Percantik Kota, Painan Bakal Miliki Dua Tugu


Jumat, 17 Mei 2019 - 00:48:17 WIB
Percantik Kota, Painan Bakal Miliki Dua Tugu Bupati Hendrajoni memberikan keterangan pers. OKIS

PAINAN, HARIANHALUAN.COM- Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan 2019 ini, bakal membangun 2 tugu sebagai simbol daerah setempat, yakni Tugu Rabab Pasisia di Bukit Putus Painan dan Tugu Adipura di Pincuran Boga Painan, Kecamatan IV Jurai, Pessel. 

"Painan sebagai ibu kota kabupaten terus berbenah dari segala sektor. Penataannya terus dipercantik, termasuk pendirian tugu sebagai simbol daerah.  Namun, yang terpenting kebersihan lingkungan mesti diperhatikan secara serius. Kita ingin Pesisir Selatan memberikan nuansa yang baru bagi warganya termasuk pengunjung nantinya," kata Bupati Hendrajoni di Painan, Kamis (16/5).

Pendirian Tugu Rabab Pasisia di daerah itu, kata bupati, sekaitan dengan Pessel memiliki kesenian tradisional yang unik dan khas yaitu rabab, sehingga sangat wajar kesenian tersebut diabadikan dalam bentuk tugu. Sedangkan Tugu Adipura, lanjut bupati, dimana Kabupaten Pesisir Selatan kembali memperoleh piala Adipura pada 2018 lalu sehingga patut pula diabadikan dalam bentuk tugu.

"Kami harapkan keberadaan tugu ini dapat meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap kesenian daerah serta lebih menjaga lingkungan agar tetap bersih dan asri," tuturnya. 

Disisi lain bupati menegaskan, agar pengerjaan proyek sesuai dengan ketentuan dan prosedur pada rencana kegiatan agar tak menjadi persoalan dikemudian hari.

"Seluruh pengerjaan proyek harus dilaksanakan sesuai ketentuan dan tepat waktu. Termasuk pembangunan Tugu Rabab Pasisie dan Tugu Adipura," katanya. 

Ia menambahkan, hingga kini Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan terus menggenjot sejumlah pembangunan infrastruktur yang dibutuhkan masyarakat, seperti pembangunan kantor perwakilan Pessel di Tapan, Kecamatan Basa Ampek Balai.

"Pembangunan kantor tersebut dilaksanakan dengan sistem multi year dengan anggaran 2019. Sebab, keberadaannya sangat penting untuk mendekatkan pelayanan pada masyarakat di daerah ujung Pesisir Selatan," tutur bupati. 

Selanjutnya, pembangunan Masjid Terapung pada kawasan objek wisata Pantai Carocok Painan. Masjid itu dibangun dalam rangka menciptakan wisata halal. Sehingga sangat membutuhkan sarana ibadah yang representatif dan nyaman bagi pengunjung nantinya. Infrastruktur lainnya adalah peningkatan dan pemeliharaan ruas jalan, irigasi, gedung sekolah, sarana kesehatan, jaringan air bersih, rumah layak huni, pasar, gedung pemerintah.

Selain itu, 2019 ini Pemkab Pessel juga akan memberikan bantuan sekolah seperti, seragam, alat tulis, buku, tas, sepatu dan perlengkapan lainnya untuk siswa miskin di daerah itu.

"Dengan adanya program ini, kami berharap mampu meringankan beban ekonomi masyarakat miskin dalam menyekolahkan anak-anak mereka," katanya. 

Reporter: OKIS

Editor: DNJ



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM