Puluhan Dosen dan Admin AKOM Sosialisasikan PBM


Rabu, 15 Mei 2019 - 13:03:54 WIB
Puluhan Dosen dan Admin AKOM Sosialisasikan PBM Susana sosialisasi PMB di salah satu SMA di Mentawai

MENTAWAI, HARIANHALUAN.COM — Puluhan Dosen dan Admin Akademi Komunitas Mentawai (AKOM) turun ke Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat guna mensosialisasikan Penerimaan Mahasiswa Baru, kepada Siwa-siswi yang baru saja menyelesaikan pendidikannya di bangku SMA tersebut.

Diketahui Akademi Komunitas dibawa binaan Politeknik Negeri Lampung (Polinela) yang berlokasi di Desa Bukit Pamewa, Kecamatan Sipora Utara itu, saat ini telah membuka pendaftaran mahasiswa baru untuk tahun akademik 2019/2020.

Wakil Ketua Bidang Administrasi Umum dan Kemahasiswaan Kurnia Sakerebau kepada wartawan menyebutkan pihaknya mensosialisasikan penerimaan mahasiswa baru langsung door to door dari SMA ke SMA, memperkenalkan Akademi Komunitas Mentawai, serta idang atau program studi nya ke sejumlah siswa.

"Sosialisasi ini adalah sosialisasi kedua, setelah sebelumnya kami telah melaksanakan sosialisasi di SMA N 1 Pagai utara selatan pada saat PLT Mahasiswa angkatan 4 lalu," tuturnya pada wartawan, Selasa (14/05) di Pelabuhan Tuapejat.

Ia menyebutkan pihaknya baru saja mensosialisasikan PMB itu di SMA dari tujuh Kecamatan diantaranya SMA N 1 Kecamatan Siberut utara di Desa Sikabaluan, SMA N 1 Kecamatan Siberut Tengah di Desa Saibi Samukop, SMK N 1 Kepulauan Mentawai dan SMA N 1 Kecamatan Siberut Selatan, SMA N 1 Kecamatan Siberut Barat Daya di Desa Peipei, SMA N 2 Sipora utara dan SMA Plus Setia Kecamatan Sipora Utara, SMA N 1 Kecamatan Sipora Selatan di Desa Sioban.

" Masing-masing SMA kita tugaskan sekitar dua sampai 3 Dosen dan Admin, yang akan mensosialisasikan kepada Siwa-siswi SMA yang baru tamat dan ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi," kata Kurniawan yang juga ikut dalam sosialisasi tersebut.

Ia menuturkan bahwa Akom sudah mulai dikenal banyak orang, hanya saja informasi untuk SMA di setiap kecamatan agaknya susah dijangkau, namun dengan semangat bersama pihaknya berhasil mensosialisasikan PMB Akom tersebut "Apalagi Akademi Komunitas telah mewisudakan Mahasiswa Angkatan I dan II pada tahun 2018 lalu dan ini menjadi catatan sejarah di Mentawai," imbuhnya.

Menurutnya, Sosialisasi di SMA N 1 Siberut Selatan dan SMK N 1 Kepulauan Mentawai yang masih di wilayah kecamatan Siberut selatan itu, Kepala Sekolah dan Guru serta Siswa sangat Responsif dalam menanggapi Sosialisasi tersebut.

"Jadi tugas kita sekarang, bagaimana cara kita mengemasnya dengan baik. Apalagi Akademi Komunitas Mentawai masih menggunakan Penerimaan secara Manual, dan itu sebagai cara Alaternatif dalam memberikan kemudahan saat mendaftar bagi calon Mahasiswa baru," terangnya.

Adapun terapan Ilmu Pendidikan di Akademi Komunitas adalah Pendidikan  Vokasi untuk mendidik Mahasiswa guna memiliki Life Skill yang berkompetensi. Dengan tujuan agar Mahasiswa tersebut mampu aktif di dunia kerja bahkan untuk menciptakan lapangan pekerjaan. Ia menghimbau kepada masyarakat untuk memanfaatkan Pendidikan Gratis itu dengan sebaik-baiknya.

 "Sosialisasi ini bukan hanya kita lakukan saat PMB saja. Namun, kita selalu menyampaikan informasi itu kapan saja. Kita sampaikan bahwa Pendidikan adalah suatu unsur untuk menciptakan paradigma baru dilingkungan masyarakat, karena pendidikan sebagai sandi dalam kehidupan Masyarakat Mentawai," pungkasnya.

 

Reporter: Redi

Editor: HSP


Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]