Poktan di Pessel Terima Bantuan 3 Mesin Chopper Potong Rumput


Rabu, 15 Mei 2019 - 20:56:59 WIB
Poktan di Pessel Terima Bantuan 3 Mesin Chopper Potong Rumput Kabid Bina Usaha Kelembagaan dan Pengelolaan Hasil Peternakan Rizondra menyerahkan bantuan mesin chopper pemotong rumput kepada kelompok tani di Painan. OKIS

PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Pesisir Selatan, menyerahkan sebanyak tiga unit mesin Chopper pada kelompok ternak yang ada di daerah itu, Rabu (15/5).

"Mesin Chopper ini bakal digunakan para peternak untuk merajang (memotong) rumput rumputan sebagai bahan pakan ternak nantinya," kata Kabid Bina Usaha Kelembagaan dan Pengelolaan Hasil Peternakan Rizondra, di Painan.

Ia menyebutkan, sebanyak tiga unit mesin Chopper saat itu, diserahkan pada 3 kelompok ternak yang ada di Kabupaten Pesisir Selatan, yakni Kelompok Ternak Padang Dama II Koto Baru, Kecamatan Bayang, Kelompok Ternak Sumber Lestari Sungai Sariak, Kecamatan Silaut dan Kelompok Ternak Karya Tunas Muda Lunang Barat, Kecamatan Lunang.

BERITA TERKAIT:

Ia menjelaskan, pemberian bantuan mesin potong bahan pakan ternak tersebut, sangat membantu masyarakat dalam mengembangkan ternak mereka. Bahkan, lanjut dia, peternak bisa memanfaatkan limbah pelepah sawit untuk dijadikan pakan ternak yang selama ini sulit dimanfaatkan menjadi pakan ternak.

"Jadi, dengan adanya alat ini, maka kelompok ternak bisa memanfaatkan limbah pelepah sawit untuk dijadikan pakan ternak, selain rumput. Apalagi setelah dilakukan uji coba ternyata pakan ini lebih disukai oleh sapi," ujarnya.

Ia menambahkan, dengan adanyan pemberian bantuan mesin Chopper ini, benar-benar bisa membantu para peternak mengolah pakan secara alternatif ternak seperti pelepah sawit, tongkol jagung, dan rumput-rumputan unggul sehingga kelak menghasilkan ternak sapi yang sehat, gemuk dan berkualitas untuk meningkatkan populasi ternak di Pesisir Selatan.

"Ya, mudah-mudahan saja dengan adanya bantuan ini, peternak lebih banyak memiliki varian jenis pakan yang akan diberikan pada ternak mereka nantinya, sehingga akan meningkatkan produksi hasil ternak kita di Pessel," katanya penuh harap. (h/kis)

 

Editor: Davidr





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM