Kapolda Sumbar: 6.227 Personil Diturunkan untuk Pengamanan Lebaran


Rabu, 15 Mei 2019 - 23:47:25 WIB
Kapolda Sumbar: 6.227 Personil Diturunkan untuk Pengamanan Lebaran Kapolda Sumbar Irjen Pol. Fakhrizal

PADANG, HARIANHALUAN.COM – Kapolda Sumbar, Irjen Pol Fakhrizal memimpin rapat koordinasi lintas sektor terkait persiapkan pengamanan arus mudik Hari Raya Idul Fitri,1440 H nanti. Dalam rapat yang dihadiri oleh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan instansi terkait lainnya itu, Kapolda mengatakan dalam pengamanan itu, sekitar 6.227 personil diturunkan.

"6.227 personil yang diturunkan tersebut, diambil dari sagas polres-polres yang ada di Sumbar sebanyak 2.939 orang personil, kemudian 320 orang diambil dari personil Polda Sumbar. Kemudian 2.968 personil diambil dari institusi lain, seperti personil Satpol PP, Damkar, Kesehatan," ungkap Fakhrizal setelah selesai pimpin rapat koordinasi di Mapolda Sumbar, Rabu (15/5).

Fakhrizal menyebutkan, personil tersebut nanti akan di tempatkan di POS Pengamanan (PAM), POS Pelayanan (Yan) dan POS Terpadu yang tersebar di Sumbar. Hal itu bertujuan agar masyarakat yang berlebaran dan mudik lebaran nanti bisa merasakan Sumbar benar-benar kondusif.

Dalam rapat tersebut, instansi terkait yang hadir juga menyampaikan peta kerawanan, dan selanjutnya mereka juga menyampaikan bagaimana cara antisipasinya terhadap kerawanan itu.

"Kalau untuk daerah Sumbar ini, kerawanan yang diwaspadai yaitu, laka lantas, macet, kriminalitas, gangguan kamtibmas dan bencana alam. Itu sebenarnya yang harus diantisipasi. Tapi hingga saat ini, untuk Sumbar, masih dalam kondisi masih kondusif," ucap Kapolda.

Dikatakan Fakhrizal, semoga saja suasana kondusif ini, tetap terjadi sampai Idul Fitri nanti dan seterusnya. Sehingga Sumbar ini benar-benar dirasakan aman oleh masyarakatnya, dan orang lain yang berkunjung kesini.

"Kalau untuk program khusus dalam pengamanan, kami tidak mempunyainya, masih sama kok dengan tahun sebelumnya. Karena kami sudah petakan semuanya, untuk keamanan di Sumbar ini, sangat kondusif. Kerena sudah kami persiapkan segala sesuatunya," ucapnya.

Kapolda menambahkan, meskipun situasinya sangat kondusif. Tapi masyarakat harus tetap selalu meningkatkan kewaspadaannya, jangan lengah.

Sementara itu, Kepala Biro Operasional Polda Sumbar, Kombes Pol Firly Ruspang Samosir, merincikan kalau untuk jumlah pos PAM yang ada di Sumbar, sekitar 62, sedangkan untuk pos Yan sekitar 32, kemudian pos terpadu ada empat. (h/mg-pmi)

Editor: Davidr

 



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 10 Januari 2019 - 02:26:27 WIB
    BUPATI PADANG PARIAMAN DATANGI MAPOLDA

    Kapolda: Penanganan Dugaan Kasus Tarok City Dipastikan Lanjut

    Kapolda: Penanganan Dugaan Kasus Tarok City Dipastikan Lanjut Irjen Fakhrizal memastikan, pertemuannya dengan Bupati Padang Pariaman tidak akan mempengaruhi proses hukum. Dia juga meminta agar tidak ada pihak yang memelintir pertemuan, seolah-olah persoalan Tarok City sudah clear saja d.
  • Senin, 20 Agustus 2018 - 11:41:20 WIB
    AL CHAIDAR MINTA MAAF

    Kapolda: Tak Benar Ada Ribuan Teroris di Sumbar

    Kapolda: Tak Benar Ada Ribuan Teroris di Sumbar Kapolda Sumbar, Irjen Fakhrizal memastikan pernyataan pengamat terorisme, Al Chaidar terkait adanya ribuan teroris di Sumbar tidak benar. Dari klarifikasi ke pihak Densus 88 Polri, Sumbar bukan daerah basis yang dihuni oleh .
  • Rabu, 27 Juni 2018 - 11:39:37 WIB

    Tinjau TPS, Kapolda Sumbar: Kami Bagi Tugas di Empat Kota

    Tinjau TPS, Kapolda Sumbar: Kami Bagi Tugas di Empat Kota PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Kapolda Sumbar Irjen Pol Fakhrizal tinjau langsung proses pemungutan suara di beberapa Tempat Pemungutan Suara (TPS) Kota Padang, Rabu (27/6). Hal itu untuk memastikan keamanan berjalannya Pilkada.
  • Kamis, 24 Mei 2018 - 15:39:50 WIB

    Benda Mencurigakan Diledakkan Tim Jibom, Ini Penjelasan Kapolda Sumbar

    Benda Mencurigakan Diledakkan Tim Jibom, Ini Penjelasan Kapolda Sumbar PADANG, HARIANHALUAN.COM--Terkait dengan benda mencurigakan yang diledakakkan oleh unit Jibom Gegana, Brimob Polda Sumbar. Kapolda Sumbar Irjen Pol Fakhrizal menyampaikan, ledakkan di Masjid Salimpauang tersebut bagian dari .
  • Kamis, 01 Februari 2018 - 22:09:23 WIB

    Kapolda dan Ketua DPRD Sumbar Turun Tangan, Listrik Basko Hotel serta Mall Normal Kembali

    Kapolda dan Ketua DPRD Sumbar Turun Tangan, Listrik Basko Hotel serta Mall Normal Kembali PADANG, HARIANHALUAN.COM—Pascaeksekusi lahan di Basko Mall dan hotel yang dilakukan oleh juru sita Pengadilan Negeri Padang sejak dua minggu yang lalu, membuat aktifitas di dua gedung itu menjadi lumpuh. Namun, mulai besok,.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM