DPRD Minta Jalan Mulus Sambut Pemudik


Rabu, 15 Mei 2019 - 11:13:17 WIB
DPRD Minta Jalan Mulus Sambut Pemudik Ilustrasi (haluan)

PADANG, HARIANHALUAN.COM—Jelang arus mudik lebaran Idul Fitri 1440 Hijriah, Komisi IV DPRD Sumbar meminta dinas terkait segera memetakan dan memperbaiki jalan provinsi yang mengalami kerusakan. Ketua Komisi IV DPRD Sumbar, Suwirpen Suib mengatakan, persoalan ini harus mendapat perhatian lebih agar potensi kecelakaan lalu lintas selama arus mudik dan balik bisa ditekan.

"Dinas PU (PUPR/Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.red) harus cepat tanggap turun tangan untuk memperbaiki jalan provinsi, agar perantau yang pulang kampung merasakan kenyamanan dan keamanan," ujarnya, Selasa (14/5).

Politisi Demokrat itu turut mengimbau Dinas PURP agar menyelesaikan perbaikan jalan-jalan yang rusak tersebut selambat-lambatnya sepekan atau H-7 Lebaran Idulfitri. Sebab, intensitas pengguna kendaraan roda empat atau pun roda dua diperkirakan akan lebih tinggi dibanding tahun-tahun sebelumnya, karena melonjaknya harga tiket pesawat.

“Oleh karena itu kondisi badan jalan itu harus dalam keadaan layak. Kami juga meminta Dinas Perhubungan untuk memasang rambu-rambu dan marka jalan di daerah-daerah yang penting dan rawan. Harus disegerakan dan dipastikan," tegasnya.

Ia juga berpandangan, perlunya jalur alternatif untuk menghindari kemacetan yang padat di jalur Padang-Bukittinggi, akibat belum berfungsinya secara normal jembatan di Kayu Tanam. Serta menempatkan personil dan alat berat di daerah-daerah rawan bencana seperti longsor.

Sementara itu, anggota Komisi IV DPRD, Rafdinal mengatakan, personil dinas perhubungan dan Dinas PUPR harus berjaga-jaga di daerah rawan bencana. Begitu juga dengan personil Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), karena Sumbar memiliki beberapa daerah yang rawan bencana dan longsor.

Wakil Ketua DPRD Sumbar, Guspardi Gaus menegaskan, Pemprov Sumbar harus segera membenahi dan memperbaiki jalan-jalan provinsi yang rusak, terutama jalan yang dilalui oleh perantau selama arus mudik dan balik.

"Perantau kita hanya pulang sekali atau dua kali setahun, kita harus memberikan kenyamanan kepada mereka (perantau). Kenyamanan itu harus menjadi prioritas dari Pemda," ucapnya.

Ia menambahkan, terutama jalan dari jalur Riau, Bengkulu, Pasaman, dan Dhamasraya harus rapi dan mulus, karena unggulan Sumbar berada di pariwisata yang harus mengedepankan infrastruktur. Selain untuk mengutamakan kenyamanan perantau, itu juga akan berdampak pada pariwisata.

"Kalau jalan Sumbar buruk, wisatawan akan malas atau enggan berkunjung. Sumbar sudah menjadi daerah pilihan selama ini untuk berlibur saat Lebaran. Pariwisata harus didukung dengan infrastruktur yang memadai," ungkapnya.

Dinas PUPR Anggarkan Rp50 Miliar

Menanggapi harapan tersebut, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Sumbar memastikan semua ruas jalan provinsi akan layak untuk dilalui selama musim mudik lebaran mendatang. Bahkan, untuk pemeliharaan semua ruas jalan dan jembatan provinsi akan dikucurkan anggaran hingga Rp50 miliar.

Kepala Bidang Bina Marga, Dinas PUPR Sumbar, Dedi Rinaldi, ditemui di ruang kerjanya Senin (13/5) mengatakan, untuk menyambut lebaran tahun ini, semua jalan dan jembatan provinsi harus sudah siap. Bahkan, enam UPTD Pemeliharaan Jalan dan Jembatan yang ada di provinsi sudah mulai melakukan pemeliharaan semua ruas jalan dan jembatan provinsi.

“Nanti masing-masing UPTD ini yang harus memastikan agar semua ruas jalan dan jembatan bisa dilewati dengan nyaman untuk lebaran,” katanya.

Selain untuk pemeliharaan, Bina Marga juga telah mengucurkan anggaran Rp150 miliar untuk peningkatan ruas jalan provinsi. Di mana jalan provinsi yang menjadi prioritas adalah jalan-jalan yang memang mengalami kerusakan parah.

“Makanya kita masih menemui jalan yang sebagian sudah bagus sementara bagian lain masih belum diperbaiki. Karena memang perbaikannya dilakukan untuk jalan dengan kerusakan yang parah,” ujarnya. (h/isr/len)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com


[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 17 Februari 2020 - 21:46:11 WIB

    Komisi II DPRD Agam kunjungi PT AMP di Kecamatan Palembayan

    Komisi II DPRD Agam kunjungi PT AMP di Kecamatan Palembayan AGAM, HARIANHALUAN.COM - Komisi II DPRD Agam ke PT AMP kali ini ingin mengetahui tentang kontribusi terhadap daerah oleh perusahaan dalam peningkatan PAD Kabupaten Agam, Kedatangan Komisi II disambut oleh Mawardi selaku kepal.
  • Senin, 17 Februari 2020 - 21:07:56 WIB

    Ketua DPRD Solsel Ingin Project PLTP Muara Laboh Tahap Dua Dipercepat

    Ketua DPRD Solsel Ingin Project PLTP Muara Laboh Tahap Dua Dipercepat SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM - Ketua DPRD Solsel Zigo Rolanda berharap adanya percepatan produksi listrik tahap ke-dua dari Pembangkit Listrik Panas Bumi (PLTP) Muara Laboh dengan daya 65 megawatt (MW)..
  • Senin, 17 Februari 2020 - 11:03:12 WIB

    TPP 'Disunat' Pemko Sawahlunto, Pegawai RSUD 'Ngadu' ke DPRD

    TPP 'Disunat' Pemko Sawahlunto, Pegawai RSUD 'Ngadu' ke DPRD SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Seratusan pegawai Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Sawahlunto mendatangi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah setempat, Senin 17 Februari 2020, mengadukan terkait Tunjangan Penambah Penghasilan (TP.
  • Jumat, 07 Februari 2020 - 21:33:59 WIB

    DPRD Pessel Tinjau Lokasi Tambang di IV Jurai

    DPRD Pessel Tinjau Lokasi Tambang di IV Jurai PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pesisir Selatan meninjau lokasi areal penambangan bahan baku emas dan perak yang dikelola PT Dempo Maju Cemerlang, di Nagari Tambang, Kecamatan IV Jur.
  • Jumat, 07 Februari 2020 - 21:24:06 WIB

    DPRD Pessel Dorong Dinas Perikanan Sosialisasikan Program Asuransi Nelayan

    DPRD Pessel Dorong Dinas Perikanan Sosialisasikan Program Asuransi Nelayan PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Anggota Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pesisir Selatan, Ikal Jonedi, mendorong Dinas Perikanan setempat agar lebih aktif dalam mensosialisasikan program asuransi nelayan d.

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM