Raih Suara 13 Ribu Lebih, PKS Kuasai Payakumbuh


Kamis, 25 April 2019 - 20:51:15 WIB
Raih Suara 13 Ribu Lebih, PKS Kuasai Payakumbuh

PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM - Menjelang dilakukannya rekapitulasi suara Pemilu tingkat kota sampai saat ini proses penghitungan suara masih berlangsung  ditingkat kecamatan. Meski penghitungan suara hasil Pemilu tersebut belum final tetapi berapa jumlah suara yang diperoleh partai politik di Kota Payakumbuh sudah bisa ditentukan.

Yaitu dengan adanya entri data yang terpajang di website resmi KPU. Ketua KPU Kota Payakumbuh, Haidi Mursal mengatakan, data perolehan suara yang diinput pada website resmi KPU merupakan data asli dari salinan C1 diseluruh TPS yang ada.

"Data sudah diinput 100 persen. Hasil data yang dientri, tidak jauh beda dengan data hitungan secara manual yang saat ini masih berlangsung. Data yang dientri tersebut merupakan salinan dari C1,"ucap Hadi Mursal pada Kamis (25/4) sore.

Ketika ditelusuri pada website resmi KPU, PKS merupakan partai peraih suara tertinggi. Dari ketiga Daerah Pemilihan (Dapil) di 341 TPS, PKS meraup sebanyak 13.702 suara. Suara tersebut, masing-masing 5.816 suara di Dapil Payakumbuh Barat, 4.519 suara di Dapil Payakumbuh Utara dan Lamposi serta 3.367 suara di Dapil Payakumbuh Timur dan Selatan sekaligus unggul diseluruh Dapil.

Kemudian disusul Partai Gerindra sebanyak 10.366 suara dan terbanyak tiga diperoleh Partai Demokrat dengan 7.944 suara. Terdiri dari 4.224 suara di Dapil Payakumbuh Barat, 3.271 suara di Dapil Payakumbuh Utara dan Latina serta 2.752 suara di Dapil Payakumbuh Timur dan Selatan.

Sedangkan, partai pemenang Pemilu di Payakumbuh saat  Pileg 2014 yaitu Partai Golkar, peraih suara terbanyak empat dengan perolehan 6.882 suara. Terdiri dari 1.338 suara di Dapil Payakumbuh Barat, 2.680 suara di Dapil Payakumbuh Utara dan Latina serta 2.871 di Dapil Payakumbuh Timur dan Selatan.

PAN diposisi terbanyak lima dengan perolehan 6.248 suara. Disusul PPP terbanyak enam dengan perolehan 4.955 suara, kemudian Partai Nasdem terbanyak ke tujuh dengan perolehan  4.123 suara.

Peraih suara terbanyak ke delapan, yaitu PKB dengan perolehan 3.811 suara. Terbanyak ke sembilan yaitu PDIP sebanyak 3.593. Disusul PBB diposisi terbanyak ke sepuluh dengan perolehan 3.348 suara. 

Partai pendatang baru di Pileg 2019, yaitu Partai Berkarya berada diposisi terbanyak ke sebelas dengan perolehan 3.220 suara. Disusul Partai Hanura diposisi terbanyak ke dua belas dengan perolehan 1.584 suara. PSI terbanyak ke tiga belas dengan perolehan 834 suara.

Tiga partai lainnya menjadi  juru di Kota Payakumbuh yakni Perindo, Garuda dan PKPI dengan masing-masing perolehan 507 suara, 141 suara dan 15 suara.

Terkait perolehan suara, KPU belum memastikan kapan dilakukannya rekapitulasi tingkat Kota Payakumbuh untuk menetapkan hasil suara Pemilu tersebut. "Untuk rekapitulasi tingkat kota, belum kita tetapkan kapan jadwalnya,"ucapnya lagi.

Sementara itu, Badan Pengawas Pemilu Kota Payakumbuh terus melakukan pengawasan Pemilu terutama saat penghitungan suara yang dilakukan di masing-masing kantor kecamatan. Tak hanya itu saja, meski Pemilu telah usai, Bawaslu tetap  penindakan terhadap pelanggaran Pemilu.

"Ada satu laporan terkait politik uang. Laporan ini masih dalam proses kita,"tegas Muhammad Khadafi Ketua Bawaslu Kota Payakumbuh. Dugaan pelanggaran tersebut, katanya, yaitu adanya pemberian berupa uang dari calon legislatif ke pemilih beserta adanya kartu nama calon legislatif yang bersangkutan. "Dalam waktu dekat, status laporan ini akan ditetapkan,"ucap Khadafi. (h/ddg)





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM