Tekan Inflasi, Pemko Payakumbuh Gelar Bazar Murah


Senin, 13 Mei 2019 - 15:42:28 WIB
Tekan Inflasi, Pemko Payakumbuh Gelar Bazar Murah Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz saat membuka operasi pasar bawang putih di Pasar Ibuh, Payakumbuh, Sabtu lalu (11/5). ARIE

PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM - Dalam rangka mengendalikan inflasi harga kebutuhan pokok, Pemko bakal menggelar bazar murah di beberapa titik  Kota Payakumbuh. Bazar murah diharapkan mampu meningkatkan daya beli masyarakat di tengah lonjakan harga pada Ramadan.

"Insya Allah kami akan gelar bazar murah di 6 titik mulai 15 Mei sampai 27 Mei. 1 titik di halaman balai kota, dan 5 titik di tiap kecamatan," ujar Asisten II Setdako Elzadaswarman, Senin (13/5).

Elzadaswarman yang akrab dipanggil Zed berharap bazar murah dapat memberikan angin segar kepada masyarakat karena barang yang dijual pada bazar tersebut disesuaikan dengan harga grosir.

"Distributor sudah diinstruksikan dan semua tim kecamatan memiliki patokan harga yang sama. Misalnya harga tepung Rp. 3000 maka tidak bisa dijual di kecamatan lain kurang atau lebih dari harga tersebut," tutur Zed.

Adapun barang yang akan dijual pada bazar murah nanti adalah beras, daging beku, gula curah, gula kemasan, tepung terigu, mie, telur, daging sapi, daging Ayam, sirup, dan sejumlah hasil produk pertanian. "Dinas Pertanian juga sudah menyiapkan 1 ton daging beku untuk didistribusikan saat bazar nanti," ucap Zed.

Selain bazar murah, Pemko Payakumbuh sebelumnya juga sudah melakukan operasi pasar untuk mengendalikan harga bawang putih. Berdasarkan pemantauan, terjadi inflasi yang mengkhawatirkan pada komoditas bawang putih yang mencapai harga Rp. 80.000 per kilogram.

"Lalu kemarin kami lakukan operasi pasar. Sebanyak 16 ton bawang putih dijual sehingga pedagang bisa membeli dengan harga murah sehingga harga bawang putih di pasar mulai menurun, sekitar Rp. 35.000 sampai Rp. 40.000 per kilogram," kata Zed.

Sementara itu, Kabag Perekonomian Arif Siswandi menyampaikan bazar murah ini merupakan inovasi baru Pemko Payakumbuh. Jika tahun lalu hanya melibatkan 1 OPD saja, maka tahun ini juga melibatkan BUMN/BUMD/ BUMS di Kota Payakumbuh, bahkan kelompok tani di kecamatan.

"Kami berikan ruang kepada pihak-pihak yang ingin ikut untuk membantu masyarakat memenuhi kebutuhan pokok selama ramadhan dan jelang lebaran. Agar setiap warga kebagian, para pembeli kami beri batasan berat belanja di bazar murah nanti," ucapnya.

 

Reporter: Arie Alfiktri

Editor: HSP

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]