Wako Bukittinggi Sidak Harga di Pasar Bawah


Kamis, 16 Mei 2019 - 16:19:22 WIB
Wako Bukittinggi Sidak Harga di Pasar Bawah Wali Kota Ramlan Nurmatias beserta sejumlah Kepala SOPD terkait, melakukan inspeksi mendadak (sidak) harga sembako di Pasar Bawah Bukittinggi, Rabu (15/5). Gatot

BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.COM - Wali Kota Bukittinggi Ramlan Nurmatias beserta sejumlah Kepala SOPD terkait, Bulog, BPS dan pihak kepolisian,  melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Pasar Bawah Bukittinggi, Rabu (15/5). Dalam sidak yang dilakukan Walikota fokus memantau harga sembako.

Walikota Ramlan Nurmatias mengatakan,  sidak yang  dilakukan untuk mengetahui harga kebutuhan pokok di pasar.  Biasanya menjelang masuknya lebaran sejumlah kebutuhan pokok sudah merangkak naik,  seperti beras, daging dan cabe  sehingga menimbulkan inflasi di Kota Bukittinggi. Oleh karena itu kegiatan sidak  yang dilakukan sebagai antisipasi kenaikan harga yang dikhawatirkan masyarakat.

"Pemerintah daerah wajib mengetahui harga komoditas dipasaran,   sehingga jika terjadi permasalahan seperti inflasi maupun deflasi,  dapat dicarikan solusi terbaiknya. Kita tentu tidak menginginkan terjadi inflasi yang akan membebankan warga. Namun deflasi terlalu lama juga tidak baik, sehingga ada batas kewajaran  untuk harga di pasaran ini. Kita ingin kebutuhan warga terpenuhi dan ekonomi masyarakat membaik," kata Ramlan.

Menurutnya, dalam sidak yang dilakukan  tidak ditemukan kenaikan harga sembako yang signifikan. Rata-rata  harga sembako masih stabil. Meski ada beberapa  sembako yang telah naik harga,  namun kenaikan tersebut dinilai masih diambang batas kewajaran.

"Bawang putih yang beberapa waktu  terakhir harganya melonjak tajam yang mencapai  Rp 80 ribu/kilo, alhamdulillah saat ini pasokan bawang putih sudah mulai membaik karna harganya mulai stabil. Saat ini bawang putih dijual Rp 30.000 hingga Rp 45.000 per kilonya. Sementara untuk harga komoditi lainnya  jelang lebaran ini  masih dalam taraf normal," ujar Ramlan.

Untuk harga cabe merah masih dijual dengan harga Rp 28.000 hingga Rp 30.000/ kg. Bawang merah Rp 35 ribu/kg. Ayam Rp 50.000/ekor. Daging masih sekitaran Rp 130.000/kg. Untuk telor ayam kampung sijual Rp 2000/butir.

Sedangkan harga beras kuruik kusuik masih seputaran Rp 13.500/kg, beras bulog Rp 11.000/kg dan beras sokan Rp 12.000/ kg. Tepung protein sedang Rp 9.000/kg dan tepung protein rendah Rp 7000 / kg. "Dalam waktu dekat, Pemko  juga akan menggelar bazar murah, operasi pasar dan juga penyaluran zakat serta paket lebaran untuk warga kurang mampu di Kota Bukittinggi," tukas Ramlan.

Reporter: Gatot

Editor: HSP


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM