DPRD Pasaman Desak Pemkab Tera Ulang SPBU


Rabu, 15 Mei 2019 - 15:43:24 WIB
DPRD Pasaman Desak Pemkab Tera Ulang SPBU ilustrasi

PASAMAN, HARIANHALUAN.COM - Lindungi konsumen dari kecurangan dalam hal perniagaan, DPRD Kabupaten Pasaman, mendesak pemkab setempat melakukan tera ulang seluruh SPBU (stasiun pengisian bahan bakar umum) serta alat ukur, takar dan timbang di wilayah itu.

 

Anggota DPRD Pasaman, Suci Yulia mengatakan, tera ulang penting untuk menjaga agar sesuai takaran dan masyarakat tidak merasa dirugikan. Sebab, kepuasan konsumen itu mutlak dipenuhi.

 

"Pemkab harus melakukan tera ulang dispenser SPBU, alat-alat ukur, takar, timbang dan perlengkapan (UTTP) lainnya yang dimiliki oleh masyarakat secara rutin agar kembali dalam kondisi standar," katanya, belum lama ini.

 

Selama ini, kata dia, penertiban atau pemeriksaan terhadap SPBU dan UTTP tidak dilakukan secara berkala.

Padahal itu harusnya rutin dilakukan dan menyeluruh.

 

Selain itu, kata dia, DPRD, juga mendorong agar pemerintah daerah setempat membentuk UPT Kemetrologian di daerah tersebut. Sehingga ke depan, tidak lagi didatangkan dari luar daerah hanya untuk melakukan tera ulang.

 

"Sudah direkomendasikan DPRD pada saat paripurna LKPJ Bupati Pasaman, beberapa waktu lalu. Kita minta agar Pemkab Pasaman membentuk UPT Kemetrologian disini (Pasaman)," katanya.

 

Terpisah, Bupati Pasaman Yusuf Lubis mengatakan, bahwa Dinas Perdagangan, Perindustrian dan Tenaga Kerja setempat sudah melakukan penertiban alat ukur secara berkala bekerjasama dengan UPTD Balai Metrologi Kota Padang.

 

"Tidak hanya milik SPBU, tetapi juga alat ukur, takar, timbangan milik pedagang di pasar sudah kita lakukan tera ulang. Kita juga akan melakukan penertiban bila ketahuan ada pedagang atau SPBU berbuat curang," katanya.

 

Yusuf Lubis menjelaskan, pelaksanaan kegiatan Tera Ulang untuk semua SPBU dan UTTP bertujuan untuk melindungi konsumen dalam hal standarisasi ukuran dan alat ukurnya.

 

"Kita komit ingin menciptakan budaya tertib serta jujur dalam perniagaan,” terangnya.

 

Terkait wacana pembentukan UPT Kemetrologian di daerah itu sebagaimana disarankan oleh Dewan, Yusuf Lubis menjelaskan, bahwa Dinas Perdaginnaker setempat belum mendapatkan surat keterangan kemampuan pelayanan tera ulang (SKKPTU) dari Kementerian Perdagangan RI.

 

"Meski begitu, kita akan tetap berupaya. Sehingga ke depan, tera ulang terhadap alat ukur, takar, timbang dan perlengkapan milik pedagang termasuk SPBU bisa dilakukan oleh Dinas Perdaginnaker kita secara berkala," pungkasnya.

 

Reporter: Yudi

Editor: HSP

 





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM