339 Mustahiq di MKS Terima Dana Zakat


Kamis, 16 Mei 2019 - 16:20:56 WIB
339 Mustahiq di MKS Terima Dana Zakat Walikota Ramlan Nurmatias menyerahkan dana zakat secara simbolis kepada mustahik MKS, di Masjid Jamiak Surau Gadang Mandiangin, Kamis (16/5). Gatot

BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.COM - Sebanyak 339 mustahiq  di Kecamatan Mandiangin Koto Selayan  (MKS), menerima dana zakat dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Bukitinggi, Kamis (16/5).

Zakat tersebut diserahkan secara simbolis oleh Walikota Ramlan Nurmatias, didampingi Ketua dan Pengurus Baznas di Masjid Jamiak  Surau Gadang Mandiangin. Turut hadir dalam penyerahan Assisten II, Camat MKS dan sejumlah lurah yang berada di kecamatan MKS.

Ketua Baznas Bukittinggi Rahman Ritonga mengatakan, penyaluran dana zakat bagi mustahiq sudah menjadi kegiatan tahunan bagi Baznas. Dalam pengumpulan dana zakat, pengurus Baznas berusaha setiap hari untuk  mengajak warga yang ekonominya tergolong cukup baik untuk dapat menyalurkan zakatnya  melalui Baznas.

  "Alhamdulillah secara perlahan, kesadaran dan keinginan warga untuk menyalurkan zakat ke Baznas semakin tinggi,  termasuk juga dari  kalangan PNS Pemko Bukittinggi. Untuk penyaluran dana zakat, kita juga mempunyai beberapa program," kata Rahman.

Ia menjelaskan, 339 mustahiq yang menarima zakat ini merupakan  mustahiq yang berasal  dari  beberapa kelurahan yang ada di MKS. Dengan rincian dari Kelurahan Puhun Pintu Kabun sebanyak 50 orang, Puhun Tembok 28 orang, Campago Ipuah 61 orang, Kubu Gulai Bancah 32 orang, Campago Guguak Bulek 51 orang, Manggis Gantiang 37 orang, Garegeh 24 orang, Pulai Anak Aia 39 orang,  dan Koto Selayan 17 orang. Masing-masing  mustahiq mendapatkan zakat sebesar Rp 400.000.

"Kami perlu  juga mengingatkan kepada para mustahiq untuk tidak lupa membayar zakat fitrah. Meski para mustahiq ini  mendapatkan dana  zakat dari Baznas, nbamun jangan lupa untuk membayar zakat fitrah sebelum Idul Fitri nanti, karna zakat  yang dikeluarkan merupakan kewajiban seorang muslim," ujar Rahman.

Salah seorang Perwakilan Kemenag Bukittinggi  Azhari  menyampaikan, zakat yang dikumpulkan dan diserahkan oleh Baznas ini  diharapkan dapat digunakan para mustahiq untuk hal yang positif dan sesuai kebutuhan yang diperlukan. "Mari kita pergunakan dana zakat tersebut  untuk keperluan  dan kebutuhan produktif. Mudah mudahan dana zakat yang diterima dapat meringankan beban para mustahik," ujarnya.

Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias dalam kesempatan itu menyampaikan  apresiasi atas kinerja dari pengurus Baznas Bukittinggi dalam pengumpulan dan pendistribusian dana zakat. Dana zakat yang dikumpulkan tidak saja dari kalangan muzaki, namun juga  didominasi dari zakat PNS Bukittinggi.

"Mari kita doakan para muzakki dan para amil zakat yang telah menyalurkan zakatnya pada Baznas,  khususnya para ASN.  Sebab 3000 lebih ASN di Bukittinggi mengeluarkan zakatnya  melalui Baznas. Bagi mustahiq yang menerima zakat ini, mari manfaatkan dana zakat itu  untuk memenuhi kebutuhan, jangan sesuai keinginan. Sehingga apa yang benar-benar dibutuhkan itu  dapat dipenuhi,” ungkap Ramlan.

 

Reporter: Gatot

Editor: HSP


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM