Partisipasi Pemilih Sumbar Meningkat di Pemilu 2019, Begini Kata Pengamat


Senin, 13 Mei 2019 - 22:41:38 WIB
Partisipasi Pemilih Sumbar Meningkat di Pemilu 2019, Begini Kata Pengamat Grafik Perolehan Suara Sah Calon Presiden dan Wakil Presiden tingkat Provinsi Sumbar. dok. KPU Sumbar

PADANG,HARIANHALUAN.COM-Angka partisipasi (keterlibatan) masyarakat di Sumbar dalam menggunakan hak pilihnya meningkat dari pemilu sebelumnya. Jika pemilu 2014 partisipasi pemilih hanya 71 persen, pemilu serentak 2019 ini naik menjadi 79,6 persen.

 

Angka ini juga melebihi target KPU Sumbar, bahkan mengalahkan target nasional yakni 77, 5 persen. Hal tersebut didapat berdasarkan hasil rekapitulasi tingkat provinsi yang telah diselesaikan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbar, Minggu (12/5) lalu.

TAUTAN

 

Ketua KPU Sumbar Amnasmen mengatakan, partisipasi pemilih pada Pemilu 2019 rata-rata berada di angka 79 persen persen. Angka tersebut jauh melesat dibandingkan partipasi Pemilu 2014 yang hanya berada di kisaran 71 persen, bahkan dari target KPU Sumbar 75 persen.

 

“Rata-rata untuk keseluruhan. Alhamdulillah, persentase pemilih yang hadir ke TPS melebihi target nasional dan melebihi target KPU Sumbar,” ulas Amnasmen.

 

Menurut Ketua KPU dua periode itu, peningkatan partisipasi pemilih dipengaruhi sejalannya Pilpres dan Pileg, DPD, Lalu, gencarnya kampanye melalui media sosial turut meningkatkan minat masyarakat untuk datang ke TPS.

 

Partisipasi paling tinggi berada di Kabupaten Dharmasraya dengan angka 89 persen. Lalu, Kota Solok dengan 85 persen, Kabupaten Agam 71 persen, Padang Pariaman 76 persen, dan sejumlah daerah lainnya.

 

Peningkatan partisipasi pemilih ini, sebelumnya juga sudah diprediksi oleh sejumlah pengamat politik. Salah satunya Pengamat Politik dari Universitas Andalas (Unand) Khairul Fahmi menilai, dengan dilakukan pemilu serentak dan quotal efeck dari calon di pilpres tersebut akan bisa menarik pemilih untuk datang lebih banyak ke Tempat Pemungutan Suara (TPS).

 

Dengan dilakukannya pemilihan secara serentak ini, calon presiden diyakini akan meningkatkan partisipasi pemilih karena akan menarik pemilih datang ke TPS. Yang kedua, karena ini pertama kalinya pemilu serentak,  juga akan menjadi faktor pendorong pemilih untuk datang ke TPS.

 

Hal senada juga disampaikan oleh Pengamat Politik dari Universitas Negeri Padang (UNP) Eka Vidia Putra menilai, kalau dilihat dari sisi pemilu serentak terjadi peningkatan partisipasi pemilih, karena salah satu rumusan peningkatan partisipasi pemilih adalah dengan pelaksanaan pemilu serentak.

 

"Sesuai teori dan konsep yang ada, harapan kita memang terjadi peningkatan partisipasi pemilih. Akan tetapi persoalan terus menurunnya angka partisipasi pemilih kita selama ini bukan hanya kepentingan untuk ikut pemilu, tapi juga dalam bentuk sinismenya terhadap pemilu," ungkapnya.

 

Ia mencontohkan, rumusannya jika pada saat pemilihan legislatif partisipasi pemilih rendah, dan pada pelaksanaan pemilihan presiden partisipasinya tinggi, maka saat keduanya digabungkan partisipasi pemilih akan naik (meningkat).

 

Peningkatan partisipasi pemilih memiliki banyak variabel, salah satu variabel politik yang terdiri dari kampanye politik. Dalam kampanye politik ini, karena berbarengan dengan pilpres akan terjadi peningkatan partisipasi pemilih karena polarisasi pemilih muncul di pilpres.

 

"Karena peningkatan partisipasi munculnya di pilpres, maka akan mendorong peningkatan partisipasi juga untuk yang lainnya (pileg dan pekilihan DPD) karena dilakukan secara serentak, " ulasnya.

 

Kemudian, pada kampanye politik ini juga akan mempengaruhi masyarakat untuk berpartisipasi dan masyarakat akan termobilisasi untuk berpartisipasi. Pada saat ini kampanye politik juga dipengaruhi oleh pilpres (yang paling heboh, inilah yang nanyinya akan menaikkan partisipasi pemilih.

 

Hal lainnya yang mempengaruhi, kebijakan tentang sistem pemilu yang serentak juga akan mempengaruhi partisipasi. Namun kalau dilihat dari variabel sosial ekonomi, dihitung tingkat luasnya populasi dan rapatnya populasi, mobilitas dari populasi, idelanya kalau dilihat dari sisi ini juga akan meningkatkan partisipasi pemilih. 

 

Reporter: RINA

Editor: DNJ





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 07 Agustus 2019 - 15:06:23 WIB

    Partisipasi Pemilih Tinggi, KPU Sawahlunto Serahkan 60 Piagam Penghargaan

    Partisipasi Pemilih Tinggi, KPU Sawahlunto Serahkan 60 Piagam Penghargaan SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sawahlunto menyerahkan piagam penghargaan kepada 60 lembaga dan instansi, sebagai wujud terima kasih atas terselenggaranya pemilihan umum (Pemilu) 2019 dengan su.
  • Jumat, 10 Mei 2019 - 15:55:03 WIB

    Partisipasi Pemilih Pasbar Meningkat

    Partisipasi Pemilih Pasbar Meningkat PASBAR, HARIANHALUAN.COM - Partisipasi pemilih pada Pemilihan Umum 2019 di Kabupaten Pasaman Barat, meningkat dibandingkan Pemilu sebelumnya, yakni 88 persen..
  • Sabtu, 27 April 2019 - 19:09:28 WIB

    Partisipasi Pemilih Tak Cukup 50% di PSU Pilpres TPS 11 Muarokalaban Sawahlunto

    Partisipasi Pemilih Tak Cukup 50% di PSU Pilpres TPS 11 Muarokalaban Sawahlunto SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM – Pemungutan Suara Ulang (PSU) di TPS 11 Desa Muarokalaban Kecamatan Silungkang Kota Sawahlunto berjalan lancar dan aman, Sabtu (27/4). Namun disayangkan kehadiran pemilih untuk menggunakan hak .
  • Rabu, 17 April 2019 - 17:30:27 WIB

    Partisipasi Pemilih Lapas Muaro Cuma 40 Persen

    PADANG, HARIANHALUAN.COM - Meski sedang menjalankan hukuman, ratusan warga binaan di Lapas Kelas II A, Muaro Padang masih terlihat antusias untuk melakukan pemilihan umum (pemilu) pada Rabu (17/4). Buktinya dari jumlah total .
  • Kamis, 04 Oktober 2018 - 18:10:32 WIB

    Tingkatkan Partisipasi Pemilih, KPU Solsel Gelar Kursus Kepemiluan

    Tingkatkan Partisipasi Pemilih, KPU Solsel Gelar Kursus Kepemiluan SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Solok Selatan (Solsel) menggelar kegiatan kursus kepemiluan. Pesertanya, organisasi kepemudaan dan sejumlah jurnalis yang ada di Solsel..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM