Sijunjung Butuh Pabrik Pengelolaan Karet


Ahad, 19 Mei 2019 - 16:06:33 WIB
Sijunjung Butuh Pabrik Pengelolaan Karet ilustrasi

SIJUNJUNG, HARIANHALUAN.COM — Keberadaan Kabupaten Sijunjung sebagai salah satu penghasil karet terbesar di Sumatera Barat ternyata tidak berbanding lurus dengan tingkat kesejahteraan para petaninya. Hal ini tak terlepas dari harga karet mentah yang masih terbilang rendah di pasaran.

"Harga karet mentah saat ini tidak bisa dibilang memuaskan. Hanya sekitar Rp 6.000 per kilogram. Tentu saja ini berdampak besar pada tingkat kesejahteraan para petani karet, khususnya yang ada di Sijunjung," kata Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit usai Safari Ramadan di Masjid Nurul Falah, Jorong Taratak Malintang, Kenagarian V Koto, Kecamatan Koto VII, Kabupaten Sijunjung, Jumat (17/5) malam.

Dihadapkan pada persoalan ini, ia mengaku Pemprov Sumbar tengah menyiapkan sebuah rencana untuk membangun pabrik pengelolaan karet di Sijunjung. "Bahan jadi dari hasil pengolahan karet tentunya punya nilai jual yang lebih tinggi. Oleh karenanya, jika tidak bisa menaikkan harga bahan mentah, kenapa tidak dibangun saja pabrik pengolahan karet, sehingga para petani dapat menjual karetnya dengan harga tinggi," ujar mantan Bupati Pesisir Selatan itu.

Namun sayangnya, wacana pendirian pabrik pengolahan karet tersebut mesti terbentur permasalahan klasik yang sering dihadapi Pemprov Sumbar belakangan ini, yakninya investasi. Pembangunan pabrik pengolahan bagaimanapun memerlukan investasi yang tidak sedikit.

"Saat ini pemprov sedang berusaha mencari peluang itu, dan kami berharap secepatnya bisa menjaring investor luar yang mau berinvestasi di Sumbar agar rencana ini dapat segera terwujud," tuturnya.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Sumbar, luas kebun karet di Sumbar per 2017 ialah 141.131,90 hektare. Sementara luas perkebunan karet di Kabupaten Sijunjung sendiri mencapai 33.827 hektare, yang terdiri dari kebun yang sedang berproduksi, kebun yang belum berproduksi, serta kebun yang sudah mati.

 

 

Reporter: Dani

Editor: HSP




Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 11 Juni 2019 - 16:12:17 WIB

    35 Qari dan Qariah Sijunjung Siap Bertarung

    35 Qari dan Qariah Sijunjung Siap Bertarung SIJUNJUNG, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Kabupaten Sijunjung bakal mengirimkan 35 qari dan qariah pada ajang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional XXXVIII tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun 2019 pada 14 – 22 Juni yang.
  • Selasa, 28 Mei 2019 - 16:06:39 WIB

    Baznas Sijunjung Salurkan Dana Program Sijunjung Peduli

    Baznas Sijunjung Salurkan Dana Program Sijunjung Peduli SIJUNJUNG, HARIANHALUAN.COM - Baznas Kabupaten Sijunjung kembali menyalurkan dana program Sijunjung Peduli. Kali ini, badan pengelola zakat di kabupaten berjuluk Ranah Lansek Manih menyalurkan dana sebesar Rp275.500.000..
  • Senin, 20 Mei 2019 - 19:59:52 WIB

    Masyarakat Sijunjung Diimbau Tak Terpengaruh Isu

    Masyarakat Sijunjung Diimbau Tak Terpengaruh Isu SIJUNJUNG, HARIANHALUAN.COM - Pasca Pemilu 2019, Wakil Bupati Sijunjung H. Arival Boy mengimbau masyarakat Sijunjung agar jangan terpengaruh isu isu yang berkembang di Media Sosial ( Medsos ) mengenai berbagai ajakan untuk me.
  • Rabu, 15 Mei 2019 - 15:27:46 WIB

    Kodim 0310/SSD Berbagi dengan Warga Sijunjung

    Kodim 0310/SSD Berbagi dengan Warga Sijunjung SIJUNJUNG, HARIANHALUAN.COM - Dipimpin Letkol Inf Dwi Putranto didampingi Kasdim Mayor Inf Herunimus, wartawan, para pejabat Kodim dan Danramil serta 25 orang prajurit TNI Kodim 0310/SSD, Selasa (14/5) kemarin menyambangi sej.
  • Selasa, 14 Mei 2019 - 16:07:31 WIB

    Baznas Sijunjung Tetapkan Besaran Zakat Fitrah Rp34 Ribu Hingga Rp40 Ribu

    Baznas Sijunjung Tetapkan Besaran Zakat Fitrah Rp34 Ribu Hingga Rp40 Ribu SIJUNJUNG, HARIANHALUAN.COM - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Sijunjung resmi menetapkan besaran zakat fitrah yang harus dikeluarkan masyarakat untuk hari raya idul fitri 1440 H/2019 M..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM