Dinas Perpustakaan Pergencar Dirikan Pojok Baca


Kamis, 16 Mei 2019 - 16:15:13 WIB
Dinas Perpustakaan Pergencar Dirikan Pojok Baca KADIS Perpustakaan dan Kearsipan menerima wakaf buku dari Kadis PMDPPKB beserta Kabidnya. IST

TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tanah Datar kini gencar mendirikan pojok-pojok baca di berbagai tempat. Tidak saja di kantor dan instansi pemerintah didirikan, juga terdapat di teras masjid, di warung, kedai kopi hingga ke pondok-pondok sawah dan ladang petani.
"Sumber buka bacaan ini selain dari kantor kita juga digalang wakaf buku, agar koleksi buku kita lebih banyak, gerakan Tanah Datar membaca ini untuk meningkatkan minat dan gemar membaca masyarakat, kegemaran membaca itu tidak saja di pustaka daerah diharapkan bisa di mana saja, termasuk di tempat-tempat pelayanan masyarakat, baik ditingkat kabupaten maupun di nagari-nagari," ujar Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Erizal Ramli kepada Haluan, Kamis (16/5) di Pagaruyung.
Dinas tersebut juga memiliki beberapa relawan yang menyebarkan dan menempatkan lapak buku untuk bacaan masyarakat, relawan ini dalam menggelar bacaannya selalu berpindah-pindah agar lebih banyak masyarakat terlayani.
Dalam mensukseskan gerakan bacaan dan memperbanyak koleksi buku, pihaknya menggalang wakaf buku yang dikenal dengan program Satu Panas (Satu buku dari perjalanan dinas). "Sejak Maret lalu hingga hari ini sudah terkumpul 131 eksemplar buku dari program ini, tidak saja dari ASN yang melakukan perjalanan dinas tetapi juga dari masyarakat umum, pak bupati juga gelah menyumbangkan berbagai jenis buku," ujarnya.
Dalam memperbanyak koleksi buku, selain melalui program Satu Panas, dinas tersebut setiap tahunnya juga menganggarkan pengadaan buku dengan berbagai judul dan materi.

 

Reporter: Feri Maulana

Editor: HSP


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM