Lima Petugas Pemilu Solsel Sempat Tumbang


Senin, 29 April 2019 - 16:16:09 WIB
Lima Petugas Pemilu Solsel Sempat Tumbang Admi Munandar
SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM - Lima orang petugas pengawas Pemilu di Solok Selatan (Solsel) sempat 'tumbang' akibat mengalami kelelahan. Saat ini tengah diupayakan untuk mendapatkan bantuan ke Bawaslu Provinsi Sumbar. Hal ini seperti disampaikan Koordinator Sekretariat Bawaslu Solsel, Admi Munandar pada awak media, Senin (29/4).
 
Lima orang petugas Pemilu tersebut, imbuhnya saat ini sudah mengalami kesembuhan. Lima orang tersebut terdiri dari dua orang Pengawas TPS, dua orang Staff Bawaslu Solsel dan satu orang petugas Panwas Kecamatan. "Sebagai bentuk tindak lanjut, kami telah melaporkan ke Bawaslu Provinsi Sumbar. Semoga saja ada suatu bentuk bantuan terhadap petugas yang sempat mengalami kelelahan itu," ujarnya.
 
Admi Munandar mengatakan, untuk menstimulasi semangat petugas Pemilu pihaknya juga memberikan uang intensif lebih terutama disaat Pemungutan Suara Ulang (PSU) di Solsel. Uang tambahan berupa dana untuk transportasi PPL sebesar Rp125 ribu setiap perjalanan, dimana sampai 10 kali perjalanan. Dan untuk petugas Pengawas TPS diberikan tambahan uang makan sebesar Rp100 ribu saat PSU. "Ini sudah hasil koordinasi dengan provinsi dan disetujui," sebutnya.
 
Menurutnya, petugas Pemilu di Solsel tidak ada yang mengalami gangguan kesehatan yang memprihatinkan atau terjadi korban jiwa meninggal dunia. "Alhamdulillah, tidak ada dan proses Pemilu juga kondusif," ujarnya.
 
Pihaknya, sebetulnya sudah berupaya mengantisipasi hal itu jauh hari sebab tugas pengawasan adalah kerja marathon. "Stamina pengawas akan sangat diuji. Segala insentif, baik uang transportasi dan pengganti uang makan dikucurkan menjelang hari pemungutan suara. Supaya, stamina dan semangat bisa terjaga," katanya.
 
Kendati, imbuhnya, kegiatan dalam waktu lama, proses pemungutan suara yang disambung dengan penghitungan suara ternyata tetap membuat sejumlah personil petugas tumbang walaupun jumlahnya relatif sedikit. "Kami tetap merasa prihatin dengan keadaan itu. Pada saat PSU lalu, Bawaslu Solsel mengambil kebijakan untuk menambah insentif petugas. Semoga kejadian serupa kedepan tidak terulang," ucapnya. (h/jef)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com


[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 25 Februari 2020 - 17:45:48 WIB

    Pilwana Pasaman, Lebih dari Lima Calon Wajib Ikuti Fit and Proper Test 

    Pilwana Pasaman, Lebih dari Lima Calon Wajib Ikuti Fit and Proper Test  PASAMAN, HARIANHALUAN.COM -- Sebanyak 130 calon walinagari (Cawanag) jalani seleksi fit and propert tes di Kampus STAI YDI Lubuksikaping, Selasa (25/2). Mereka berasal dari 16 nagari dari total 24 nagari yang bakal menggelar .
  • Kamis, 20 Februari 2020 - 14:00:16 WIB

    Pasangan Duo Mas Serahkan 22.599 Dukungan ke KPU Limapuluh Kota

    Pasangan Duo Mas Serahkan 22.599 Dukungan ke KPU Limapuluh Kota LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.COM -- Melangkah menuju proses pencalonan Bupati dan Wakil Bupati Limapuluh Kota, Maskar M Datuak Pobo-Masril menyerahkan berkas dukungan sebanyak 25.599 lembar dari seluruh kecamatan yang ada di .
  • Kamis, 26 Desember 2019 - 17:45:42 WIB

    Sembilan Kandidat Calon Bupati Limapuluh Kota Mendaftar ke Golkar

    Sembilan Kandidat Calon Bupati Limapuluh Kota Mendaftar ke Golkar LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.COM-Sejak dibukanya kran pendaftaran bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Limapuluh Kota di Partai Golkar, sudah banyak kandidat yang bertekad maju Pilkada merapat ke partai tersebut. Setidaknya, h.
  • Rabu, 20 November 2019 - 08:42:54 WIB

    Ini Lima Nota Kesepahaman Antara PKS dan Partai Berkarya

    Ini Lima Nota Kesepahaman Antara PKS dan Partai Berkarya JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Partai Berkarya bertemu dengan Partai Keadilan Sejahterah (PKS) di Gedung DPP PKS, Jakarta Selatan, Selasa (19/11). Sekretaris Jenderal DPP PKS Mustafa Kamal mengatakan, pertemuan antara partainya .
  • Ahad, 21 Juli 2019 - 20:01:27 WIB

    Dilantik 6 Agustus, Ini Dia Anggota DPRD Limapuluh Kota Periode 2019-2024

    Dilantik 6 Agustus, Ini Dia Anggota DPRD Limapuluh Kota Periode 2019-2024 LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.COM- Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Limapuluh Kota baru saja menetapkan perolehan kursi serta calon anggota dewan terpilih dari hasil Pemilu 17 April lalu. Penetapan tersebut digelar di aula kant.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM