BPOM Mulai Sidak Pasar Pabukoan


Selasa, 07 Mei 2019 - 13:18:34 WIB

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) rencananya akan mulai melakukan inspeksi mendadak (sidak) pasar pabukoan. Dimulai dari Kota Padang, Selasa (7/5) diteruskan, Rabu (8/5) ke Pariaman, Jumat (10/5) ke Solok dan (13-14/5) ke Pasaman Barat.

Kepala BBPOM di Padang Martin Suhendri pada Haluan, Senin (6/5) menyebutkan bahwa sidak akan menyasar pada pasar pabukoan di beberapa titik keramaian. Mulai dari Pasar Raya Padang, pasar-pasar satelit, pinggir jalan dan titik lainnya.

"Kita periksa kandungan dan bahan yang digunakan. Mulai dari bahan pewarna yang digunakan, bahan-bahan makana dan minuman yang digunakan dan hal lainnya. Sementara itu, kita juga akan langsung melakukan edukasi soal bahaya menggunakan bahan yang bisa merusak kesehatan tersebut kepada pedagang," terang Martin.

Ia menyebutkan, dalam sidak tersebut BBPOM akan langsung bergabung dengan Dinas Perdagangan, Dinas Kesehatan dan pihak terkait lainnya. Untuk penagamananya juga akan menggandeng pihak kepolisian.

"Koordinsi kita dengan pihak terkait sudah dilakukan. Tinggal saat ini langsung terjun ke lapangan," sebutnya.

Martin juga menyampaikan, selain jajanam pabukoan pihaknya juga akan langsung melakukan sidak terjadap makanan kemasan yang sudah kadaluarsa.

"Semuanya akan berjalan sesuai daerah masing-masing. Kita bagi tim dan akan berlanjut ke daerah lainnya yang ada di Sumbar," tambah Martin.

Kepala Dinas Perdagangan Endrizal juga menyebutkan bahwa pengawasan rutin akan dilakukan selam bulan ramadan. Tidak hanya di pasar raya saja, namun juga di pasar satelit yang ada di kota pasang.

"Untuk gabungannya mungkin kami ke titik terbesar seperti pasar raya. Namun, setelah itu pengawasan akan terus dilanjutkan untuk titik lainnya selama bulan ramadan," kata Endrizal. 

 

Reporter: Rahma Winda

Editor: Heldi





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 30 Mei 2017 - 09:23:09 WIB

    BBPOM Padang akan Sidak Seluruh Pasar Pabukoan

    PADANG, HALUAN - Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Padang dipastikan akan melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah makanan yang dijual di Pasar Pabukoan di semua titik dan kecamatan yang menjajakan makanan dan mi.
  • Rabu, 20 Juli 2016 - 02:48:47 WIB

    BBPOM Periksa Sampel Makanan

    BBPOM Periksa Sampel Makanan PADANG, HALUAN—Tim gabungan dari Dinas Kesehatan, Dinas Pasar dan Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Padang memeriksa sampel makanan di Taman Kuliner di Simpang Jalan Sandang Pangan, Padang, Selasa (19/7). Pem.
  • Selasa, 28 Juni 2016 - 06:24:50 WIB
    Belum Ditemukan Di Sumbar

    BPOM dan Dinkes Pantau Peredaran Vaksin Palsu

    BPOM dan Dinkes Pantau Peredaran Vaksin Palsu PADANG, HALUAN — BP­OM Padang dan Dinkes Sum­bar turun ke lapangan setelah terkuaknya kasus peredaran vaksin balita palsu, pasca­penggerebekan yang dilaku­kan Direktorat Tindak Pidana Eko­nomi Khusus Bareskrim Pol­ri,.
  • Sabtu, 14 Mei 2016 - 05:17:41 WIB
    Selama Bulan Ramadan

    BPOM Awasi 11 Pasar Pabukoan

    BPOM Awasi 11 Pasar Pabukoan PADANG, HALUAN — Ramadan tinggal menghitung minggu, Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) RI Padang mengimbau masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan dalam mengonsumsi panganan selama Ramadan hingga lebaran..
  • Sabtu, 26 Maret 2016 - 13:06:22 WIB

    2015, BPOM Sita 10 Obat Berbahaya

    PADANG, HALUAN — Ba­lai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Pa­dang dalam operasinya sela­ma tahun 2015 temukan 10 macam obat dan makanan yang tidak mempunyai izin edar..

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM