Baznas Sawahlunto Tetapkan Zakat Fitrah Rp40 Ribu, Rp37 Ribu dan Rp30 Ribu


Rabu, 15 Mei 2019 - 16:22:15 WIB
Baznas Sawahlunto Tetapkan Zakat Fitrah Rp40 Ribu, Rp37 Ribu dan Rp30 Ribu Rapat penetapan besaran Zakat Fitrah di BAZNas Sawahlunto, Rabu (15/5). RIKI YUHERMAN

SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM—Besaran standar nilai (qimat) Zakat Fitrah 1440 hijriyah/2019 di Kota Sawahlunto ditetapkan dalam Tiga kategori. Penetapan itu berdasarkan hasil rapat bersama yang digelar oleh Badan Amil Zakat Nasional (BAZNas), Kantor Kementrian Agama, Dinas Koperindagkop, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Kabag Kesra Setdako, Kepala Kantor Urusan Agama (KUA), perwakilan Ormas serta Unit Pengumpul Zakat (UPZ) masjid/musalla di Kantor BAZNas Sawahlunto, Rabu (15/5).

Kepala BAZNas Sawahlunto, M. Syarief mengatakan, nilai standar zakat fitrah yang tetapkan, yakni kategori I Rp40.000,- dengan harga beras Rp13.000,- perliter, kategori II sebesar Rp37.000,- dengan harga beras Rp11.000,- perliter dan kategori III sebesar Rp30.000,- dengan harga beras Rp10.000,- perliter.

BERITAK TERKAIT:

"Nilai standar itu didasari hasil survey harga rata raya kebutuhan pokok pangan di pasaran yang telah dilegalitasi oleh dinas terkait dalam hal ini Koperindag. Dan juga dikombinasikan dengan usul, saran dan masukan dari peserta rapat," ujarnya kepada Haluan, Rabu (15/5).

Syarief menambahkan, qimat yang dikeluarkan ini hanya sebagai bentuk panduan umum bagi petugas pengumpul zakat. Setiap masjid atau musalla sebutnya, tidak mesti mengikuti besaran yang telah ditetapkan ini. Hanya saja pihaknya mengharapkan hal tersebut menjadi acuan bagi masjid atau musalla yang ada di Sawahlunto.

"Diimbau kepada masyarakat agar sesegara membayarkannya tanpa menunggu akhir ramadan. Semakin cepat semakin baik, semakin cepat dimanfaatkan oleh sipenerima zakat," ujarnya.

Kepala Kantor Kementrian Agama Sawahlunto, Idris Nazar menyebutkan, sesuai evaluasi dari pengumpulan dan penyaluran zakt fitrah tahun lalu, untuk penyalurannya ditekankan agar sesuai dengan yang di syariatkan.

"Kewajibannya dikeluarkan semenjak awal ramadan dan batasnya sebelum khatib sholat Ied naik mimbar. Termasuk bayi yang baru lahir sebelum sholat Ied juga diwajibkan untuk dikeluarkan zakat fitrah oleh orang tuanya," ujarnya.

Zakat Fitrah terang Idris, merupakan kewajiban kaum muslim pada bulan ramadan menjelang Idul Fitri selain berpuasa. Zakat fitrah sendiri lanjutnya, juga diaryikan sebagai zakat diri yang diwajibkan atas diri setiap individu laki laki dan perempuan muslim yang berkemampuan dengan saray sarat yang ditetapkan. Adapun besarannya 3 1/3 liter atau 2,7kg beras yang dikonsumsi tiap hari.

"Manfaat dari zakat fitrah diantaranya, dapat meningkatkan rasa syukur kepasa Allah SWT atas nikmat yang telah diberikan, juga dapat membersihkan diri dari sifat kikir atau pelit dan tamak serta menumbuhkan sifat kasih sayang dan tolong menolong sesama umat," katanya.(h/rki)

 

Editor: Davidr





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 06 Agustus 2019 - 15:51:37 WIB

    Baznas Pasbar Salurkan Zakat Rp3,5 M

    Baznas Pasbar Salurkan Zakat Rp3,5 M PASBAR, HARIANHALUAN.COM - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Pasaman Barat pada semester satu tahun 2019 telah menyalurkan sebanyak Rp3,5 miliar dana zakat ke berbagai penerima di Pasaman Barat (Pasbar)..
  • Ahad, 28 Juli 2019 - 15:24:31 WIB

    Baznas Agam Salurkan Zakat Rp428 Juta

    AGAM, HARIANHALUAN.COM -- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Agam, kembali menyalurkan zakat sebanyak Rp 428 juta kepada 203 putra putri Agam yang baru melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi..
  • Rabu, 17 Juli 2019 - 16:33:55 WIB

    Petani Cabai Binaan Baznas Panen Perdana

    Petani Cabai Binaan Baznas Panen Perdana PASAMAN, HARIANHALUAN.COM - Petani Binaan Baznas Kabupaten Pasaman, di Padang Manduang, Jorong Rumah Nan XXX, Nagari Aia Manggis, Kecamatan Lubuksikaping, panen raya cabai, Rabu (17/7). Panen perdana ini dihadiri oleh Bupati .
  • Selasa, 28 Mei 2019 - 16:06:39 WIB

    Baznas Sijunjung Salurkan Dana Program Sijunjung Peduli

    Baznas Sijunjung Salurkan Dana Program Sijunjung Peduli SIJUNJUNG, HARIANHALUAN.COM - Baznas Kabupaten Sijunjung kembali menyalurkan dana program Sijunjung Peduli. Kali ini, badan pengelola zakat di kabupaten berjuluk Ranah Lansek Manih menyalurkan dana sebesar Rp275.500.000..
  • Selasa, 28 Mei 2019 - 15:55:15 WIB

    Baznas Kota Solok Salurkan Sumbangan Hari Raya

    SOLOK, HARIANHALUAN.COM - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Solok menyalurkan Sumbangan Hari Raya (SHR) pada guru honor dan masyarakat kurang mampu, Selasa (28/5) di Masjid Agung Kota Solok..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM