Dishub Padang Siapkan 2 Posko Uji Kelayakan Angkutan Lebaran


Jumat, 17 Mei 2019 - 21:44:20 WIB
Dishub Padang Siapkan 2 Posko Uji Kelayakan Angkutan Lebaran Kadishub Padang, Dian Fakhri didampingi jajaran. Dok.net

PADANG, HARIANHALUAN.COM – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Padang akan menyiapkan dua posko uji ulang angkutan Lebaran Idul Fitri 1440 H/2019. Posko itu dikoordinir oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemeriksa Kendaraan Bermotor (PKB) yang akan dilaksanakan akhir Mei nanti.

"Posko uji ulang angkutan lebaran yg dikoordinir oleh UPT PKB pada dua lokasi yaitu jembatan timbang lubuk buaya dan terminal ngikutan barang koto lalang. Rencana pelaksanaan Minggu ke empat Mei," kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Padang, Dian Fakhri kepada Haluan, Jumat (17/5).

Ia mengatakan, pihaknya akan membuat posko uji ulang di dua lokasi.Sedangkan untuk tanggal dan lama pelaksanaan, kata Dian, pihaknya masih akan menyepakati dengan pemangku kepentingan lainnya.

Selain itu, katanya lagi, pihaknya juga akan menyiapkan Pos Komando Taktis (Poskotis) untuk memantau arus mudik lebaran dan angkutan lebaran bersama dengan Polresta Padangyang akan dikoordinir oleh bidang keselamatan dan operasional yang dilaksanakan H-7 s.d H+7.

"Sedangkan untuk lokasi, nantinya akan diitentukan oleh pihak Polresta. Dimana lokasi yang pas untuk Poskotis," ujarnya.

Selain itu, katanya, Dishub Kota Padang saat ini tengah menunggu arahan dari Kementrian Perhubungan pelaksanaan kegiatan lebaran. Biasanya, setiap tahunnya, pihak Dishub kabupaten dan kota selain untuk uji ulang kendaraan dan mengatur arus lalu lintas.

"Tadi kami juga sudah berkoordinasi dengan pihak provinsi, sampai saat ini memang belum ada arahan," katanya.

Ia menambahkan, setiap tahun secara nasional mempedomani arahan dari kementerian perhubungan. Biasanya ada hal-hal yang menjadi tanggung jawab pusat, provinsi dan kabupaten kota dan masa dimulai serta berakhirnya pelaksanaan kegiatan angkutan lebaran tersebut melalui surat direktur jenderal.

"Setelah itu secara terkoordinasi di setiap kabupaten kota di Sumatera barat dikoordinir oleh Dishub Provinsi Sumbar melakukan rapat koordinasi angkutan lebaran," ujarnya.

Sehingga, katanya, setiap kabupaten kota dapat melaksanakan kegiatan angkutan lebaran sesuai dengan kebijakan yang diambil dalam melancarkan dan mengamankan arus mudik baik dari segi pemenuhan kebutuhan. ? Akmal/Haluan

Editor: Davidr

 





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM