Tips Berolahraga dan Kiat Konsumsi Sehat saat Berpuasa


Selasa, 14 Mei 2019 - 23:18:07 WIB
Tips Berolahraga  dan Kiat Konsumsi Sehat saat Berpuasa Ilustrasi/rotasi.id

Tips Berolahraga Sehat saat Berpuasa

Oleh: Diraja Permata Sutan
(Karyawan Combiphar & LesMills BODYPUMP Certified)

Menahan rasa lapar dan haus saat berpuasa bukanlah halangan bagi umat muslim untuk melaksanakan aktifitas sehari-hari. Apalagi aktifitas yang menguras tenaga. Justru umat muslim disarankan tetap melaksanakan aktifitas yang tentunya menjaga kesehatan ke bugaran fisik.

Salah satu langkah praktis menjaga kebugaran di bulan puasa adalah dengan tetap berolahraga, meskipun dengan durasi yang berbeda dengan hari biasa di saat tidak berpuasa.

Berikut tips aktif berolahraga saat sedang berpuasa:
Lakukan olahraga dengan intensitas sedang seperti training lari 5K, yoga atau kelas dance setelah mengonsumsi takjil air putih dan tiga – lima buah kurma.
Olahraga dengan intensitas tinggi seperti body combat, body pump atau angkat beban dapat dilakukan satu jam setelah berbuka dengan makan berat. Mengonsumsi pisang setelah melakukan olahraga intensitas berat dapat membantu mengembalikan energi dengan cepat dan membantu tubuh terasa lebih nyaman sehingga waktu istirahat menjadi lebih optimal.
Mengajak anggota keluarga atau teman untuk berolahraga bersama sebagai ganti waktu ngabuburit. Biasanya, olahraga yang dilakukan bersama teman/ keluarga akan terasa lebih menyenangkan.

Selain aktif berolahraga, mengonsumsi makanan tepat saat sahur dan berbuka serta menjaga asupan cairan juga menjadi kunci memaksimalkan kesehatan untuk mendukung ibadah puasa. Combiphar memberikan tiga kiat maksimalkan kesehatan tubuh saat berpuasa:
Memilih makanan dan minuman sahur dan berbuka dengan tepat.
Konsumsilah makanan atau minuman dengan rasa manis alami seperti madu atau buah – buahan seperti kurma untuk menghindari rasa lemas. Agar merasa kenyang lebih lama, pilih karbohidrat kompleks saat sahur seperti nasi merah, umbi – umbian, atau roti gandum. Jangan lupa tambahkan asupan protein seperti daging, ikan, ayam atau telur. Selain berfungsi sebagai sumber protein, daging, ayam, ikan dan telur merupakan sumber zat besi yang baik untuk mencegah anemia.
Kurangi konsumsi kafein saat berbuka puasa.
Selain memicu masalah pencernaan, konsumsi kafein berlebih juga dapat memicu kegelisahan dan sulit tidur. Padahal, tidur yang cukup dapat membantu tubuh tetap sehat selama berpuasa. Selain itu, kafein akan memicu buang air kecil yang lebih sering.
Mengonsumsi cukup cairan
Tubuh membutuhkan kurang lebih 2 liter air per hari. Sederhananya, kita dapat mengonsumsi dua gelas air saat sahur,  1 gelas setelah makan buka, 1 gelas setelah makan berat, 1 gelas sebelum tarawih dan 1 setelah tarawih dan 2 gelas air sebelum tidur. Kebutuhan cairan juga dapat diperoleh dari buah – buahan seperti jeruk, mentimun, tomat, melon.

Selamat Berolahraga!!!

 





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 09 Agustus 2019 - 01:13:08 WIB

    Tips Berkurban dengan Tabungan Kurban

    Tips Berkurban dengan Tabungan Kurban Hari raya Idul Adha akan dirayakan oleh umat muslim di Indonesia pada hari Minggu, 11 Agustus 2019. Hari besar ini juga identik dengan berkurban. Apakah Anda sudah membeli hewan kurban? Jika belum, dan alasannya adalah karena.
  • Senin, 29 Juli 2019 - 10:19:39 WIB

    Lagi Galau Milih Pekerjaan? Berikut 3 Tips yang Bisa Membantu Anda

    Lagi Galau Milih Pekerjaan? Berikut 3 Tips yang Bisa Membantu Anda Mencari pekerjaan impian di tengah persaingan dengan segudang pencari kerja lainnya dari berbagai latar belakang pendidikan, universitas dan pengalaman saat ini menjadi semakin sulit. Seseorang harus melewati segudang tantang.
  • Kamis, 13 Juni 2019 - 14:07:13 WIB

    Ini Tips 5 Langkah Bijak Saat Anda Tidak Setuju dengan Atasan

    Ini Tips 5 Langkah Bijak Saat Anda Tidak Setuju dengan Atasan HARIANHALUAN.COM – Tidak semua atasan menghargai karyawan yang berani mengungkapkan pandangan yang bertentangan, khususnya dalam budaya yang lebih konservatif seperti di Asia. Tidak seperti budaya individualis Barat di mana.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM