sudah menangkap tujuh orang pelaku penyalahgunaan narkoba di wilayah hukum Polda Sumbar, seperti di daerah Padang dan Kabupaten Padang Pariaman.

Tujuh pelaku yang ditangkap yaitu pemakai dan pengedar narkoba jenis sabu, ganja dan pil ekstasi."Masing-masing pelaku yang kami tangkap yaitu, YI (31) pedagang ikan, beralamat di kelurahan Rimbo Kaluang, Padang. YI kami tangkap di Kelurahan Surau Gadang Nanggalo, Padang, pada Kamis (11/4) sekitar 21.00 WIB. Dari penangkapan pelaku YI kami mengamankan tujuh butir pil ekstasi dan sabu dengan berat 2,11 gram," ucapnya.

Kemudian pelaku berinisial TA (28) seorang juru parkir dan MI (25) pekerja swasta. Ditangkap pada Jumat (12/4) yakni pada pukul 00,15 di depan Taman Makam Pahlawan Lolong Padang. Dari keduanya didapati barang bukti sembilan paket sabu seberat 66,49 gram, 3 hp dan timbangan.

Penangkapan selanjutnya, terhadap pelaku DC (44) kesehariannya menjadi buruh harian lepas yang ditangkap pada 15.30 WIB, di Lubuak Tarok Bungus, Teluk Kabung, Padang, barang bukti yang didapat dari penangkapan pelaku 950,05 gram sabu.

Seterusnya, pihak kepolisian melakukan penangkapan terhadap IR (44) pada Jumat (19/4), warga Tiku Selatan, Kabupaten Agam. IR ditangkap di Pasar Baru Gasan Gadang, Kabupaten Padang Pariman. Barang bukti yang diamankan satu paket sabu seberat 63,24 gram.

Dijelaskan Rudy, pada Sabtu (20/4) sekitar 15.30 WIB, pihaknya kembali mengamankan warga Cempaka Indrung, Padang, berinisial RN (36) pelaku ditanggkap didekat rumahnya. Dari tangan pelaku ditemukan satu paket besar ganja berbungkus lakbat kuning, satu paket sedang, dua paket kecil dengan total 566,37 gram ganja."Dari tujuh pelaku yang ditangkap ini, total barang bukti yang didapat sekitar 2598,12 gram ganja, 1081,89 gram sabu, dan tujuh butir pil ekstasi," ucapnya.

Rudy mengungkapkan, kepada tujuh pelaku ini, akan disangkakan Undang-undang nomor 35 tahun 2009 Pasal 114 ayat (1) dan (2) subsider Pasal 111 ayat (1) dan (2), Pasal 112 ayat (1) dan (2) tentang Narkotika dengan ancaman maksimal hukuman mati atau 20 tahun penjara.

Hal lain sebut Rudy, penangkapan yang dilakukan ini merupakan operasi dalam mengamankan kamtibmas menjelang bulan suci Ramadan terkait penyalahgunaan narkoba di wilayah hukum Polda Sumbar, guna untuk bergerak cepat dalam mengoptimalkan pencegahan narkoba. "Kalau April ini ganja yang paling besar diungkap. Tapi kami masih akan terus melakukan pengembangan untuk memberantas narkoba hingga ke akar-akarnya, khususnya di wilayah hukum Polda Sumbar," ujar Rudy. (d/mg-pmi)





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM