ACT Sumbar Serukan Bersama Bela Palestina


Senin, 13 Mei 2019 - 15:50:07 WIB
ACT Sumbar Serukan Bersama Bela Palestina LEMBAGA kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sumbar menggelar konferensi pers dengan tema

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Lembaga kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sumbar menggelar konferensi pers bersama para wartawan media cetak maupun elekronik dengan tema "Bersama Bela Palestina dengan Kedermawanan yang diadakan di Coody Ramen & Resto, Jl. Abdul Muis No. 9C, Jati Baru, Padang (Samping Wahyu Swalayan), Minggu (12/5).

Hadir dalam kesempatan tersebut Kepala cabang ACT Sumatera Barat, Zeng Wellf dan utusan dari Palestina, Syekh Abdullah Hasan Ahmad Abuudan. Seorang hafiz quran. Pada konfrensi pers tersebut ia juga melakuakn videocall melalui smartphone dengan seorang yang sedang berada di Palestina.

Konfrensi pers tersenut dalam rangka memberikan seruan yang bertujuan untuk mengoptimalkan bantuan pangan akibat gempuran Israel di jalur Gaza Palestina, beberapa hari menjelang masuknya bulan suci Ramadan.

Kepala Cabang ACT Sumbar, Zeng Wellf mengatakan "Kami mengutuk serangan zionis Israel ke Palestina, karena melihat permasalahan ini, bukan lagi masalah yang ringan. Sudah berlangsung setiap tahun dengan eskalasi semakin meningkat, dan bantuan yang kami berikan salah satunya pangan," kata Zeng Welf kepada wartawan jelang berbuka.

Disampaikannya, ACT pusat telah menginstruksikan kepada relawan, dan mitra-mitra yang berada di Gaza agat segera mendistribusikan kesediaan paket pangan dan bantuan lainnya.

Di antaranya pihaknya akan mengirimkan paket pangan Indonesia Humanitarian Centre (IHC) bagi lebih dari 5.000 keluarga di bulan Ramadan, 500 porsi makanan siap saji untuk sahur dan berbuka, dan Rp1,6 juta liter air bersih yang didistribusikan di seluruh Jalur Gaza.

Program-program tersebut merupakan bagian dari persiapan menghadapi krisis pangan, dan tentunya menjadi sebuah respon cepat ACT terhadap duka bangsa Palestina di tengah perayaan bulan suci umat Muslim.

Menjelang Ramadan tahun ini, Palestina berduka akibat serangan udara Israel melintasi perbatasan Gaza. Serangan udara itu, telah meledak di 60 wilayah target sasaran, Sabtu (4/5) malam. Selain memakan korban jiwa, meluluhlantakkan sekitar 200 bangunan di sepanjang Jalur Gaza.

"ACT berkomitmen untuk terus mengirimkan bantuan, memastikan mereka melewati fase Ramadan hingga Idul Fitri nanti dapat khusyuk beribadah," kata dia.

Syekh Hasan Abdullah, utusan Palestina mengatakan bangsa Palestina hingga kini masih mengalami berbagai kesulitan, terutama pangan, krisis air, kesehatan, dan akses listrik. Sementara, serangan Israel tidak pernah berhenti.

"Rakyat Palestina hanya ingin aman dan nyaman tidak ada yang lain. Selamatkan Palestina," jelas nya.

 

Reporter: Yesi

Editor: HSP

 

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]