Sijunjung Butuh Pabrik Pengelolaan Karet


Ahad, 19 Mei 2019 - 16:06:33 WIB
Sijunjung Butuh Pabrik Pengelolaan Karet ilustrasi

SIJUNJUNG, HARIANHALUAN.COM — Keberadaan Kabupaten Sijunjung sebagai salah satu penghasil karet terbesar di Sumatera Barat ternyata tidak berbanding lurus dengan tingkat kesejahteraan para petaninya. Hal ini tak terlepas dari harga karet mentah yang masih terbilang rendah di pasaran.

"Harga karet mentah saat ini tidak bisa dibilang memuaskan. Hanya sekitar Rp 6.000 per kilogram. Tentu saja ini berdampak besar pada tingkat kesejahteraan para petani karet, khususnya yang ada di Sijunjung," kata Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit usai Safari Ramadan di Masjid Nurul Falah, Jorong Taratak Malintang, Kenagarian V Koto, Kecamatan Koto VII, Kabupaten Sijunjung, Jumat (17/5) malam.

Dihadapkan pada persoalan ini, ia mengaku Pemprov Sumbar tengah menyiapkan sebuah rencana untuk membangun pabrik pengelolaan karet di Sijunjung. "Bahan jadi dari hasil pengolahan karet tentunya punya nilai jual yang lebih tinggi. Oleh karenanya, jika tidak bisa menaikkan harga bahan mentah, kenapa tidak dibangun saja pabrik pengolahan karet, sehingga para petani dapat menjual karetnya dengan harga tinggi," ujar mantan Bupati Pesisir Selatan itu.

Namun sayangnya, wacana pendirian pabrik pengolahan karet tersebut mesti terbentur permasalahan klasik yang sering dihadapi Pemprov Sumbar belakangan ini, yakninya investasi. Pembangunan pabrik pengolahan bagaimanapun memerlukan investasi yang tidak sedikit.

"Saat ini pemprov sedang berusaha mencari peluang itu, dan kami berharap secepatnya bisa menjaring investor luar yang mau berinvestasi di Sumbar agar rencana ini dapat segera terwujud," tuturnya.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Sumbar, luas kebun karet di Sumbar per 2017 ialah 141.131,90 hektare. Sementara luas perkebunan karet di Kabupaten Sijunjung sendiri mencapai 33.827 hektare, yang terdiri dari kebun yang sedang berproduksi, kebun yang belum berproduksi, serta kebun yang sudah mati.

 

 

Reporter: Dani

Editor: HSP





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 17 September 2019 - 16:01:03 WIB

    Warga Sijunjung Diimbau Kurangi Aktivitas di Luar Rumah

    Warga Sijunjung Diimbau Kurangi Aktivitas di Luar Rumah SIJUNJUNG, HARIANHALUAN.COM - Menyikapi terjadinya pencemaran udara akibat kabut asap yang disebabkan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) telah berdampak di Kabupaten Sijunjung. Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Lingkun.
  • Senin, 16 September 2019 - 12:58:53 WIB

    Pasar Kuliner di Muaro Sijunjung Resmi Dibuka

    Pasar Kuliner di Muaro Sijunjung Resmi Dibuka SIJUNJUNG, HARIANHALUAN.COM - Pasar Kuliner yang dikelola Dinas Pangan dan Perikanan Kabupaten Sijunjung di jalan Pasar Inpres Muaro Sijunjung, resmi dibuka, Senin (16/9)..
  • Kamis, 12 September 2019 - 16:46:30 WIB

    Kabar Gembira bagi Penikmat Makanan, Mulai Senin ini, Pasar Kuliner Hadir di Sijunjung

    Kabar Gembira bagi Penikmat Makanan, Mulai Senin ini, Pasar Kuliner Hadir di Sijunjung SIJUNJUNG, HARIANHALUAN.COM - Kabar gembira bagi anda pencinta kuliner. Mulai, Senin (16/9) pekan mendatang, pasar kuliner akan hadir di Muaro Sijunjung. Pasar kuliner tersebut tepatnya berada di Jalan Pasar Inpres..
  • Kamis, 12 September 2019 - 16:14:25 WIB

    Dinsos Sijunjung Bantu Penyandang Disabilitas

    Dinsos Sijunjung Bantu Penyandang Disabilitas SIJUNJUNG, HARIANHALUAN - Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Pelindungan Anak (Sosial PP & PA) Kabupaten Sijunjung memberikan bantuan alat bantu kepada penyandang disabilitas di daerah ini..
  • Rabu, 11 September 2019 - 17:02:20 WIB

    THL Sijunjung Didaftarkan Jadi Peserta BPJS Ketenagakerjaan

    THL Sijunjung Didaftarkan Jadi Peserta BPJS Ketenagakerjaan SIJUNJUNG, HARIANHALUAN.COM - Sebanyak 35 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sijunjung sudah mendaftarkan pegawai non ASN atau Tenaga Harian Lepas (THL) sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM