Kendalikan Harga Sembako,  Disperindag Sumbar Gelar Pasar Murah


Selasa, 14 Mei 2019 - 22:18:35 WIB
Kendalikan Harga Sembako,  Disperindag Sumbar Gelar Pasar Murah Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno meninjau produk-produk yang di jual di bazar Ramadan di Kantor Disperindag Sumbar, Selasa (14/5). DANI

PADANG, HARIANHALUAN.COM — Demi menekan gejolak harga bahan pokok selama Ramadan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sumbar menggelar bazar atau pasar murah yang akan berlangsung selama empat hari, yakni dari 14–17 Mei.

 

Kepala Disperindag Sumbar, Asben Hendri mengatakan,  bazar ini merupakan program tahunan yang selalu digelar Disperindag setiap bulan puasa. Tahun ini ada delapan titik yang menjadi lokasi bazar, di mana tujuh titik terdapat di Kota Padang, sementara satu sisanya ada di Kabupaten Agam.

“Delapan titik tersebut diantaranya di Kantor Disperindag Sumbar, di Kecamatan Koto Tangah, di Kecamatan Padang Selatan, di Kecamatan Padang Utara, di Kecamatan Kuranji, di Kecamatan Lubuk Begalung, di Kecamatan Nanggalo, serta di Kabupaten Agam,” ujar Asben ssat pembukaan bazar di Kantor Disperindag Sumbar, Selasa (14/5).

Dalam bazar ini, ucap Asben, terdapat sejumlah komoditas yang disubsidi, sehingga harganya menjadi terjangkau bagi masyarakat. Seperti daging sapi yang dijual Rp 110.000 per kilogram, padahal harga di pasaran mencapai Rp 120.000 per kilogram. Lalu telur ayam ras, yang yang lazimnya dijual Rp 39.000 per papan, namun setelah disubsidi turun menjadi Rp 34.000 per papan.“Sementara untuk beras, minyak goreng, tepung, gula pasir, tak perlu disubsidi. Sebab Bulog dan PPI telah mematok harga di bawah Harga Eceran Tertinggi (HET),” katanya.

Sementara itu, Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno yang berkesempatan membuka pasar murah di Kantor Disperindag Sumbar menyebutkan, kegiatan ini merupakan salah satu upaya pemerintah dalam menanggulangi gejolak kenaikan harga. Di samping itu, harga yang dijual di bazar lebih murah dari harga pasar, karena memang sengaja diperuntukan bagi golongan menegah ke bawah."Dengan dibukanya bazar atau pasar murah ini, kami berharap dapat menurunkan inflansi yang sering terjadi selama Ramadan," katanya.

 

Reporter: DANI

Editor: DNJ





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 27 Januari 2016 - 04:02:37 WIB

    TPID Diharapkan Kendalikan 10 hingga 30 Persen Inflasi

    PADANG, HALUAN — Sekdaprov Sumbar, Ali Asmar berharap Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) mampu m­e­ngen­dalikan inflasi pada angka maksimal 10 hingga 30 persen. Hal itu disampaikannya saat membuka rapat TPID di aula .

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM