Gelar Aksi Damai di KPU Sumbar, Relawan 02 Salat Gaib dan Sampaikan Tuntutan


Kamis, 16 Mei 2019 - 22:23:24 WIB
Gelar Aksi Damai di KPU Sumbar,  Relawan 02 Salat Gaib dan Sampaikan Tuntutan Puluhan relawan pendukung Capres-Cawapres 02 menggelar aksi damai deklarasi kemenangan Prabowo-Sandiaga Uno di depan Kantor KPU Sumbar, Jalan Pramuka, Padang, Kamis (16/5). TIO FURQAN

PADANG, HARIANHALUAN.COM—Puluhan Relawan pendukung Capres-Cawapres 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, perwakilan kaum emak-emak, mandeh, dan oma-oma, menggelar aksi damai di depan Kantor KPU Sumbar Kamis, (16/5).

Peserta mendeklarasikan kemenangan Prabowo-Sandiaga di Sumbar dengan raihan suara mencapai 85, 92 persen, serta menggelar salat gaib bagi petugas KPPS yang meninggal selama pelaksanaan Pemilu.

Baca Juga : Diduga Jadi Korban Pengeroyokan, Seorang Polisi Meninggal di Trotoar

Massa mulai datang sekitar pukul 11.00 WIB di halaman Kantor KPU Sumbar, dan langsung berorasi secara bergantian. Kedatangan peserta aksi disambut ratusan personel keamanan dari kepolisian yang memang telah berjaga di depan kantor KPU sejak pagi hari.

"Kami datang ke sini (KPU.red) Sumbar untuk meminta penyelenggara KPU berlaku adil dan transparan dalam pelaksanaan pesta demokrasi," kata salah seorang koordinator aksi, Irfianda Abidin dalam orasinya.

Baca Juga : Edarkan Narkoba, Oknum ASN Lapas Bukittinggi dan Tiga Rekannya Diciduk

Irfianda juga menyebutkan, untuk penyelenggaraan Pemilu di Sumbar, KPU dan Bawaslu Sumbar dinilai sudah bekerja dengan baik, dan telah memastikan hasil kemenangan pasangan Prabowo-Sandiaga di Sumbar. Namun, ia menilai banyak kecurangan yang terjadi di KPU daerah lainnya di Indonesia.

"Untuk Sumbar kita semua sudah tahu, bahwa Prabowo menang. Namun di provinsi lain, terjadi banyak kecurangan. Oleh karena itu, melalui aksi ini kami meminta agar KPU yang bertindak curang itu untuk netral dan adil," katanya lagi.

Baca Juga : Lagi! TKI Disiksa di Malaysia, Gaji 5 Tahun tak Dibayar

Sementara itu, Koordinator Relawan Pendukung Capres-Cawapres Prabowo-Sandi Sumbar, Marlim mengatakan, aksi damai dilakukan untuk meminta KPU dan Bawaslu lebih menegakkan kejujuran, keadilan, dan transparansi. "Jadi, kami hanya menyuarakan," kata Marlim.

Marlim menyampaikan, ada lima tuntutan yang diajukan relawan Prabowo-Sandiaga Uno dalam orasi tersebut. Pertama, menjalankan Ijtima ulama I, II, dan III demi kemaslahatan umat, bangsa, dan negara. "Kami meminta Ijtima ulama ini dijalankan mulai dari yang pertama hingga yang ketiga, yang baru keluar beberapa hari belakangan," katanya.

Baca Juga : Minggu Dini Hari, Ratusan Pemuda Bersenjata Terlibat Tawuran di Medan

Tuntutan kedua, ia meminta pihak berwenang untuk menyelidiki penyebab kematian sia-sia 604 patriot bangsa yang menjadi KPPS di berbagai daerah di Indonesia. Ia mengatakan, ada indikasi para KPPS yang meninggal itu terkena racun dan kabar janggal lainnya. "Kami meminta KPU agar bisa mengungkap sebab meninggalnya anggota KPPS di seluruh Indonesia secara sia-sia itu," katanya lagi.

Tuntutan ketiga, agar pihak terkait membongkar dan mengusut tuntas kecurangan yang terjadi selama pelaksanaan pemilu 2019, dan menjaga 85,95 persen suara Prabowo-Sandiaga dari masyarakat Sumbar sampai tingkat nasional, dan mendiskualifikasi peserta pemilu Capres 01.

“Hari ini kami juga deklarasikan Prabowo-Sandi menang di Sumbar sebesar 85,95 persen,” ujar Marlim lagi.

Usai melakukan aksi, puluhan peserta aksi tersebut menggelar salat gaib untuk mendoakan para KPPS yang telah gugur dalam melaksanakan tugasnya. Irfianda Abidin sendiri tampil sebagai imam dalam salat gaib tersebut.

Dalam keterangannya, Kabag Ops Polresta Padang, Alwi mengatakan, untuk melakukan pengamanan pada aksi damai itu, Polresta Padang mengerahkan 383 personel dan diperkuat oleh 325 Dalmas Polda Sumbar, dan Satu SSK Brimob. Sehingga total personel yang ikut untuk mengamankan aksi damai relawan Prabowo-Sandi tersebut sekitar 800 orang.

"Total ada 800 personel yang diturunkan untuk pengamanan ini. Semuanya berjalan lancar hingga pasukan dibubarkan kembali," katanya. 

Reporter: HEN
Editor: DNJ

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]