KPK Geledah Ruang Kerja Mendag,  Sita   Dokumen  Impor Gula 


Senin, 29 April 2019 - 17:27:22 WIB
KPK Geledah Ruang Kerja Mendag,  Sita   Dokumen  Impor Gula  Kantor Kementerian Perdagangan. Net

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM- Tim Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggeledah ruang kerja Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita, Senin siang (29/4).  Dalam penggeledahan ini  penyidik  menyita sejumlah dokumen terkait perdagangan gula.

"Sejauh ini diamankan dokumen-dokumen terkait perdagangan gula," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah dalam keterangannya di Jakarta, Senin (29/4).

Febri mengatakan, KPK melakukan penggeledahan di Kantor Kementerian Perdagangan dan berhasil menyita sejumlah dokumen tersebut merupakan tahap penyelidikan dari fakta-fakta persidangan.

"KPK perlu lakukan penggeledahan hari ini untuk menindaklanjuti bebrapa fakta yang muncul selama proses penyidikan. Termasuk bukti-bukti yang relevan seperti dokumen-dokumen terkait di sana perlu kami cermati," kata Febri.

"Ini bagian dari proses verifikasi atas beberapa informasi yang berkembang di penyidikan," imbuhnya.

Beberapa hari sebelumnya, tersangka suap distribusi pupuk Bowo Sidik Pangarso (BSP) mengaku mendapatkan uang Rp 2 Miliar dari dalam pecahan Dollar Singapura dari Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita.

Dalam perkara ini, BSP menerima fee dari kerjasama pengangkutan pupuk antara PT Humpuss Transportasi Kimia (HTK) dan PT Pupuk Indonesia Logistik (Pilog). 

KPK juga telah mengamankan uang sebesar Rp 8 miliar yang diduga untuk serangan fajar pencalegan BSP di Pemilu 2019. 
Selain Mendag Enggar, BSP juga pernah menyebut Kepala BNP2TKI, Nusron Wahid yang juga Badan Pemenangan Pemilu partai Golkar untuk Jawa dan Kalimantan. 

Sumber: RMOL
Editor: dody




Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 07 Juni 2019 - 21:39:40 WIB

    Komando Rutan KPK Disinggung Ombudsman saat Sidak Ditolak

    Komando Rutan KPK Disinggung Ombudsman saat Sidak Ditolak JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Ombudsman menilai garis komando di Rutan Kelas I KPK masih lamban dalam memutuskan sesuatu. Masalah ini diungkapkan Anggota Ombudsman Adrianus Meliala karena ditolak petugas keamanan saat akan mel.
  • Jumat, 07 Juni 2019 - 15:41:37 WIB

    Ombudsman Ditolak Saat akan Sidak ke Rutan KPK

    Ombudsman Ditolak Saat akan Sidak ke Rutan KPK JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Ombudsman melakukan inspeksi mendadak (sidak) pelayanan publik ke sejumlah lokasi. Ombudsman mendapat penolakan secara halus saat hendak melakukan sidak ke Rutan Kelas I KPK..
  • Rabu, 29 Mei 2019 - 23:08:16 WIB

    KPK Pastikan Usut Aliran Dana Suap Meikarta

    KPK Pastikan Usut Aliran Dana Suap Meikarta JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Jaksa Penuntut Umum Komisi Pemberantasan Korupsi, Yadyn memastikan, terungkapnya fakta hukum aliran suap Rp1 miliar proyek Meikarta kepada Sekretaris Daerah Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Iwa Karn.
  • Sabtu, 25 Mei 2019 - 14:13:58 WIB

    KPK Eksekusi Bupati dan 12 Anggota DPRD Malang

    KPK Eksekusi Bupati dan 12 Anggota DPRD Malang HARIANHALUAN.COM –Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah mengeksekusi Bupati Malang nonaktif Rendra Kresna dan 12 anggota DPRD Malang lainnya. Mereka dieksekusi setelah vonis majelis hakim berkekuatan hukum tetap..
  • Rabu, 01 Mei 2019 - 02:13:19 WIB

    KPK Jelaskan Kronologi Kasus Bupati Kepulauan Talaud

    KPK Jelaskan Kronologi Kasus Bupati Kepulauan Talaud JAKARTA, HARIANHALUAN.COM — Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjelaskan kronologi kasus Bupati Kepulauan Talaud Sri Wahyumi Maria Manalip (SWM) yang telah ditetapkan sebagai tersangka kasus suap terkait pengadaan barang/.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM