Pemkab Pessel Lanjutkan Pembangunan Tebing Pantai


Ahad, 19 Mei 2019 - 16:01:48 WIB
Pemkab Pessel Lanjutkan Pembangunan Tebing Pantai ABRASI PANTAI - Salah satu bibir pantai yang rusak di Kenagarain Muara Kandih Kecamatan Linggo Saribaganti Pessel diatasi dengan pembangunan groin dengan memafaatkan dana APBN-2018. M JONI

PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Abrasi yang hampir merambah sepanjang daerah bibir pantai yang berada dibeberapa nagari di Pessel. Kondisi ini merupakan salah satu bencana alam yang mengancam kehidupan masyarakat.

“Upaya untuk mengatasi abrasi pantai yang kian hari merusak lingkungan itu, pada 2019 ini pemerintah mengalokasikan anggaran sebesar Rp20,75 miliar untuk pembangunan tebing pantai di nagari di Muaro Kandih Pessel,” kata bupati Hendrajoni di Painan, Jumat (17/5).

Menurutnya, pelaksanaan pembangunan pengaman tebing pantai nagari Muara Kandih di Kecamatan Linggo Saribaganti Pessel akan dilaksanakan multi year selama 3 tahun. Pengerjaan ini sudah mulai dilakukan pada 2018 lalu guna mengatasi abrasi pantai yang terus semakin parah, bahkan mengancam daerah pemukiman masyarakat. Kondisi ini masyarakat selalu dihantui rasa ketakutan, akibat khuwatir nyawa mereka terancam dan rumah mereka bakal terseret ombak masuk ke laut.

Pemerintah melalui Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) pada tahun 2018 mengalokasikan anggaran sebanyak Rp6,35 miliar, kemudian tahun 2019 sebesar Rp2,4 miliar dan tahun 2020 sebesar Rp12 miliar, selama 3 tahun tersebut total dana sebesar Rp20,75 Milar.

Sebelumnya, Bupati Hendrajoni bersama Kepala Balai Wilayah V Sungai Sumatera, Maryadi Utama telah melakukan peresmian pembangunan pengamanan pantai di Muaro Kandih kecamatan Linggo Saribaganti pada Maret 2019.

“Kini pembangunannya terus dilanjutkan,” ulasnya.

Kepala Dinas PSDA, Doni Gusrizal mengatakan, pembangunan pengamanan pantai dilakukan dengan cara membangun groin sepanjang 70 meter, dengan posisi tegak lurus pantai. Groin tersebut dibangun dengan interval antara groin pertama dengan berikutnya dengan jarak sepanjang 150 meter.

Pada tahun 2018 lalu pemerintah sudah membangun 3 buah groin, kemudian pada tahun 20219 ini dibangun sebanyak 4 buah artinya dalam waktu tahun dibangun sebanyak 7 buah.

 

Reporter: M Joni

Editor: HSP

 





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 18 September 2019 - 17:32:52 WIB

    Agar Lahan Pertanian Tak Beralih Fungsi, Pemkab Pessel Akan Usulkan Ranperda

    Agar Lahan Pertanian Tak Beralih Fungsi, Pemkab Pessel Akan Usulkan Ranperda PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan bakal mempertahankan ketersediaan lahan pertanian di daerah itu agar tidak beralih fungsi. Hal ini ditegaskan melalui Peraturan Daerah (Perda) yang akan diusulka.
  • Rabu, 18 September 2019 - 16:50:13 WIB

    Tingkatkan Produksi Padi, Pemkab Tanah Datar Galakkan Jarwo 21

    Tingkatkan Produksi Padi, Pemkab Tanah Datar Galakkan Jarwo 21 TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM - Guna meningkatkan populasi tanaman dan produksi hasil padi sawah, berbagai upaya dan teknologi terus digalakkan oleh Pemerintah Kabupaten Tanah Datar. Salah satunya pola tanam Jajar Legowo (Jar.
  • Senin, 16 September 2019 - 16:57:11 WIB

    Pemkab Tanah Datar Gelar Festival Muharram

    Pemkab Tanah Datar Gelar Festival Muharram TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM - Digelar berbagai lomba dalam meriahkan tahun baru Islam 1441 Hijriah dengan tajuk Festival Muharram resmi digelar yang dibuka Kadis Pendidikan dan Kebudayaan diwakili Kasi Kesenian Ariswandi, S.
  • Senin, 09 September 2019 - 14:32:45 WIB

    Kafilah MTQ ke-38 Sijunjung Terima Bonus dari Pemkab

    Kafilah MTQ ke-38 Sijunjung Terima Bonus dari Pemkab SIJUNJUNG, HARIANHALUAN.COM - Kafilah Kabupaten Sijunjung yang berhasil meraih prestasi pada Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Provinsi Sumatera Barat ke-38, di Kota Solok menerima bonus dari Pemerintah Kabupaten Sijunj.
  • Rabu, 28 Agustus 2019 - 21:58:53 WIB

    Pemkab Pessel Percepat Masterplan dan Amdal Pengembangan KEK Bukik Ameh

    Pemkab Pessel Percepat Masterplan dan Amdal Pengembangan KEK Bukik Ameh PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar), terus mempercepat proses penerbitan Masterplan dan Analisis Dampak Lingkungan (Amdal) untuk pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) d.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM