Banyak Dialog , Rekapitulasi Provinsi Diperpanjang Hingga Hari Ini


Sabtu, 11 Mei 2019 - 09:09:21 WIB
Banyak Dialog ,  Rekapitulasi  Provinsi  Diperpanjang Hingga Hari Ini

PADANG, HARIANHALUAN.COM—Rekapitulasi suara tingkat Provinsi Sumatera Barat, molor. Jadwal semula 8-10 Mei, namun karena banyaknya dialog dari pemangku kepentingan, tahapan ini diperpanjang hingga Sabtu (11/5) hari ini.

Pada hari ketiga rapat pleno, Jumat kemarin, KPU Sumbar menyelesaikan penghitungan di empat daerah yaitu Kabupaten Solok, Kabupaten Agam, Kota Bukittinggi dan Kota Solok.

"Secara keseluruhan, kami telah menyelesaikan 13 kabupaten dan kota pada rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan hasil perolehan suara pemilu tahun 2019 ini," kata Koordinator Divisi Teknis KPU Sumbar Izwaryani, di Pangeran Beach Hotel, Jumat (10/5).

Ia juga mengatakan, proses rekap yang biasanya dijadwalkan pukul 09:00 WIB hingga pukul 18:00 WIB, namun proses pada hari ketiga berlangsung hingga pukul 00:00 WIB. Kemudian untuk Sabtu (11/5), KPU akan berupaya untuk merampungkan seluruh rekapitulasi penghitungan perolehan suara semua daerah.

“Kita diberikan target dari pusat hingga Minggu (12/5) dan kita upayakan selesai besok (hari ini)  namun jika tidak terkejar tentu kita minta dispensasi kepada KPU RI,” ulasnya.

Menurutnya, KPU harus mengakomodir seluruh pemangku kepentingan terkait proses rekapitulasi ini. "Sebenarnya waktu yang diperlukan untuk pembacaan perolehan suara dan data serta perbaikan, rata-rata sekitar satu jam saja," ujarnya.

Namun waktu tersebut menjadi lebih lama karena munculnya dialog-dialog, sehingga proses pembacaan tertunda dan hingga proses rekapitulasi tidak sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.

Penyebab banyaknya dialog tersebut dikarenakan adanya perbedaan pendapat dan beberapa kesalahan yang terjadi ditingkap KPPS. Ia mengatakan rata-rata kesalahan yang dilakukan oleh KPPS adalah mengurangi DPT yang telah ditetapkan karena terjadi pencoretan. Seharusnya, jumlah DPT ditulis sesuai dengan yang telah ditetapkan walaupun terjadi pencoretan dan nanti akan diperbaiki otomatis oleh sidalih.“kebanyakan hal itu yang menjadi persoalan dan terjadi ketidakcocokan jumlah DPT yang ada,” kata Izwaryani.

 

Reporter : Rina

Editor : zef


 





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM