Soal Mutasi, Sawahlunto Libatkan Akademisi


Kamis, 16 Mei 2019 - 14:49:06 WIB

SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Tempatkan pejabat sesuai dengan kompetensi, Pemerintah Kota Sawahlunto melibatkan akademisi perguruan tinggi dan pamong senior Sumatera Barat, sebagai panitia seleksi (Pansel) pengisian jabatan pimpinan tinggi pratama, di jajaran Pemerintah ‘Kota Arang’.

Tim Pansel yang tengah melaksanakan seleksi itu, diperkuat 2 akademisi, yakni Prof. Dr. Herman Nirwana, M.Pd, Kons, dan Dr. Idris, M.Si, selanjutnya pamong senior Sumatera Barat, Drs. Yohanes Dahlan, M.Si, serta didampingi Sekda Kota Sawahlunto, Drs. Rovanly Abdams, M.Si bersama Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Mawardi, S.Ag, MM.

Walikota Sawahlunto, Deri Asta mengungkapkan, pelibatan akademisi dari perguruan tinggi dan pamong senior itu, dengan alasan, perguruan tinggi memiliki kompetensi untuk menilai secara professional.

“Pansel dapat menilai kompetensi yang dimiliki para pimpinan tinggi pratama ini, sehingga penempatan yang akan dilakukan dalam mutasi atau rotasi, juga sesuai dengan kompetensi yang dimiliki,” ujar Walikota Deri Asta kepada Haluan melalui telepon selulernya, Kamis (16/5).

Proses pengisian jabatan pimpinan tinggi pratama diawali dengan uji kompetensi dan fit and proper test, yang dilakukan lembaga uji kompetensi JTP (Jabatan Tinggi Pratama) Universitas Negeri Padang dan tim Pansel. Uji itu dilakukan untuk mengkaji dan menganalisa kebutuhan organisasi perangkat daerah.

“Saat ini, kami masih menunggu keputusan dan rekomendasi dari tim Pansel dan Komite Aparatur Sipil Negara (KASN),” ujarnya.

Dari hasil tim Pansel, lanjutnya, akan terlihat kemampuan masing-masing calon kepala organisasi perangkat daerah. Dengan demikian, dapat diketahui siapa yang cocok untuk menduduki posisi yang ada.

“Hasil kerja dari tim Pansel, mudah-mudahan rampung pertengahan Ramadan, untuk segera diproses dan ditindalanjuti,” tambah Walikota kelahiran 5 Oktober 1973.

Bapak tiga anak itu mengungkapkan, jika penempatan pimpinan tinggi pratama sesuai dengan kompetensi yang dimiliki, tentu akan berpengaruh terhadap pencapaian organisasi perangkat daerah yang dipimpin.

Deri Asta menegaskan, dirinya bersama Wakil Walikota Sawahlunto, Zohirin Sayuti, menginginkan, penempatan pejabat pimpinan prtama sesuai kompetensi itu, dapat meningkatkan kinerja organisasi dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat, serta mempercepat pencapaian visi dan misi untuk menjadikan Sawahlunto yang lebih baik.

Walikota Deri Asta merencanakan, pelaksanaan mutasi dan rotasi terhadap pimpinan tertinggi pratama itu, akan dilaksanakan dalam waktu dekat, begitu Pansel memberikan hasil seleksi, diperkirakan pertengahan Ramadan 1440 H.

 

Reporter: NTO

Editor: HSP

 


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 28 Februari 2020 - 18:36:05 WIB

    Gizi Buruk Masih jadi Persoalan Besar Pemkab Pasaman

    Gizi Buruk Masih jadi Persoalan Besar Pemkab Pasaman PASAMAN, HARIANHALUAN.COM - Tingginya angka stunting di Kabupaten Pasaman masih menjadi pekerjaan rumah (PR) yang harus dituntaskan oleh Pemerintah Kabupaten Pasaman, tidak terkecuali bagi Dinas Kesehatan setempat.  .
  • Senin, 17 Februari 2020 - 18:26:28 WIB

    5 Trik Jitu Terhindar dari Persoalan Hukum, Ini Kata Ferizal Ridwan

    5 Trik Jitu Terhindar dari Persoalan Hukum, Ini Kata Ferizal Ridwan PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM - Setelah dibuka Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi, rapat koordinasi (Rakor) seluruh pejabat di lingkungan pemerintah daerah Kabupaten Limapuluh Kota, diserahkan untuk dipimpin Wabup Limapuluh Ko.
  • Selasa, 11 Februari 2020 - 14:10:06 WIB

    Soal Banjir, Wagub Sumbar Minta BWS Sumatera V Bergerak Cepat

    Soal Banjir, Wagub Sumbar Minta BWS Sumatera V Bergerak Cepat PADANG, HARIANHALUAN.COM – Banjir yang melanda sejumlah wilayah di Sumatera Barat hampir semuanya disebabkan meluapnya sungai yang ada..
  • Selasa, 28 Januari 2020 - 18:59:02 WIB

    Soal Virus Corona, Kota Solok Tingkatkan Kesiagaan

    Soal Virus Corona, Kota Solok Tingkatkan Kesiagaan SOLOK, HARIANHALUAN.COM — Munculnya virus corona di Wuhan, Cina menjadi sorotan dunia, tak terkecuali di Indonesia. Virus yang menyebabkan kematian ini membuat sejumlah daerah di tanah air meningkatkan kesiagaannya..
  • Ahad, 26 Januari 2020 - 19:20:27 WIB

    Heboh soal Sambut Turis China, Begini Penjelasan Gubernur Sumbar

    Heboh soal Sambut Turis China, Begini Penjelasan Gubernur Sumbar PADANG, HARIANHALUAN.COM - Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno mengaku tidak khawatir dengan kedatangan 150 wisatawan asal Kota Kunming, Yunnan, China, ke daerahnya. Pasalnya, seluruh turis itu masuk sesuai dengan prosedur.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM