Imbas Tiket Peswat Mahal, Pendapatan BIM Menurun


Jumat, 10 Mei 2019 - 15:57:40 WIB
Imbas Tiket Peswat Mahal, Pendapatan BIM Menurun BIM sepi penumpang. IST
PADANG, HARIANHALUAN.COM - Akibat tiket pesawat yang masih mahal, realisasi sampai dengan April 2019 angka pergerakan penumpang di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) hanya menyentuh 7000 sampai 8000 penumpang per hari. Angka tersebut turun cukup drastis dibnding tahun sebelumnya yiatu 11.000 pax lebih kurang dengan total pergerakan pesawat 84 per hari.
 
Dwi Ananda Wicaksana Executive General Manager PT Angkasa Pura II (Persero ) Cabang BIM, Jumat (10/5) mengungkapkan bahwa, sampai dengan April 2019 BIM mengalami penurunan dari sisi pendapatan sebesar lebih kurang 25 persen dari target RKA yang dicanangkan oleh korporasi.
 
"Angka ini diambil dari target sisi Aeronautika, yang diakibatkan menurunnya jumlah penerbangan dan jumlah penumpang yang mencapai 20 persen," katanya.
 
Dwi mengungkapkan, penurunan angka pergerakan tersebut jelas sangat besar pengaruhnya terhadap pendapatan BIM secara umum. Menyikapi hal ini, berbagai cara sudah dilakukan baik terhadap maskapai maupun bersama regulator. Memang kenyataannya tidak mudah untuk menghadapi keadaan seperti saat sekarang ini.
 
"Memasuki bulan Mei 2019 yang merupakan awal Ramadan, sebagaimana trend sebelumnya bahwa dua minggu pertama merupakan low season sehingga pergerakan penumpang di BIM semakin jauh turun ke angka 4000 pax rata rata per hari," ulas Dwi.
 
Dilanjutkannya, sedangkan untuk rute Internasional, sebenarnya cukup terbantu dengan tiga penerbangan regular yg load factor sangat baik serta adanya beberapa penerbangan charter Umroh.
 
"Harapan kita tentunya pada mudik lebaran ini jumlah penerbangan akan kembali normal sebagaimana tahun lalu sehingga dapat membantu pencapaian pendapatan BIM," tutur Dwi.
 
 
Reporter: Rahma Winda
Editor: HSP

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]