Ketua DPR Imbau Masyarakat Kawal Proses Rekapitulasi Hasil Pemilu 


Jumat, 26 April 2019 - 19:09:17 WIB
Ketua DPR Imbau Masyarakat Kawal Proses Rekapitulasi Hasil Pemilu  Ketua DPR Bambang Soesatyo

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Untuk menghindari terjadinya kecurangan dalam Pemilu 2019, Ketua DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengimbau masyarakat untuk berpartisipasi dalam mengawal proses rekapitulasi hasil perolehan suara.

"Saya mengimbau kepada seluruh masyarakat agar terus berpartisipasi dalam mengawal jalannya proses rekapitulasi hasil Pemilu 2019 guna menghindari terjadinya kecurangan ataupun pelanggaran dalam proses tersebut," himbau Bamsoet dalam respon tertulisnya, Jumat (26/4/2019).

Baca juga :

Selama dalam proses rekapitulasi suara hasil pemilu, Bamsoet juga menghimbau masyarakat  untuk tetap tenang, tidak memprovokator dan tidak mudah terprovokasi oleh informasi yang belum diketahui kebenarannya.

Kemudian Bamsoet juga meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) meminta dan  para petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di seluruh wilayah agar segera menyelesaikan rekapitulasi hasil Pemilu 2019.

"Penghitungan suara secara nasional harus selesai paling lambat 35 hari setelah hari pencoblosan. Karena itu saya meminta KPU dan Bawaslu serta seluruh anggota KPPS agar segera menyelesaikan rekapitulasi hasil penghitungan suara," mintanya.

Tidak lupa diingatkan politisi Golkar itu agar  KPU dan Bawaslu untuk terus melakukan pengawalan terhadap proses rekapitulasi yang dilakukan di tingkat Kabupaten/Kota dan Provinsi  serta untuk terus berkoordinasi dengan kepolisian dalam melakukan pengawasan dan pengawalan terhadap jalannya proses rekapitulasi di seluruh wilayah guna menjamin keamanan dan ketertiban selama pelaksanaan rekapitulasi berlangsung.

Dia meminta KPU dan Bawaslu bekerja sama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) untuk mengerahkan tim medis ke setiap kecamatan untuk dilakukan pemeriksaan kesehatan kepada petugas KPPS guna mencegah kejadian-kejadian seperti kelelahan hingga kematian yang menimpa petugas tidak terjadi kembali. (h/sam/hs)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com


[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM