Ketua DPR Imbau Masyarakat Kawal Proses Rekapitulasi Hasil Pemilu 


Jumat, 26 April 2019 - 19:09:17 WIB
Ketua DPR Imbau Masyarakat Kawal Proses Rekapitulasi Hasil Pemilu  Ketua DPR Bambang Soesatyo

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Untuk menghindari terjadinya kecurangan dalam Pemilu 2019, Ketua DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengimbau masyarakat untuk berpartisipasi dalam mengawal proses rekapitulasi hasil perolehan suara.

"Saya mengimbau kepada seluruh masyarakat agar terus berpartisipasi dalam mengawal jalannya proses rekapitulasi hasil Pemilu 2019 guna menghindari terjadinya kecurangan ataupun pelanggaran dalam proses tersebut," himbau Bamsoet dalam respon tertulisnya, Jumat (26/4/2019).

Baca juga :

Selama dalam proses rekapitulasi suara hasil pemilu, Bamsoet juga menghimbau masyarakat  untuk tetap tenang, tidak memprovokator dan tidak mudah terprovokasi oleh informasi yang belum diketahui kebenarannya.

Kemudian Bamsoet juga meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) meminta dan  para petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di seluruh wilayah agar segera menyelesaikan rekapitulasi hasil Pemilu 2019.

"Penghitungan suara secara nasional harus selesai paling lambat 35 hari setelah hari pencoblosan. Karena itu saya meminta KPU dan Bawaslu serta seluruh anggota KPPS agar segera menyelesaikan rekapitulasi hasil penghitungan suara," mintanya.

Tidak lupa diingatkan politisi Golkar itu agar  KPU dan Bawaslu untuk terus melakukan pengawalan terhadap proses rekapitulasi yang dilakukan di tingkat Kabupaten/Kota dan Provinsi  serta untuk terus berkoordinasi dengan kepolisian dalam melakukan pengawasan dan pengawalan terhadap jalannya proses rekapitulasi di seluruh wilayah guna menjamin keamanan dan ketertiban selama pelaksanaan rekapitulasi berlangsung.

Dia meminta KPU dan Bawaslu bekerja sama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) untuk mengerahkan tim medis ke setiap kecamatan untuk dilakukan pemeriksaan kesehatan kepada petugas KPPS guna mencegah kejadian-kejadian seperti kelelahan hingga kematian yang menimpa petugas tidak terjadi kembali. (h/sam/hs)





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 14 November 2019 - 17:00:24 WIB

    Ketua DPP PAN Lulung Sebut Pemerintah Lebay, Ada Apa?

    Ketua DPP PAN Lulung Sebut Pemerintah Lebay, Ada Apa? JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Amanat Nasional (PAN) Abraham Lunggana alias Lulung menilai pemerintahan Jokowi terlalu berlebihan memantau akun media sosial para calon pegawai negeri sipil (CPNS.
  • Rabu, 13 November 2019 - 16:10:13 WIB

    Rusdy Nurman dari Demokrat, Resmi Jabat Wakil Ketua II DPRD Bukittinggi

    Rusdy Nurman dari Demokrat,  Resmi Jabat Wakil Ketua II DPRD Bukittinggi BUKITTINGGI,HARIANHALUAN.COM- Sempat mengalami kekosongan selama 1 setengah bulan, kursi unsur pimpinan Wakil Ketua II DPRD Kota Bukittinggi resmi diisi oleh Partai Demokrat..
  • Ahad, 10 November 2019 - 17:59:57 WIB

    Sah! Anis Matta Jabat Ketua Umum Partai Gelora Indonesia

    Sah! Anis Matta Jabat Ketua Umum Partai Gelora Indonesia POLITIK, HARIANHALUAN.COM -- Inisiator Partai Gelora Indonesia Fahri Hamzah mengatakan Anis Matta telah ditunjuk sebagai ketua umum partai tersebut. Sementara jabatan wakil ketua umum dijabat oleh dirinya. Hal itu disampaikan.
  • Senin, 28 Oktober 2019 - 12:21:46 WIB

    Faldo Resmi Ketua DPW PSI Sumbar, Tiada Masalah bagi PAN

    Faldo Resmi  Ketua DPW PSI  Sumbar, Tiada Masalah bagi PAN PADANG, HARIANHALUAN.COM-Mantan Wakil Sekretaris PAN Faldo Maldini resmi berlabuh di PSI, bahkan langsung didapuk  jadi Ketua PSI Sumbar dan digadang-gadang sebagai Cagub Sumbar..
  • Ahad, 27 Oktober 2019 - 19:00:58 WIB

    Faldo Maldini Jadi Ketua DPW PSI Sumatra Barat

    Faldo Maldini Jadi Ketua DPW PSI Sumatra Barat PADANG, HARIANHALUAN.COM - Politikus muda asal Pesisir Selatan, Faldo Maldini resmi menjadi Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PSI Sumatra Barat. Ia resmi jadi ketua DPW setelah menerima langsung Surat Keputusan (SK) dari Sek.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM