Antisipasi Kenaikkan Inflasi, BI Imbau Masyarakat Belanja Sesuai Kebutuhan


Kamis, 16 Mei 2019 - 23:57:55 WIB
Antisipasi Kenaikkan Inflasi, BI Imbau Masyarakat Belanja Sesuai Kebutuhan Pasar Murah di pelataran parkir BI yang resmi dibuka oleh Kepala BI Sumbar Wahyu Purnama A, Kamis (16/5). WINDA

PADANG, HARIANHALUAN.COM – Kepala Bank Indonesia Sumatera Barat (Sumbar) Wahyu Purnama A mengimbau supaya masyarakat bisa berbelanja sesuai kebutuhan. Karena, jika berbelanja di luar kebutuhan maka akan memicu kenaikkan inflasi.

"Dengan menekan jumlah belanja kebutuhan sehari-hari maka dengan sendirinya akan menstabilkan harga. Jika berlebihan, itu yang akan memicu peningkatan permintaan yang menyebabkan kenaikkan inflasi," ujar Wahyu di sela-sela kegiatan pasar murah di pelataran parkir Bank Indonesia, Kamis (16/5) pagi.

Wahyu menyempaikan, dalam pasar murah yang sudah berlangsung di hari kedua, antusias masyarakat cukup tinggi. Dalam kegiatan yang berlangsung tersebut, pihaknya melibatkan Bulog Divre Sumbar, pedagang/distributor rekanan Disperindag Provinsi Sumbar (dengan total berjumlah 6 distributor), tiga distributor klaster binaan BI Sumbar, dan tujuh Wirausaha Bank Indonesia (WUBI) Sumbar.

"Pasar murah yang digelar tidak hanya di BI ini saja, namun juga digelar di empat kelurahan lainnya. Daerah tersebut yaitu di Kelurahan Balai Gadang Kecamatan Koto Tangah yang juga secara bersamaan harinya. Kemudian pada (21-22/5) di Lapangan Kantor Perikanan Pasir Jambak Kecamatan Koto Tangah Pasla Nan Tigo, dilanjutkan di Pasar Batipuah No. 26 Keluragan Pasar Gadang Kecamatan Padang Selatan (23–24/5)," ulas Wahyu.

Setelah itu, sambung Wahyu, pasar murah juga akan digelar di Lapangan Asrama Transito Kelurahan Ulak Karang Selatan Kecamatan Padang Utara (27-28/5).

Dalam kesempatan tersebut, harga-harga yang ditawarkan relatif lebih murah dibanding tempat biasanya. Untuk harga telur ayam ras Rp37.000 per lapiak, binyak Bimoli kemasan Rp23.000 ukuran 2 liter dan kebutuhan lainnya. Untuk cabai merah dibandrol harga Rp24.000 per kg dan bawang merah mulai dari harga Rp22.000 sampai Rp28.000 per kg sesuai ukuran. (h/win)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 11 Juni 2017 - 21:45:18 WIB

    Antisipasi Lonjakan Penumpang, Sriwijaya Air Tambah Penerbangan ke Padang

    Antisipasi Lonjakan Penumpang, Sriwijaya Air Tambah Penerbangan ke Padang PADANG, HALUAN - Penerbangan Sriwijaya Air sudah mulai buka ekstra flight mulai 9 Juni 2017. Ekstra flight akan berlangsung hingga 10 Juli 2017 mendatang dengan tambahan penerbangan untuk Padang--Jakarta empat kali penerbanga.
  • Rabu, 22 Juni 2016 - 03:45:46 WIB
    Lonjakan Penumpang Tinggi Saat Lebaran

    AP II BIM Siapkan Langkah Antisipasi

    AP II BIM Siapkan Langkah Antisipasi PADANG PARIAMAN, HALUAN — Angkasa Pura (AP) II Bandara Internasional Minangkabau (BIM) mempersiapkan berbagai langkah untuk mengantisipasi lonjakan penumpang saat lebaran nanti..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM