Wali Kota Sawahlunto Canangkan Pesantren Ramadan 


Senin, 13 Mei 2019 - 00:03:10 WIB
Wali Kota  Sawahlunto Canangkan Pesantren Ramadan  Wali Kota Sawahlunto, Deri Asta menyerahkan bantuan untuk Masjid Taqwa Talawi. NTO

SAWAHLUNTO,HARIANHALUAN.COM-Pemerintah Kota (Pemko) Sawahlunto melibatkan 120 mubaliq dan 60 masjid dan musala yang ada di empat kecamatan dalam pelaksanaan pesantren Ramadan 1440 hijriah. Pesantren Ramadan diwajibkan kepada murid Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) pada 11-16 Mei 2019.

Kabag Kesra Setdako Sawahlunto, Zardinal Basyir mengatakan, kegiatan ini pada dasarnya untuk mengisi kegiatan anak selama Ramadan dengan kegiatan positif yang bermakna dan bermanfaat untuk anak didik di sekolah.

"Intinya kegiatan pesantren Ramadan adalah untuk meningkatkan semangat bagi anak didik dalam melaksanakan ibadah puasa Ramadan dengan hal hal yang bermanfaat," katanya.

Zardinal menambahkan, pesantren Ramadan ini merupakan agenda rutin yang dilakukan oleh pemko setempat, di mana untuk tahun ini ditetapkan 60 lokasi pelaksanaannya. "Bagi siswa SMP pesantren dimulai dari pukul 06.00 WIB sampai pukul 09.00 WIB, kemudian dilanjutkan murid SD hingga waktu salat Zuhur masuk," kata Zardinal.

Sementara itu, Wali Kota Sawahlunto, Deri Asta saat membuka kegiatan itu di Masjid Babussalam Lubang Panjang, Sabtu (11/5) mengungkapkan, pesantren yang digelar ini merupakan cara lain pembelajaran dengan memindahkan jam belajar sekolah ke masjid dan musala, namun lebih menyasar dalam memperdalam ilmu agama akhkak, aqidah dan ibadah.

"Pesantren Ramadan merupakan wadah menjadikan generasi yang lebih baik, serta tangguh dalam menghadapi era globalisasi, sehingga tidak terpengaruh dampak negatifnya," ujarnya.

Wali kota menilai, membangun karakter generasi muda tidak semudah membangun fisik, apalagi di tengah kemajuan teknologi dan informasi. "Pendidikan agamalah jawaban untuk mengimbangi teknologi dan globalisasi itu. Meski tidak bisa membendung arus perkembangan zaman, namun untuk mengimbangi pengaruh negatifnya generasi muda Sawahlunto harus memiliki karakter yang busa didapat melalui kegiatan pesantren Ramadan ini," ujarnya.

Lebih jauh diungkapkannya, pesantren Ramadan dengan pengembangan materi aqidah, ibadah dan akhlah diharapkan dapat membentuk karakter generasi yang Islami. Di mana, menanamkan nilai nilai keimanan sejak dini merupakan salah satu tanggung jawab pemerintah daerah, sekaligus salah satu prioritas pembangunan pemerintahan Sawahlunto saat ini. (h/rki)

Reporter: NTO

Editor: DNJ





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM