Tahun ini, Baznas Kota Padang Targetkan Himpun Zakat Rp32 Miliar


Kamis, 16 Mei 2019 - 23:39:14 WIB
Tahun ini, Baznas Kota Padang Targetkan Himpun Zakat Rp32 Miliar Jajaran Baznas Kota Padang  bekerja tak kenal lelah bahkan adakalanya  hingga dini hari,  dalam mempersiapkan kegiatan penyaluran bantuan. IST

PADANG, HARIANHALUAN.COM-Sebesar Rp32 miliar dana zakat ditargetkan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Padang dapat terkumpul tahun 2019 ini. Untuk itu diharapkan dukungan donatur, para muzakki, dan semua pihak.

Ketua Baznas Kota Padang Epi Santoso  saat  penyerahan Bantuan Paket Belanja Ramadhan, di Masjid Agung Nurul Iman, Rabu (15/5)  mengatakan, target Rp32 Miliar  tersebut  dibuat secara riil sesuai dengan potensi zakat  di kota ini  dan kemampuan Baznas. 

Alhamdulillah, dengan dukungan pak Wali Kota  dan semua pihak, pada 2018  lalu, Baznas Kota Padang berhasil mengumpulkan zakat  mencapai Rp23,6 miliar, melebihi target Rp Rp22,5 miliar.

Target yang ingin dicapai padatahun 2019 ini,  berasal dari zakat aparat sipil negara (ASN) dan pihak swasta lainnya.
Dikatakan, untuk zakat dari aparatur sipil negara (ASN) ditargetkan sebesar Rp18 miliar dan sisanya sebesar Rp12 miliar ditargetkan dari pihak swasta.

Untuk mencapai target tersebut, Baznas Kota Padang  melaksanakan berbagai program seperti  membentuk Unit Pengumpul Zakat (UPZ)  di kantor-kantor pemerintahan  dan   instansi vertikal  lainnya.

Baznas Kota Padang  telah melaksanakan  kegiatan pemungutan zakat antara lain di  BPJS Ketenagakerjaan, PDAM, Kodim 0312 Padang. Dan saat ini juga sedang  melakukan penjajakan dengan Polresta Padang untuk membuka UPZ .

Tidak hanya itu, jajaran  Baznas Padang  terus menggencarkan sosialisasi kepada pedagang. Seperti kepada pedagang emas dan pedagang ikan kering yang memiliki omzet lumayan banyak di kota ini. Maka  diharapkan mereka juga nyalurkan zakat melalui Baznas  di kota ini pula.

Dana yang terkumpul disalurkan Baznas Kota Padang kepada  masyarakat yang berhak menerimanya. Saat ini Baznas  masih menyasar  fakir miskin melalui berbagai program seperti Program "Padang Sehat", "Padang Cerdas", dan "Bedah Rumah"  serta program lainnya.


Sementara Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah  mengapresiasi  berbagai  program yang dilaksanakan Baznas Kota Padang   dalam menghimpun dana zakat dan menyalurkan dana zakat.

Seperti  kegiatan Bazar Murah  yang diselenggarakan  Baznas Kota Padang hari ini,  menurut Wali Kota   tentu   sangat bermanfaat untuk  meringankan  beban  warga kurang mampu, terutama    dalam memenuhi kebutuhan mereka   di bulan Ramadhan   dan kebutuhan   hari rayo mendatang.

Editor: DNJ



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 11 Juni 2018 - 19:55:33 WIB

    Suir Syam: Tahun Politik Rawan Gesekan

    Suir Syam: Tahun Politik Rawan Gesekan PADANG PANJANG, HALUAN-Memasuki tahun politik saat ini, berbagai kerawanan di masyarakat akan turut mengiringinya. Perbedaan-perbedaan kecil terkadang bisa menjadi pemicu terjadinya gesekan-gesekan besar antar kelompok, suku,.
  • Selasa, 20 Juni 2017 - 20:24:36 WIB

    Wow! Ada Temuan Bangkai Kapal, Diduga Berusia 100 Tahun di Laut Pessel

    Wow! Ada Temuan Bangkai Kapal, Diduga Berusia 100 Tahun di Laut Pessel PAINAN, HARIANHALUAN.COM-Pegiat Konservasi Penyu Laskar Turtle Camp (LTC) Amping Parak dan Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (BPSPL) Padang menemukan bangkai kapal berumur lebih 100 tahun lebih di Gosong Nambi per.
  • Kamis, 25 Mei 2017 - 16:25:37 WIB

    Ditargetkan Menghasilkan 86 MW di Tahun 2019, PT SEML Eksploitasi Sumur di Solsel

    Ditargetkan Menghasilkan 86 MW di Tahun 2019, PT SEML Eksploitasi Sumur di Solsel SOLSEL, HARIANHALUAN.COM -- PT Supreme Energy Muara Laboh (PTSEML) kembali melakukan eksploitasi dengan cara pengeboran Diharapkan dengan pembangunan mega proyek Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) yang dimulai seja.
  • Kamis, 25 Mei 2017 - 15:48:07 WIB

    Elly Kasim Akan Konser Peringati 55 Tahun Berkarir

    Elly Kasim Akan Konser Peringati 55 Tahun Berkarir PADANG, HARIANHALUAN.COM—Lama tidak terdengar di kancah musik Indonesia, Elly Kasim ternyata sedang mempersiapkan konser untuk memperingati puluhan tahun karirnya sebagai penyanyi lagu Minang. Konser bertajuk “Menjulang B.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM